sign up SIGN UP

4 Kiat yang Bisa Dilakukan Saat Ini Untuk Mencegah Asam Urat di Masa Tua

Meuthia Khairani | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 09:30 WIB
4 Kiat yang Bisa Dilakukan Saat Ini Untuk Mencegah Asam Urat di Masa Tua
caption
Jakarta -

Asam urat adalah suatu kondisi tubuh ketika persendian terasa nyeri berlebihan, karena menumpuknya kristal asam urat di dalam aliran darah. Nyeri ini dapat semakin terasa pada malam hari dan membuat tubuh begitu kaku dan sulit digerakkan, terutama pada persendian jari tangan, lutut, pergelangan dan jari kaki.

Jika tidak ditangani dengan baik, asam urat bisa mengakibatkan pembengkakan pada sendi, menyebabkan komplikasi asam urat seperti penyakit ginjal dan jantung. Umumnya terjadi pada usia tua, tapi kabarnya saat ini bisa dialami sejak usia muda.

Namun, agar tidak terkena dan mumpung masih muda juga, kamu bisa mencegah asam urat dengan melakukan kiat-kiat berikut ini, Beauties.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Zat Purin

Ilustrasi jeroanIlustrasi jeroan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Iamnee

Dilansir dari SFGate, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, tidak baik bagi kesehatan, salah satunya ada kaitan dengan asam urat. Zat purin kerap terdapat pada daging merah dan berlemak, makanan berprotein pemicu asam urat, makanan bergula, seafood (lobster, udang, ikan sarden, ikan tuna, ikan teri, kerang, dan mackerel), jeroan, asparagus, kacang polong, dan bayam. Kamu bisa beralih mendapat protein dari produk susu rendah lemak salah satunya. Pasalnya punya efek perlindungan terhadap asam urat, lho.

2. Perbanyak Cairan

Perbanyak minum air putihPerbanyak minum air putih/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Memperbanyak minum air merupakan hal paling mendasar sekaligus sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Meminum air mineral juga diyakini mampu mengeluarkan asam urat, mencegah pembentukan kristal asam urat, dan meluruhkan zat-zat pemicu asam urat. Kalau kamu masih jarang meminum air, yuk mulai melakukan hal sederhana ini setiap hari!

3. Olahraga dengan Teratur

ilustrasi olahraga di pagi hari/Foto: Freepik.com/tirachardzIlustrasi olahraga di pagi hari/Foto: Freepik.com/tirachardz

Dilansir dari Practical Pain Management, olahraga memiliki banyak sekali manfaat. Selain mengurangi risiko kelebihan berat badan, kamu juga bisa melatih gerakan dan kekuatan sendi. Merutinkan olahraga dan memperbaiki pola hidup bisa mengurangi risiko nyeri sendi dan menumpuknya kadar penyebab asam urat di tubuh, Beauties.

4. Batasi atau Hindari Alkohol

5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol, Tidur Lebih Pulas dan Bikin BahagiaIlustrasi minum alkohol/ Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalStock

Alkohol juga dikaitkan dengan asam urat. Karenanya bagi mereka yang telah memiliki penyakit ini, disarankan untuk menghindarinya. Ini senada dengan hal yang dikutip dari Reuters, peneliti mengungkap kalau minum alkohol terlalu banyak meningkatkan risiko asam urat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id