sign up SIGN UP

5 Buah yang Memiliki Kalori Rendah dan Bantu Menurunkan Berat Badan Saat Diet

Ratih Dewi | Beautynesia
Minggu, 31 Oct 2021 06:45 WIB
5 Buah yang Memiliki Kalori Rendah dan Bantu Menurunkan Berat Badan Saat Diet
caption

Buah-buahan menjadi pilihan tepat untuk dijadikan snack atau makanan ringan saat diet. Selain mudah dikonsumsi dan memberikan nutrisi cukup untuk tubuh karena kandungan vitamin dan mineralnya, beberapa buah-buahan ternyata memiliki kalori yang rendah, sehingga bisa menurunkan berat badan secara alami.

Walaupun begitu harus tetap diimbangi dengan makanan yang bergizi, sehat, dan olahraga yang teratur supaya seimbang. Buat Beauties yang sedang diet, berikut buah-buahan yang memiliki kalori rendah dan menjadi pengganti gula secara alami yang Beautynesia lansir dari beberapa sumber. 

1. Buah Apel

Buah Apel
Buah Apel/Foto : instagram.com/Skylar Kang

Buah apel memiliki 32 kalori per buah dan apel juga mengandung flavonoid yang dianggap bisa menurunkan risiko penyakit kronis. Mina Khan pendiri perusahaan nutraceutical Formulate Health di Inggris menjelaskan, apel memiliki banyak serat, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk menurukan berat badan. 

Apel juga bisa dikonsumsi kapanpun, baik pagi hari ataupun di sore hari sebagai camilan. Apel dikonsumsi dengan granola bisa menjadi resep sarapan yang cepat dan bergizi di pagi hari, seperti yang dilansir dari laman Good to Know. 

2. Buah Kiwi

Buah Kiwi
Buah Kiwi/Foto : pexels.com/Laker

Buah kiwi memiliki 42 kalori per buah dan menjadi salah satu buah yang meningkatkan sistem pencernaan, juga menjaga kesehatan usus sehingga berpengaruh dalam menurunkan berat badan. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information pada 2017 menunjukkan buah kiwi bisa mengontrol gula darah, kolesterol, mendukung kesehatan usus, meningkatkan sistem pencernaan dan bisa mengurangi berat badan. 

Buah kiwi juga bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai jus, smoothie, salad, atau dicampur dengan sereal saat sarapan untuk menambah energi. 

3. Buah Jeruk

Buah Jeruk
Buah Jeruk/Foto : pexels.com/Couleur

Buah jeruk memiliki 62 kalori per buah dan merupakan salah satu buah yang menjadi sumber vitamin C terbaik dan sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitasi tubuh, terutama masa pandemi COVID-19 yang masih belum mereda. 

Melansir dari laman Healthline, mengkonsumsi buah jeruk utuh tanpa diolah menjadi jus lebih baik karena bisa menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Beauties bisa coba konsumsi jeruk tanpa diolah menjadi jus atau smoothie, ya. Kamu juga bisa tambahkan jeruk pada sebagai topping untuk oatmeal, cereal, atau salad saat sarapan. 

4. Buah Nanas

Buah Nanas
Buah Nanas/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Buah nanas memiliki 84 kalori dalam 2 irisan tebal dan merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi. Melansir dari laman Everyday Health, mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan air cukup tinggi baik dikonsumsi saat diet dan bisa menurunkan berat badan. 

Nanas juga menjadi sumber antioksidan yang baik untuk mengurangi penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker tertentu. Saat diet, nanas bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus atau smoothie. 

5. Buah Alpukat 

Buah Alpukat
Buah Alpukat/Foto : pexels.com/energepic.com

Melansir dari USDA, setengah alpukat memiliki 4,55 gr serat dan 77% kalori alpukat berasal dari lemak baik untuk tubuh. Alpukat juga menjadi salah satu buah yang baik untuk mendukung sistem pencernaan sehingga cocok dikonsumsi saat diet. Demikian seperti yang dilansir dari laman detikFood

Alpukat juga memiliki asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan rasa kenyang setelah mengkonsumsinya. Alpukat juga mudah diolah, baik dimakan langsung, jus, menjadi topping untuk roti panggang, oatmeal, atau lainnya menjadi menu sarapan sehat.  

-------- 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id