sign up SIGN UP

5 Cara Mudah Membuat Oatmeal untuk Bikin Perut Rata, Beauties Wajib Coba!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 19 Jul 2022 08:00 WIB
5 Cara Mudah Membuat Oatmeal untuk Bikin Perut Rata, Beauties Wajib Coba!
caption

Oatmeal menjadi menu sarapan sehat yang populer di kalangan orang yang sedang menjalankan diet. Bahan dasar dari oatmeal adalah gandum yang telah dikupas, dikukus, dan diratakan, atau tepung kasar dari biji gandum yang telah digiling atau dipotong baja.

Kandungan dari oatmeal mencakup karbohidrat, serat, protein, hingga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5, dan B9. Berkat kandungannya, banyak penelitian yang mengatakan bahwa makan oatmeal secara teratur dapat membuat hidup lebih lama.

Meskipun oatmeal dikatakan sebagai menu sarapan terbaik untuk diet, namun jika tidak disiapkan dengan benar, seperti diisi dengan semua jenis gula tambahan dan kalori kosong yang tidak akan membuat perut rata maka oatmeal hanya akan menjadi makanan sia-sia.

Untuk itulah, agar dietmu menghasilkan perut rata maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika membuat oatmeal. Nah, kira-kira apa saja ya caranya? Penasaran, Beauties? Melansir dari Eat This, Not That!, berikut 5 cara mudah membuat oatmeal untuk perut rata. Yuk, simak!

Gunakan Pemanis Alami

Ilustrasi oatmeal dengan pemanis alami
Ilustrasi oatmeal dengan pemanis alami/Foto: Freepik/Lifeforstock

Untuk membuat perut rata maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempertimbangkan topping yang akan kamu tambahkan ke dalam oatmeal. Trista Best, MPH, RD, LD, seorang ahli diet terdaftar di Balance One Supplements, mengatakan, "Oatmeal dapat dibuat padat nutrisi melalui bahan-bahan yang kamu pilih untuk melengkapinya."

Hindari juga penggunaan pemanis buatan seperti sirup maple. Alih-alih menggunakan pemanis buatan, kamu dapat membuat pemanis alami dengan menggunakan topping buah-buahan segar seperti, beri atau kacang-kacangan, dan biji rami untuk meningkatkan kualitas nutrisi. Kacang-kacangan dapat meningkatkan kandungan protein sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

Lisa Young, PhD, seorang RDN dan penulis Finally Full, Finally Slim, merekomendasikan untuk memberikan irisan apel atau blueberry ke oatmeal sebelum dimasak. "Saat dimasak, rasanya super manis, dan tidak perlu gula," kata Young. "Hindari gula dan madu kecuali jika menggunakannya dalam jumlah yang sangat kecil (sekitar setengah sendok teh) dan hindari oatmeal kemasan yang sudah diberi pemanis sebelumnya."

Konsumsi dalam Keadaan Dingin

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal/Foto: Freepik/Jcomp

Menurut Kara Landau, RD, mengonsumsi oatmeal dalam keadaan dingin dapat mempertahankan pati resisten prebiotik yang secara alami ada di oat. Itu dapat terjadi karena gandum dapat berfermentasi selama proses perendaman yang membuat penyerapan nutrisi berjalan dengan baik dan membuat usus menjadi sehat.

Ia juga menambahkan jika oatmeal dingin dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, insulin yang dilepaskan ke tubuh akan lebih sedikit sehingga dapat menghilangkan glukosa dari darah.

Tambahkan Protein

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal/Foto: Freepik/Timolina

Shahryari mengatakan bahwa menambahkan protein pada oat yang didiamkan semalaman dapat membantu pencernaan yang lebih lambat dan membantu perut rata secara efektif. Adapun Megan Byrd, RD, dari The Oregon Dietitian, mengatakan "Dengan menambahkan beberapa protein ke oatmeal di pagi hari dapat menghindari sarapan yang mengandung banyak karbohidrat sekaligus membuat perut menjadi tidak kembung."

"Tambahkan dua sendok makan selai kacang atau selai kacang lainnya, satu sendok bubuk protein, atau beberapa irisan almond, bisa juga jenis kacang lainnya ke dalam oatmeal untuk memberikan dorongan protein." lanjutnya.

Taburkan Buah atau Sayuran

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal/Foto: Freepik/Thiea Alhoz

Mackenzie Burgess, RDN seorang pengembang resep di Cheerful Choices, mengatakan, "Tingkatkan nutrisi oatmeal dengan menambahkan buah dan sayuran yang berwarna-warni." Penambahan buah dan sayuran pada oatmeal akan menambahkan rasa, vitamin dan mineral penting sekaligus menjaga kalori tetap rendah.

Cobalah Steel-Cut Oats

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal/Foto: Freepik

Brenda Braslow, seorang ahli diet terdaftar dengan MyNetDiary merekomendasikan untuk mencoba steel-cut oats. Oat jenis ini adalah adalah menir dari gandum utuh yang telah dipotong-potong menjadi dua atau tiga potong seukuran kepala jepit. Oat ini sering disebut dengan oatmeal kasar, oat pinhead, atau oatmeal Irlandia.

"Pilih oat yang diproses secara minimal seperti jenis potongan baja atau jenis kuno untuk serat paling banyak dan jumlah natrium paling sedikit," ucapnya. Saat memakannya kamu bisa menambahkan irisan pisang (makanan prebiotik yang membantu memberi makan bakteri usus yang baik) atau beri (tambahan serat dan antioksidan yang sehat).

Nah, Beauties, itulah tadi 5 cara mudah membuat oatmeal untuk perut rata. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id