sign up SIGN UP

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Tomat yang Selalu Ada di Dapur, Salah Satunya Perbaiki Kondisi Kulit!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 31 Jul 2022 20:30 WIB
5 Manfaat Mengonsumsi Buah Tomat yang Selalu Ada di Dapur, Salah Satunya Perbaiki Kondisi Kulit!
caption

Buah tomat memang terkenal akan kaya manfaat, salah satunya baik untuk kulit. Namun, selain bagus untuk kulit kamu ternyata buah yang bernuansa warna merah ini juga memiliki manfaat lain lho!

Buah tomat dapat dengan mudah kamu dapatkan di pasar atau pun market place terdekat dari rumah kamu. Lalu apa saja manfaatnya? Dilansir dari Eat This Not That, ini dia deretan manfaat dari buah tomat. Simak yuk!

1. Menurunkan Risiko Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari

Menurunkan Risiko Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari
Menurunkan Risiko Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari/Foto: Freepik.com/Freepik

Menurut Elena Paravantes, RD, pendiri blog Olive Tomato dan penulis The Mediterranean Diet Cookbook for Beginners, manfaat dari buah tomat yaitu bisa melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini karena tomat penuh dengan karotenoid, jenis antioksidan tertentu yang terkandung di dalamnya. 

Studi tahun 2017 di Scientific Reports pun mengatakan bahwa konsumsi tomat secara teratur dapat mengurangi sengatan sinar matahari sehingga mengurangi risiko tumor kulit dari UVB.

2 Memperbaiki Suasana Hati

Memperbaiki Suasana Hati
Memperbaiki Suasana Hati/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Manfaat tomat dapat meningkatkan mood dalam jangka panjang. Penelitian tahun 2013 di The Journal of Affective Disorders menemukan fakta bahwa orang yang makan tomat dua sampai enam kali seminggu 46% berkemungkinan lebih rendah untuk melaporkan gejala depresi ringan atau berat dibandingkan dengan mereka yang makan tomat kurang dari sekali seminggu.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Mempercepat Proses Penyembuhan Luka/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Tomat mengandung vitamin C tinggi yang diperlukan untuk memproduksi kolagen sehingga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sebuah penelitian tahun 2016 terhadap pasien rumah sakit International Journal of Surgery mengemukakan fakta bahwa para pasien sembuh secara cepat saat subjek mengonsumsi 1.000 miligram suplemen vitamin C. Bahkan mampu untuk menyembuhkan luka berat.

4. Memudahkan Penyerapan Zat Besi

Memudahkan Penyerapan Zat Besi
Memudahkan Penyerapan Zat Besi/Foto: Freepik.com/Fxquadro

Dilansir dari detikHealth, kamu dapat mengonsumsi tomat secara teratur untuk mendapatkan asupan zat besi lebih banyak. Ahli gizi Blanca Garcia merekomendasikan untuk mengonsumsi tomat jika ingin mendapatkan asupan zat besi yang berlimpah. Garcia juga mengatakan bahwa tomat memiliki vitamin C tinggi dengan kandungan 27% dari nilai harian yang direkomendasikan.

5. Memperbaiki Kondisi Kulit 

Conceptual shot of Acne & Problem Skin on female face.Memperbaiki Kondisi Kulit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

Manfaat buah tomat lainnya yaitu dapat membatu memperbaiki kulit kamu. Sebab, kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Dalam satu cangkir memiliki hampir  19 miligram nutrisi. Vitamin C dapat membantu memperbaiki kulit kamu akibat sinar UV. Makan tomat ceri dapat menjaga kulit kamu lebih aman dalam menjalani hari terutama di musim panas.

Nah Beauties, itu dia deretan manfaat dari mengonsumsi buah tomat. Selain nikmat untuk di jus, buah tomat juga memiliki manfaat lain bagi tubuh kamu! Semoga bermanfaat.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id