sign up SIGN UP

Benarkah Diet Apel Bisa Bantu Turunkan 3 Kg dalam 5 Hari? Yuk, Simak Penjelasannya!

Retno Anggraini | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 09:00 WIB
Benarkah Diet Apel Bisa Bantu Turunkan 3 Kg dalam 5 Hari? Yuk, Simak Penjelasannya!
caption
Jakarta -

Saat ini, buah tidak hanya dijadikan bahan makanan untuk diet saja, tapi juga dijadikan rencana diet singkat. Beberapa di antaranya adalah diet nanas dan diet apel. Diet buah ini biasanya dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat demi tampil cantik dalam acara tertentu.

Jika kamu ada acara yang harus dihadiri dalam waktu dekat, kamu bisa coba diet apel, Beauties. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan diet apel yang dipercaya bisa menurunkan 3 kilogram dalam 5 hari. Melansir dari Stylecraze, simak penjelasan seputar diet apel berikut ini!

Apa Itu Diet Apel?

Pengertian diet apel
Pengertian diet apel/Foto: Freepik.com/pereslavtseva

Diet apel ini merupakan rencana diet 5 hari di mana sebagian besar makanan yang dikonsumsi adalah buah apel. Biasanya, di hari pertama kamu hanya diperbolehkan konsumsi apel saja untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Lalu di hari kedua hingga hari terakhir, kamu bisa mengombinasikannya dengan jenis makanan lain, seperti sayur, buah-buahan lain, dan juga susu.

Cara Kerja Diet Apel

Cara kerja diet apel
Cara kerja diet apel/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Apel kaya akan mineral, vitamin, dan serat yang merupakan komponen terbaik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, apel juga memiliki jumlah kalori yang sedikit, sekitar 80 hingga 100 kalori tergantung dari ukuran buah. Itulah sebabnya buah apel dimasukkan dalam banyak rutinitas diet.

Serat dalam apel dapat mengikat molekul lemak dan mencegah penyerapan lemak oleh tubuh. Lemak yang diikat serat akan langsung dikeluarkan dari tubuh. Konsumsi apel sebelum makanan utama dapat mengurangi rasa lapar, sehingga dapat mencegah kamu untuk makan berlebih.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Selama Melakukan Diet Apel

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi/Foto: Freepik.com/yarunivstudio

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada hari kedua hingga hari terakhir, pelaku diet boleh mengombinasikan apel dengan jenis makanan lain. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang diperbolehkan dalam diet apel:

  • Buah dan sayuran: Buah musiman, sayuran hijau, sayuran berwarna, dan buah lokal.
  • Protein: Ayam tanpa kulit, ikan, telur, kalkun, daging sapi tanpa lemak, tahu, jamur, dan kedelai.
  • Produk susu: Susu rendah lemak, yoghurt rendah lemak, keju dalam jumlah terbatas.
  • Rempah-rempah: Daun ketumbar, daun mint, rosemary, thyme, jahe, bawang putih, bubuk ketumbar, bubuk jinten, bubuk cabai, dan garam masala.
  • Roti dan biskuit: Multigrain atau terbuat dari gandum utuh.
  • Minyak: Minyak zaitun dan minyak canola, semua dalam jumlah terbatas.
  • Minuman: Jus buah segar, jus sayuran, air kelapa murni, minuman detoks dan smoothie.

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan yang dihindari
Makanan yang dihindari/Foto: Freepik.com/timolina

Ini perlu dicatat, ya, Beauties. Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat kamu melakukan diet apel, beberapa di antaranya:

  • Lemak dan minyak: Minyak babi, mentega, minyak kelapa, dan mayones.
  • Minuman: Jus buah kemasan, air kelapa kemasan, minuman karbonasi, dan alkohol.
  • Protein: Ayam dengan kulit, daging olahan, daging sapi dengan lemak, dan daging babi.
  • Produk susu: Krim keju, susu penuh lemak, dan yoghurt penuh lemak.

Manfaat dan Efek Samping Diet Apel

Manfaat dan efek samping diet apel
Manfaat dan efek samping diet apel/Foto: Freepik.com/jcomp

Makan apel setiap hari dapat bantu mencegah risiko stroke, penyakit jantung, dan menurunkan kadar kolesterol. Diet apel juga dapat membantu mengembalikan metabolisme tubuh.

Namun, perlu diperhatikan juga efek samping yang bisa ditimbulkan dari diet apel. Untuk kamu yang terbiasa konsumsi banyak kalori, mungkin akan merasakan perubahan suasana hati karena diet ini sulit dilakukan saat dua hari pertama. Selain itu, mungkin kamu akan mudah merasa lemah dan mengantuk.

Apakah Diet Apel Efektif?

Efektivitas diet apel
Efektivitas diet apel/Foto: Freepik.com/Lifestylememory

Diet apel ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan sebanyak 3 kilogram dalam waktu singkat. Tapi, diet ini hanya mengurangi kadar air dalam tubuh. Kalau kamu berniat untuk menghilangkan lemak, sangat disarankan untuk melakukan olahraga dan diet lain.

Diet apel hanyalah cara untuk mendetoksifikasi dan melepaskan racun sehingga sistem tubuh dapat dipompa lebih lanjut untuk menurunkan berat badan. Pastikan juga untuk melengkapi diet ini dengan olahraga dan istirahat yang cukup.

Selain itu, alangkah baiknya kamu konsultasi dulu pada dokter jika ingin melakukan diet apel ini ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id