sign up SIGN UP

4 Ide Olahan Pisang untuk Menu Diet Sehat dan Enak, Tenang Gampang Dibuat Kok!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 07:30 WIB
4 Ide Olahan Pisang untuk Menu Diet Sehat dan Enak, Tenang Gampang Dibuat Kok!
caption

Buah pisang mengandung banyak kebaikan di dalamnya. Dalam satu buah pisang mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, serat, dan magnesium.

Selain itu, pisang baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Buah satu ini sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet. Karbohidrat di dalamnya 2x lebih banyak dibanding buah apel.

Namun, untuk mengonsumsi buah pisang saat diet bisa dengan berbagai olahan, lho. Biar diet kamu nggak gitu-gitu aja, yuk cobain berbagai resep olahan pisang untuk menu diet, Beauties.

Mengutip dari berbagai sumber salah satunya Eat This Not That, yang ditulis oleh seorang analisis dan pemeriksa perincian nutrisi menu. Berikut beberapa resep olahan pisang yang dapat Beauties buat di rumah untuk menu diet. Simak yuk!

1. Banana Pancakes

Olahan pisang dijadikan pancakes
Banana Pancakes/ Foto: Freepik.com/topntp26

Olahan pisang yang cukup sederhana membuatnya adalah banana pancakes dengan tambahan blueberry. Pancakes sangat mudah dibuat sebagai menu sarapan. Jumlah kalori per saji sekitar 230, cocok untuk di re-cook saat menjalani diet.

Dengan bahan berupa pisang dan blueberry yang haluskan menggunakan garpu, dicampur hingga merata. Lalu, dimasak di atas dry pan atau bisa menggunakan sedikit minyak. Untuk topping, Beauties, dapat memberikan tambahan madu diatasnya sebagai pelengkap.

2. Banana Oatmeal Bowl

Olahan pisang disajikan dengan oatmeal
Banana Oatmeal Bowl/ Foto: Freepik.com/stockking

Resep olahan pisang dengan menggunakan pisang dan oatmeal, Beauties bisa menjadikan banana oatmeal sebagai menu sarapan atau makan siang. Dengan tambahan selai kacang atau madu untuk pelengkap, membuat resep banana oatmeal semakin enak!

3. Banana Bread

Olahan pisang dijadikan roti rendah kalori
Banana Bread/ Foto: Freepik.com/freepik

Pisang menghasilkan rasa manis alami dan kaya akan nutrisi. Dengan menambahkan biji gandum ke dalam adonan dan kacang-kacangan sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh dalam satu potong roti pisang.

Kandungan kalori di dalamnya sekitar 326 kcal, bagus untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang rendah kalori. Disajikan bersama susu atau disantap dengan tambahan sayuran hijau, banana bread dapat menjadi inspirasi menu olahan pisang untuk diet, lho.

4. Banana Smoothies

Olahan pisang dijadikan smoothies
Banana Smoothies/ Foto: Freepik.com/jcomp

Smoothies merupakan minuman yang terbuat dari buah atau sayur yang dihaluskan dengan blender. Tak jarang, smoothies kerap dicampur dengan berbagai minuman seperti low fat milk, almond milk, yogurt, bahkan es krim. Dimana dalam satu gelas banana smoothies mengandung 185 kalori.

Nah, Beauties dapat mengolah pisang dengan campuran produk susu tersebut atau menambahkan pisang dengan buah atau sayur. Smoothies dapat dijadikan menu saran yang mengenyangkan, lho. Apalagi saat sedang menjalankan diet.

Dari deretan olahan pisang di atas, mudahkan cara membuatnya ini, Beauties? Bagaimana, tertarik mencoba buat yang mana dulu nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id