STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Gerakan Ampuh untuk Mengecilkan Paha

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 15 Jun 2021 08:30 WIB
5 Gerakan Ampuh untuk Mengecilkan Paha

Ukuran paha yang besar terkadang membuat sebagian wanita merasa kurang percaya percaya diri. Paha berukuran besar ini mengindikasikan adanya penimbunan lemak yang pada akhirnya membuat bentuk tubuh proporsional menjadi terganggu. Salah satu cara umum yang direkomendasikan untuk mengecilkan paha adalah olahraga.

Eitss, tunggu dulu, ternyata tidak semua olahraga fokus untuk mengecilkan paha. Untuk itu, perlu penyesuaian jenis olahraga  beserta gerakan yang ada di dalamnya. Lantas, apa saja gerakan olahraga yang efektif untuk mengecilkan paha? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jumping Jacks

Jumping Jacks membantu mengecangkan bagian bet hingga paha bagian belakang/pexel.com
Jumping Jacks/pexel.com

Gerakan pertama yang bisa dicoba untuk mengecilkan paha adalah jumping jacks. Gerakan ini dapat memberikan pengaruh kepada bentuk paha karena membantu mengecangkan bagian bet hingga paha bagian belakang. Selain itu, gerakan yang melibatkan lengan pada jumping jacks juga membantu memperkuat otot bisep dan trisep sehingga turut mengoptimalkan usaha untuk mencapai bentuk dan ukuran paha yang diinginkan.

Cara melakukan gerakan jumping jacks ini juga terbilang mudah. Pertama, silakan berdiri dengan kedua kaki. Lanjutkan dengan melompat sembari melebarkan kaki dan tangan bersamaan. Kembali ke posisi semula dan lakukan selama kurang lebih 15 detik.

2. Skater Hops

Skater Hops membantu mengecilkan paha bagian dalam/youtube.com/howcast
Skater Hops/youtube.com/howcast

Berikutnya ada gerakan skater hops yang juga recommended untuk dicoba. Sesuai dengan namanya, gerakan ini menyerupai permainan skateboard. Skater hops akan membantu mengecilkan paha bagian dalam.

Meskipun tanpa alat skateboard sungguhan, gerakannya dipercaya efektif untuk membantu mengecilkan paha. Semakin sering dilakukan, skater hops akan memperkuat kaki serta menjaga keseimbangan tubuh bagian bawah.

Cara melakukan gerakan skater hops bisa dimulai dengan bagian sebelah kiri terlebih dahulu kemudian jongkok sedikit dan dan meloncat ke arah kanan sejauh yang bisa dilakukan. Mendarat lah dengan kaki kanan.

Supaya hasil lompatan lebih jauh, kamu bisa mengayunkan tangan. Perlu diingat, ketika mendaratkan kaki kanan, usahakan kaki kiri tidak menyentuh lantai. Lakukan secara bergantian dengan bagian sebelah kanan. Untuk durasi, bisa dicoba selama 15 detik.

3. Cossack Squat

Cossack Squatmemaksimalkan kinerja otot bagian dalam paha sehingga berkontraksi untuk menahan beban tubuh/youtube.com/ivanachapman
Cossack Squat/youtube.com/ivanachapman

Gerakan yang satu ini mampu memaksimalkan kinerja otot bagian dalam paha sehingga berkontraksi untuk menahan beban tubuh. Dengan begitu paha menjadi lebih mudah untuk terbentuk dan mengecil.

Namun satu hal yang harus digaris bawahi adalah perlu melakukannya secara rutin. Cossack squat bisa dilakukan dengan cara berdiri dan membuka kaki lebih lebar dari bahu kemudian jongkok sedalam mungkin ke arah kiri sembari memutar kaki kanan ke atas.

Lanjutkan dengan merentangkan tangan ke arah depan dengan posisi tubuh yang lebih condong ke depan. Setelah itu, kembali ke posisi awal. Ulangi secara bergantian untuk sisi kanan dan juga kiri. Kamu dianjurkan untuk melakukan gerakan ini 8 hingga 12 kali untuk 2 hingga 4 set.

4. Pilates Scissors

Pilates Scissors membantu melatih keseimbangan tulang belakang dan panggul/freepik.com
Pilates Scissors/freepik.com

Usaha untuk mendapatkan bentuk paha yang diinginkan juga bisa dilakukan dengan gerakan pilates scissors ini. Gerakan ini membantu melatih keseimbangan tulang belakang dan panggul. Selain itu, gerakan ini juga membuat paha bagian belakang menjadi lebih lentur sehingga dapat meningkatkan kontrol terhadap bagian tubuh secara menyeluruh. Tidak hanya otot paha, kamu juga bisa merasakan manfaat lain dari gerakan ini karena turut membentuk otot di bagian perut.

Cara melakukan pilates scissors bisa dimulai dengan berbaring sembari meluruskan kaki dan juga tangan. Setelah itu, rentangkan kaki ke atas ketika tubuh meringkuk. Raih betis dan paha dengan kedua tangan. Untuk kaki lainnya, jangan lupa diarahkan ke bagian bawah. Pertahankan posisi melengkung lalu lakukan secara bergantian dengan kaki lainnya. Lakukan selama kurang lebih 30 detik.

5. Bodyweight Lunges

Bodyweight Lunges mengandalkan lutut, otot pergelangan kaki dan njuga pinggul/freepik.com
Bodyweight Lunges/freepik.com

Nah, satu lagi gerakan yang juga recommended untuk dicoba adalah bodyweight lunges. Gerakan ini mengandalkan lutut, otot pergelangan kaki dan pinggul. Jika rutin dilakukan, kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh bagian bawah yang lebih baik. Tidak hanya mengecilkan paha, gerakan ini juga efektif membakar kalori baik itu pada saat olahraga maupun sesudahnya.

Cara melakukan gerakan bodyweight lunges ini cukup mudah. Langkah pertama, silakan berdiri dengan kaki selebar pinggul dengan posisi lengan berada di samping tubuh. selanjutnya, ambil langkah ke arah depan sekitar 3 kaki dengan posisi kaki kanan ditekuk hingga paha sejajar dengan lantai.

Lanjutkan dengan menekan kaki kanan supaya kembali ke posisi semula. Supaya hasilnya maksimal, kamu dianjurkan untuk melakukannya 10 hingga 15 kali sebanyak 3 set 3 kali dalam seminggu.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE