sign up SIGN UP

Waspada Kolesterol Naik Saat Lebaran, Cobain 5 Minuman Ini Biar Tetap Sehat!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 12:30 WIB
Waspada Kolesterol Naik Saat Lebaran, Cobain 5 Minuman Ini Biar Tetap Sehat!
caption
Jakarta -

Salah satu hal yang identik dengan perayaan Lebaran adalah menu-menu makanan khas yang disajikan secara turun temurun. Menu-menu tersebut umumnya, seperti opor ayam, rendang dan lain-lain. Mungkin, Lebaran juga dijadikan sebagai momentum untuk menikmati santapan Lebaran yang belum tentu ada di hari-hari biasa.

Menikmati sajian khas Lebaran sah-sah saja, namun jika berlebihan justru akan membahayakan tubuh. Makanan Lebaran biasanya banyak mengandung minyak atau santan yang dapat menyebabkan kenaikan kolesterol. Kalau sudah seperti ini, masih mau kalap makan?

Mengutip pada laman Medical News Today, terdapat beberapa minuman yang dapatĀ menurunkan kadar kolesterol berlebihan pada tubuh. Jadi, nggak perlu takut lagi menikmati makanan Lebaran yang banyak mengandung minyak atau santan. Apa saja minuman tersebut? Check this out!

Teh Hijau

Teh hijau dapat menurunkan kolesterol
Teh hijau dapat menurunkan kolesterol/ foto: Freepik.com/ jcomp

Teh hijau mengandung banyak senyawa antioksidan yang baik dikonsumsi untuk mencegah kolesterol. Kandungan yang terdapat pada minuman teh hijau mampu menurunkan kadar lemak jahat pada tubuh.

Agar teh hijau lebih sehat, sebaiknya sajikan dengan less sugar. Kamu bisa mengganti es teh manis biasa dengan teh hijau sebagai pelengkap menu idul fitri yang lebih sehat.

Susu Kedelai

Susu kedelai dapat menurunkan kolesterol
Susu kedelai dapat menurunkan kolesterol/ foto: Freepik.com/ jcomp

Susu kedelai pada dasarnya adalah susu yang rendah kalori. Selain itu, susu kedelai juga termasuk susu dengan kandungan protein tinggi. Mengonsumsi susu kedelai baik untuk mengontrolĀ lemak jahat atau kolesterol dalam tubuh, sehingga susu kedelai baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi atau pencegahan kolesterol. Kamu bisa mengganti produk susu biasa dengan susu kedelai agar lebih sehat.

Minuman Oat

Minuman oat dapat menurunkan kolesterol
Minuman oat dapat menurunkan kolesterol/ foto: Freepik.com/ freepik

Oat tidak hanya bisa dijadikan makanan saja, melainkan bisa disajikan dalam bentuk minuman. Oat mengandung betaglucan yang baik untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Minuman ini cocok dikonsumsi untuk sajianĀ menu Lebaran sebagai dessert.

Jus Tomat

Jus tomat dapat menurunkan kolesterol
Jus tomat dapat menurunkan kolesterol/ foto: Freepik.com/ azerbaijan_stockers

Tomat salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang dapat menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh. Minuman sehat dan enak ini, tidak hanya vitamin C, tomat yang disajikan menjadi jus juga memiliki efek baik untuk tubuh, terutama dalam menangani lemak jahat atau kolesterol.

Jus tomat baik dalam melakukan penyerapan lemak jahat, sehingga lemak tersebut tidak menumpuk pada tubuh yang dapat berakibat pada kenaikan kolesterol hingga obesitas.

Bubuk Kokoa

Bubuk kokoa dapat menurunkan kolesterol
Bubuk kokoa dapat menurunkan kolesterol/ foto: Freepik.com/ jcomp

Bubuk kokoa atau dark chocolate merupakan salah satu jenis cokelat yang menyehatkan. Bubuk kokoa banyak mengandung senyawa antioksidan. Senyawa tersebut diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Lebih lanjut, minuman bubuk kokoa juga mengandung asam lemak tak jenuh, sehingga cocok dikonsumsi untuk mendukung program diet.

Itulah kelima minuman yang dapat menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol. Minuman-minuman tersebut juga bisa dijadikan rekomendasi untuk menemani santapan Lebaran. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id