sign up SIGN UP

4 Kebiasaan pada Pagi Hari yang Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia, Mudah Banget Diterapkan Lho, Beauties!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 24 May 2022 07:45 WIB
4 Kebiasaan pada Pagi Hari yang Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia, Mudah Banget Diterapkan Lho, Beauties!
caption

Kebiasaan pagi ternyata memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati dan kesiapan untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Oleh karena itu, penting untuk memilih kebiasaan-kebiasaan yang bisa memberikan dampak positif agar mood tetap happy.

Mengutip dari Self, ini dia sederet kebiasaan yang bisa kamu terapkan agar hidup lebih bahagia sepanjang hari!

1. Merapikan Tempat Tidur

kebiasaan pagi
Merapikan tempat tidur di pagi hari/Foto: Freepik/Senivpetro

Kebiasaan baik pertama yang perlu kamu terapkan di pagi hari adalah merapikan tempat tidur. Meski terkesan sepele, kebiasaan ini disebut bisa membuatmu merasa lebih baik dan siap untuk menyambut hari.

Menurut William McRaven, seorang pensiunan Angkatan Laut AS sekaligus penulis buku 'Make Your Bed: Little Things Can Change Your Life ...and Maybe the World', merapikan tempat tidur juga dapat mendorong seseorang menjadi lebih produktif.

"Merapikan tempat tidur di pagi hari akan memberimu sedikit rasa bangga karena berhasil menyelesaikan tugas pertama di hari itu. Hal tersebut kemudian akan mendorongmu menyelesaikan pekerjaan demi pekerjaan lainnya dan menjadikanmu lebih produktif," ungkapnya dalam salah satu pidatonya di University of Texas.

2. Melakukan Peregangan

Kebiasaan pagi
Peregangan di pagi hari/Foto: Freepik/Tirachardz

Bagi sebagian orang, rutin melakukan olahraga di pagi hari mungkin terlalu sulit untuk diwujudkan ya, Beauties. Padahal menurut studi yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine, olahraga pagi dapat memberikan dampak positif untuk membantu meningkatkan mood hingga fokus. 

Nah, sebagai alternatif, kamu bisa mengganti olahraga dengan melakukan peregangan ringan. Tidak harus melakukan pose yoga yang rumit, cukup lakukan peregangan sederhana di area leher, tangan hingga kaki agar tubuh menjadi lebih rileks.

3. Melakukan Afirmasi Positif

kebiasaan pagi
Menuliskan afirmasi positif/Foto: Freepik/Rawpixel

Memulai hari dengan rasa syukur dan pikiran positif dapat membuat kamu lebih bahagia dan percaya diri. Salah satu caranya, kamu bisa rutin mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri setelah bangun tidur, atau dapat juga menuliskannya dalam gratitude journal.

Kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan memilih kalimat-kalimat afirmasi yang sederhana, seperti:

  • "Aku bersyukur bisa hidup sehat hingga saat ini"
  • "Aku berhasil melewati hari kemarin, aku akan baik-baik saja hari ini"
  • "Aku memilih fokus pada hal-hal yang ada di bawah kendaliku"

4. Tidak Cek Ponsel

kebiasaan pagi
Menikmati udara pagi/Foto: Freepik/tirachardz

Notifikasi pesan, sosial media, hingga email soal pekerjaan di ponsel bisa menjadi stressor yang merusak mood di pagi hari. Tak hanya itu, buru-buru mengecek ponsel saat bangun tidur juga akan menyita waktu dan membuatmu tidak produktif, Beauties.

Untuk itu, kamu sebaiknya tidak langsung memeriksa ponsel saat pagi hari sebelum benar-benar selesai mengerjakan seluruh rutinitas pagimu, ya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id