sign up SIGN UP

5 Dampak Buruk Kalau Kamu Sering Melewatkan Sarapan, BB Gampang Naik Salah Satunya!

Gabriella Gebby | Beautynesia
Rabu, 01 Jun 2022 09:00 WIB
5 Dampak Buruk Kalau Kamu Sering Melewatkan Sarapan, BB Gampang Naik Salah Satunya!
caption
Jakarta -

Bagi beberapa orang, lebih baik tidur lebih lama daripada makan di pagi hari. Hal ini juga sering dilakukan ketika aktivitas sedang cukup padat. Faktanya sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Eat This, Not That, memulai hari dengan sarapan seimbang membuat tubuh bekerja secara maksimal. Sarapan yang seimbang mengandung banyak protein, karbohidrat sehat, serta campuran vitamin dan mineral yang tepat.

Ternyata, kalau terbiasa melewatkan sarapan, bisa berdampak bagi tubuh, lho, Beauties. Apa saja dampaknya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Memperlambat Metabolisme

Metabolisme Melambat
Metabolisme Tubuh Melambat/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Apabila kebiasaan melewatkan sarapan sering dilakukan, maka kerja metabolisme akan melambat. Hal ini akan membuat tubuh merasa lebih cepat lelah. Oleh dari itu, sarapan dengan asupan yang baik dapat meningkatkan konsentrasi dan menambahkan energi untuk beraktivitas.

2. Lebih Cepat Merasa lapar

cepat lapar
Cepat Merasa Lapar/Foto: pexels.com/George Milton

Saat tidak sarapan, perut akan terasa sangat lapar sebelum jam makan siang. Waktu sarapan yang baik adalah sebelum jam 9 pagi. Sarapan yang sehat dapat membuat kadar gula darah lebih stabil untuk mencegah rasa lapar yang terlalu sering dan cepat.

3. Berat Badan Mudah Naik

berat badan mudah naik
Berat Badan Mudah Naik/Foto: pexels.com/Pixabay

Makan pada pagi hari adalah cara terbaik menurunkan berat badan dan mempertahankan berat yang ideal. Sedangkan makan berat dekat dengan jam tidur dapat memicu berat badan naik secara signifikan. Apabila mengonsumsi kalori dalam jumlah cukup saat pagi dibandingkan dengan siang maupun malam hari, maka jarang mengalami kenaikan berat badan.

4. Sistem Imun yang Lemah

sistem imun yang lemah
Sistem Imun Lemah/Foto: pexels.com/Cottonbro

Sarapan yang sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imun yang kuat dapat mencegah virus atau bakteri yang berpotensi memicu penyakit. Waktu sarapan yang teratur menjadi kebiasaan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

5. Rambut Rontok

rambut rontok
Rambut Rontok/Foto: pexels.com/Skitterphoto

Salah satu pemicu rambut rontok adalah kebiasaan untuk melewatkan sarapan. Hal ini disebabkan asupan protein yang tidak mencukupi pada pagi hari. Dampaknya adalah tubuh terbatas untuk memproduksi keratin yang berfungsi sebagai pembangun kuku dan rambut agar tetap sehat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id