STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua dalam Menjaga Kesehatan Ginjal Anak

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 07 Nov 2022 06:30 WIB
5 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua dalam Menjaga Kesehatan Ginjal Anak

Beauties, seperti yang sudah kita ketahui, baru-baru ini banyak anak dengan usia rentan 6 bulan sampai 18 tahun mengalami gagal ginjal akut. Melihat kasus tersebut, orang tua wajib mengetahui hal-hal penting untuk menjaga kesehatan ginjal anak. 

Ginjal merupakan salah satu organ vital penting pada tubuh yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, membantu pembuatan sel darah merah, dan menghasilkan hormon untuk membuat tubuh berfungsi dengan baik. 

Melansir dari beberapa sumber, Beautynesia sudah merangkum beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan ginjal pada anak. Simak artikel di bawah ini, ya!

1. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik
Rutin melakukan aktivitas fisik/foto: freepik.com/freepik

Aktivitas fisik tidak hanya membuat anak menjadi lebih aktif, namun membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh anak.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan tulang, otot, jantung, dan ginjal pada anak. Banyak aktivitas fisik yang dapat dilakukan, seperti berjalan kaki, bersepeda, bermain bola, atau kegiatan lainnya.

Orang tua juga sebaiknya mengetahui aktivitas fisik apa yang disukai anak, sehingga mereka cenderung bertahan dengan aktivitas tertentu. 

Penting juga untuk membatasi waktu media untuk anak, seperti penggunaan tablet, smartphone, televisi, atau alat elektronik lainnya. Demikian yang dilansir dari laman Kidney.

2. Batasi Asupan Garam Setiap Hari

Batasi Asupan Garam Setiap Hari
Batasi asupan garam setiap hari/foto: freepik.com/8photo

Melansir dari laman CDC, anak-anak direkomendasikan untuk mengkonsumsi kurang dari 2.300 mg natrium per hari.

Terlalu banyak natrium yang dikonsumsi anak per hari dapat memicu tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit ginjal kronis. Batasi anak untuk mengkonsumsi makanan cepat saji, keripik kentang, dan camilan asin lainnya, Beauties.

Biasakan agar anak mengkonsumsi buah sebagai camilan sehat dan asupan air putih yang cukup setiap harinya.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil
Menjaga berat badan tetap stabil/foto: freepik.com/artursafronovvvv

Orang tua harus menjaga berat badan anak agar tetap stabil dan memastikan tidak obesitas atau kelebihan berat badan.

Obesitas dapat mengganggu fungsi organ tubuh, termasuk terganggunya fungsi ginjal. Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dari sayur, buah, dan kurangi makanan kaleng atau olahan.

Asupan makanan manis juga harus dibatasi untuk meminimalisir gula darah tinggi. Salah satu tanda awal dugaan diabetes pada anak adalah rasa lapar dan haus yang berlebihan, seperti yang dilansir dari laman The Conversation.

4. Biasakan Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

Biasakan Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup
Biasakan mengkonsumsi air putih yang cukup/foto: freepik.com/atlascompany

Beberapa orang tua pernah mengeluhkan anak mereka yang sulit minum air putih. Perlu diketahui, anak-anak perlu minum air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal. Minuman manis, termasuk jus buah harus dikurangi. 

Melansir dari laman Mail Guardian, jika urine anak berwarna jernih hingga kuning muda, maka kebutuhan cairan pada tubuh anak sudah tercukupi.

Jika ginjal mengalami masalah, urine cenderung berubah warna menjadi merah mawar atau warna teh hitam, jika sudah terjadi hal ini harus segera menemui dokter. 

5. Waspada Terhadap Obat-obatan yang Dijual Bebas

Waspada Terhadap Obat-Obatan yang Dijual Bebas
Waspada terhadap obat-obatan yang dijual bebas/foto: freepik.com/user18526052

Seperti yang sedang menjadi perbincangan saat ini, orang tua perlu waspada terhadap obat-obatan yang dijual dengan bebas. Terutama obat anti-inflamasi dan obat yang digunakan untuk menurunkan demam, sebab dapat berbahaya bagi ginjal anak. 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE