sign up SIGN UP

5 Manfaat Minum Susu Jahe, Nggak Cuma Enak Ternyata Bikin Sehat Banget!

Aqillah Diaz | Beautynesia
Selasa, 07 Jun 2022 17:30 WIB
5 Manfaat Minum Susu Jahe, Nggak Cuma Enak Ternyata Bikin Sehat Banget!
caption
Jakarta -

Apakah kamu pernah minum susu jahe atau justru kamu belum pernah mencobanya, Beauties? Yap, minuman yang satu ini merupakan minuman yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan bahkan susu jahe juga dapat mencegah penyakit yang menyerang tubuh kita.

Hal ini dikarenakan jahe memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membunuh agen asin yang ada di dalam tubuh. Kandungan senyawa bioaktif atau gingerol dalam jahe sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Tak hanya itu, jahe juga dapat menghangatkan tubuh, serta dapat mengatasi masalah pencernaan dan mampu menurunkan kolesterol.

Menambahkan jahe ke dalam segelas susu dapat membuat kita merasakan nutrisi penting yang dapat dirasakan oleh tubuh. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa manfaat minum susu jahe. Simak yuk!

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Resep Wedang Jahe SusuMinuman Jahe Susu/ Foto: iStock

Susu jahe dapat meningkatkan sistem imun tubuh secara alami. Secara otomatis dengan mengonsumsi susu jahe dapat menghancurkan kuman berbahaya dalam tubuh.

Kandungan antioksidan di dalam jahe dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang mana radikal bebas di udara dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita, terlebih lagi apabila tubuh kita sedang dalam keadaan lemah atau tidak fit. Dengan mengonsumsi rutin susu jahe, maka tubuhmu akan lebih sehat dan terlindungi.

2. Mencegah Osteoporosis

Tentunya kamu tahu kan kalau susu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekuatan tulang, seperti kalsium, potasium, dan magnesium. Terlebih lagi, kandungan dalam jahe juga dapat membantu tulang terhindar daru kelelahan akibat peradangan dan infeksi.

Bagi kamu yang masih berada berusia di bawah 30 tahun, ada baiknya untuk mengonsumsi susu jahe untuk memperlambat proses osteoporosis yang biasanya akan muncul ketika di usia 30 hingga 40 tahun. Susu jahe juga dianjurkan bagi orang dewasa terutama usia 40 tahun ke atas agar dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Khasiat buah kurma yang mampu melancarkan pencernaanManfaat Minum Susu Jahe/Foto: cleanfoodcrush.com

Jika kamu memiliki permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan masalah pencernaan, kini kamu nggak perlu khawatir lagi. Susu jahe dapat kamu konsumsi setelah sarapan dan dapat membuatmu terhindar dari masalah pencernaan.

Dilansir dariĀ detikFood, kandungan senyawa fenolik di dalam jahe dapat meringankan infeksi gastrointestinal atau infeksi saluran dinding pencernaan yang dapat menyebabkan produksi air liur dan empedu meningkat, serta dapat menekan kontraksi lambung ketika makanan atau minuman yang kamu konsumsi bergerak melalui saluran pencernaan.

Dengan rajin mengonsumsi susu jahe kamu bisa terhindar dari sembelit, perut kembung, asam lambung, dan GERD.

4. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman yang ada di dalam tenggorokan dan bahkan juga dapat disebabkan oleh pilek atau flu.

Jika kamu mengalaminya, hal ini akan membuatmu kesulitan untuk menelan makanan atau bahkan untuk berbicara. Obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan mengonsumsi susu jahe. Kandungan anti-inflamasi dalam susu jahe dapat membantumu mengatasi dan meredakan sakit tenggorokan.

5. Meningkatkan Fungsi Otak dan Melindungi Penyakit Alzheimer

Susah fokus merupakan gejala awal AlzheimerPenyakit Alzheimer/Foto: pexels.com/Anna Shvets

Last but not least, manfaat mengonsumsi susu jahe adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Kandungan antioksidan dan komponen bioaktif dalam jahe dapat menghambat peradangan otak.

Selain itu, susu jahe juga dapat melindungimu dari penyakit Alzheimer yang disebabkan oleh penuaan dan penurunan fungsi otak. Akibat dari penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan.

Itulah 5 manfaat minum susu jahe yang dapat menghangatkan tubuh, sekaligus dapat mencegah berbagai penyakit. Kira-kira, ada manfaat lain? Tulis di kolom komentar ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id