sign up SIGN UP

Nggak Cuma Bikin Kenyang, 5 Ide Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Bisa Ratakan Perut Buncit!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 08:30 WIB
Nggak Cuma Bikin Kenyang, 5 Ide Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Bisa Ratakan Perut Buncit!
Saran Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tetap Sehat dan Aman untuk Diet/Foto: Unplash.com/Volodymyr Hryshchenko

Karbohidrat merupakan sumber gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Energi yang dihasilkan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas diperoleh dengan membakar karbohidrat yang dikonsumsi tubuh melalui makanan. Maka, mengonsumsi karbohidrat untuk asupan energi tubuh tidak bisa sembarang karena salah konsumsi dapat membuat tubuh lemas seharian.

Nah, kalau Beauties sedang menjalankan diet dapat mencari sumber karbohidrat yang tepat untuk dikonsumsi. Melansir dari Healthline, berikut deretan sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan. Simak yuk!

1. Pisang

Pisang merupakan buah dengan karbohidrat yang tinggi
Pisang/ Foto: Freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Satu buah pisang memiliki 31 gram karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan potassium, vitamin B6, C dan magnesium berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Hal tersebut membuat pisang menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat tertinggi dengan rendah gula. Buah pisang pun cocok dikonsumsi untuk snack diet yang mengenyangkan, lho.

2. Ubi

Ubi merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk diet
Ubi/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Termasuk jenis umbi-umbian, ubi jalar merupakan sayur akar yang lezat dan bergizi tinggi. Sering kali digunakan sebagai makanan pengganti karbohidrat di saat diet, yang memberikan efek kenyang cukup lama.

Ubi jalar dalam 100 gram-nya mengandung 20,7 gram karbohidrat yang terdiri dari pati, gula, dan serat. Selain itu kaya akan vitamin A, C, dan kalium berguna untuk menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit kronis.

3. Oats

Oats menjadi sumber karbohidrat yang sehat
Oats/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Oats merupakan biji-bijian dengan sumber karbohidrat dan tinggi protein yang bagus dikonsumsi saat diet, lho. Selain itu, oats memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan.

Dalam 1 cangkir oats (81 gram) mengandung 54 gram karbohidrat dan 8 gram serat. Mengonsumsi oats untuk diet dapat memberikan rasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan dengan sehat lho, Beauties.

4. Biji Gandum

Biji gandum memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi
Biji Gandum/ Foto: Freepik.com/author/fahrwasser

Quinoa merupakan biji gandum yang kerap dikonsumsi untuk mengganti karbohidrat sehat. Satu cangkir quinoa memiliki 70% karbohidrat, protein, dan serat yang tinggi yang dapat mengenyangkan tubuh.

Hal ini yang membuat quinoa dipilih menjadi sumber karbohidrat sehat dan aman dikonsumsi saat diet karena dapat membantu menurunkan berat badan dan kesehatan usus.

5. Jagung

Jagung dapat menjadi makanan tinggi karbohidrat
Jagung/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Jagung merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi karena memiliki rasa manis. Dapat dinikmati dengan berbagai cara memasak seperti direbus, kukus, dan bakar.

Satu cangkir jagung menyediakan 41 gram karbohidrat dan 5 gram serat. Selain itu, jagung kaya akan vitamin C, B, potassium, magnesium, dan antioksidan yang dapat mendukung penurunan berat badan.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id