sign up SIGN UP

5 Cara Ampuh Mengecilkan Paha untuk Kamu yang Mager Olahraga

Aqillah Diaz | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 08:30 WIB
5 Cara Ampuh Mengecilkan Paha untuk Kamu yang Mager Olahraga
Cara Ampuh Mengecilkan Paha untuk Kamu yang Mager Olahraga/Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki paha yang ramping adalah keinginan banyak perempuan. Hal ini dikarenakan banyak perempuan yang merasa tidak leluasa ketika menggunakan rok, dress, maupun pakaian lainnya jika memiliki paha yang besar.

Namun memang, mengecilkan paha tidak bisa dilakukan secara instan dan kamu perlu melakukan beberapa kegiatan untuk bisa mengecilkan paha. Melansir dari CNBC Indonesia, terdapat beberapa penyebab paha besar, yakni faktor genetik atau keturunan, kurang atau malas gerak, dan obesitas.

Jika kamu termasuk salah satu kaum mager atau malas gerak, kini kamu tidak perlu pergi ke tempat gym atau melakukan olahraga berat. Kamu tetap bisa melakukan kegiatan produktif untuk mengecilkan paha meskipun di rumah saja.

Dilansir dari Wolipop, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha. Simak yuk!

1. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Agar Lahap Peneliti Sarankan Anak Makan Pakai Tangan dengan Mulut Terbuka LebarKurangi Konsumsi Karbohidrat/ Foto: Ilust iStock/Site News

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat pada tubuh. Karbohidrat secara alami akan diubah oleh tubuh untuk menjadi glikogen yang akan disimpan di hati dan otot bersamaan dengan air.

Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula air yang disimpan oleh tubuh dan hal ini akan membuatmu semakin terlihat gemuk. Usahakan untuk menjalani pola makan rendah karbohidrat agar berat badan bisa menurun dan lingkar paha dapat mengecil.

2. Mengurangi Konsumsi Garam

Garam/ Foto: freepik.com/8photoKurangi Konsumsi Garam/ Foto: freepik.com/8photo/ Foto: Shinta Khoiru Nikmah

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi dapat membuat tubuh menahan kelebihan air. Tentunya hal ini dapat membuat bentuk tubuh menjadi berubah dan kembung, seperti perut, lengan, dan paha.

Cobalah untuk mengonsumsi lebih sedikit garam dan hindari mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi, seperti mie instan dan makanan cepat saji lainnya.

3. Mengonsumsi Lebih Banyak Protein dan Serat

DietMakan Lebih Banyak Protein dan Serat/ Foto: Freepik.com/pvproductions

Mengonsumsi protein dan serat sangat baik untuk menurunkan berat badan hal ini dikarenakan protein dan serat dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga hal ini dapat membuatmu tidak makan terlalu berlebihan. Protein dan serat juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti lemak dan karbohidrat.

Pasalnya, tubuh memerlukan waktu lama untuk mencerna protein dan kamu bisa mengonsumsi jenis protein, seperti telur rebus, dada ayam, tahu, ikan, dan lainnya. Mengonsumsi protein dan serat ternyata juga dapat mengecilkan paha, serta dapat mengurangi massa tubuh secara keseluruhan.

4. Mengonsumsi Lebih Banyak Elektrolit

Buah PisangKonsumsi Banyak Elektrolit/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Dilansir dari Wolipop, elektrolit berarti kalsium, magnesium, dan kalium. Semakin banyak asupan elektrolit dalam tubuh, semakin sedikit garam yang akan ditahan.

Pisang, yogurt, dan sayuran hijau bisa menjadi salah satu referensi makanan yang mengandung elektrolit. Mengonsumsi elektrolit diyakini sebagai salah satu cara untuk mengecilkan paha.

5. Latihan Sambil Tiduran atau Jalan-jalan

Healthy beautiful young Asian runner woman in sports clothing running and jogging on sidewalk near lake at park in the morning. Lifestyle fitness and active women exercise in urban city concept.Latihan Sambil Tiduran atay Jalan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tirachard

Selain mengonsumsi serat, protein, dan elektrolit, serta mengurangi konsumsi karbohidrat dan garam, bagi kamu kaum mager, kamu bisa melakukan latihan sambil tiduran. Kamu bisa melakukan gerakan leg criss cross atau posisi latihan mengangkat kaki seperti gunting.

Kamu juga bisa melakukan latihan side-leg lift knee in atau posisi latihan mengangkat lutut sambil tiduran. Kedua cara ini dapat membantu melatih otot paha bagian dalam, luar, dan perut bagian bawah, serta punggung.

Jika kamu juga masih mager untuk melakukan latihan tersebut, jalan-jalan bisa menjadi alternatif untuk mengecilkan paha dan kamu bisa melakukannya selama 20 menit secara rutin.

Itulah lima cara mengecilkan paha bagi kamu kaum mager. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id