sign up SIGN UP

Menurut Ahli, Ini Daftar Kandungan Suplemen yang Baik Dikonsumsi oleh Perempuan Menopause

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Senin, 01 Aug 2022 22:00 WIB
Menurut Ahli, Ini Daftar Kandungan Suplemen yang Baik Dikonsumsi oleh Perempuan Menopause
Ini Daftar Kandungan Suplemen yang Baik Dikonsumsi oleh Perempuan Menopause/Foto: Freepik.com/freepik

Menopause adalah peristiwa alami yang terjadi pada perempuan berusia 40-an atau 50-an, yang menandai berakhirnya siklus menstruasi seseorang.

Seiring bertambahnya usia, siklus reproduksi seseorang melambat, sementara hormon estrogen dalam tubuh perlahan-lahan akan berkurang dan bersiap untuk berhenti.

Selama masa penurunan hormon estrogen ini, banyak perempuan mengalami gejala menopause yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menderita hot flashes, kurang tidur, mood swing, kekeringan pada vagina, hingga penambahan berat badan.

Sayangnya, itu tidak bisa dihindari. Namun, mengonsumsi diet sehat dan suplemen yang tepat dapat meringankan beberapa gejala terkait menopause.

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopause. Simak yuk!

1. Kalsium

suplemen yang baik dikonsumsi perempuan menopause
Suplemen kalsium untuk menopause/Foto: Freepik.com/freepik

Pengeroposan tulang bisa menjadi masalah serius begitu kadar hormon estrogen turun pasca-menopause. Mengutip WebMD, perempuan di bawah 51 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium sehari. Sedangkan, perempuan berusia 51 tahun ke atas butuh 1200 miligram kalsium sehari.

Asupan kalsium yang cukup tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, tetapi juga membantu menjaga kesehatan saraf dan otot. Sumber kalsium terbaik bisa didapatkan dari makanan dan suplemen kalsium.

2. Vitamin D

suplemen yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopause
Vitamin D/Foto: Freepik.com/user18526052

Vitamin D sama pentingnya dengan kalsium bagi kekuatan tulang. Tanpa vitamin D, tubuh seseorang tidak dapat menyerap kalsium. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 600 IU setiap hari, sementara mereka yang berusia 71 tahun ke atas membutuhkan 800 IU per hari.

Selain terdapat pada makanan dan suplemen, kandungan vitamin D secara gratis bisa ditemukan pada sinar matahari. Jadi, jangan malas berjemur di pagi hari, ya!

3. Protein

suplemen yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopause
Protein/Foto: Freepik.com/user7350813

Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa makan protein dalam jumlah yang tepat, terutama selama menopause, dapat membantu mencegah kehilangan massa otot, meningkatkan kepadatan tulang, serta menjaga kenaikan berat badan.

Mengutip Vogue, penulis dan terapis nutrisi Eve Kalinik menyarankan bagi perempuan di atas 50 tahun untuk mengonsumsi protein sebanyak 1 gram per 1 kg berat badan (atau seukuran telapak tangan) sebagai target harian.

Sumber protein bisa diperoleh melalui berbagai macam makanan, mulai dari protein hewani, nabati, juga suplemen protein dalam bentuk shake atau whey.

4. Ginseng

suplemen yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopause
Ginseng/Foto: Freepik.com/dashu83

Studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa suatu komponen aktif pada ginseng merah mampu memberikan efek positif pada gejala menopause dan faktor risiko kardiovaskular pada perempuan pasca-menopause. Selain itu, berbagai jenis ginseng lainnya turut terbukti dapat membantu perempuan menopause untuk meningkatkan mood dan kualitas tidur.

5. Kedelai

suplemen yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopause
Suplemen isoflavon pada kedelai/Foto: Freepik.com/jcomp

Mengutip Medical News Today, studi dalam Jurnal Farmakologi Klinis Inggris tahun 2015 menemukan bahwa kandungan isoflavon pada kedelai cukup efektif mengurangi keparahan hot flashes.

Selain gejala menopause, suplemen kedelai juga digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan meningkatkan kesehatan tulang dan memori.

6. Vitamin B

suplemen yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopause
Vitamin B/Foto: Freepik.com/xb100

Kellyann Petrucci, N.D., dokter kedokteran fungsional dan konsultan nutrisi di New York City dalam Forbes menyebutkan bahwa vitamin B sangat penting untuk meningkatkan energi dan suasana hati pada perempuan menopause.

Buah pisang, jeruk, nanas, kacang almond, kacang hijau, daging sapi, hati, yogurt, telur, susu, dan sayuran hijau merupakan contoh makanan tinggi vitamin B yang bisa kamu konsumsi.

Selain itu, dr. Petrucci juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen B kompleks yang mengandung vitamin B6, B12, dan folat, untuk membantu mendukung fungsi sistem saraf serta mencegah masalah tulang dan sendi.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id