sign up SIGN UP

Apa yang Terjadi pada Gula Darah Ketika Meminum Teh? Berbahayakah? Ini Jawabannya, Beauties

Tiara | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 13:30 WIB
Apa yang Terjadi pada Gula Darah Ketika Meminum Teh? Berbahayakah? Ini Jawabannya, Beauties

Beauties, jika berbicara mengenai minuman kesehatan, teh hampir selalu masuk ke dalam daftarnya. Tak jarang kita menemukan pencinta kopi yang beralih mengonsumsi teh saat mereka sedang diet atau menjaga kesehatan. Akan tetapi, apakah benar jika teh adalah minuman sehat yang baik untuk tubuh? Bahkan dikatakan bahwa teh dapat menurunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh. Benarkah demikian?

Melansir dari Eat This, Not That semua teh tidak berarti memberikan dampak positif bagi tubuh terutama gula darah. Sebenarnya belum ada penjelasan yang pasti terkait mengonsumsi teh dengan dampaknya untuk gula darah, karena itu bergantung pada penyajiannya atau bagaimana ketika kita meminumnya.

Teh yang ditambah dengan gula tentu saja dapat meningkatkan gula darah, berbeda jika meminum teh tawar atau tanpa gula yang diketahui mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Sementara itu menurut sumber lain, laman Healthline, teh asli atau teh herbal telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung senyawa tanaman kuat. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa beberapa teh memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk ringankan sakit tenggorokan/freepik/jcompIlustrasi minum teh. /freepik/jcomp/ 

Bagi penderita diabetes, pengaturan gula darah yang ketat sangat penting. Mereka harus memilih makanan serta minuman yang dapat mengoptimalkan kesehatan gula darah. Selain menghindari meminum teh dengan tambahan gula, ternyata teh tawar juga dapat membantu serta menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, lho, Beauties.

Menurut penelitian, dehidrasi dikaitkan dengan kadar gula darah, maka dari itu penting untuk penderita diabetes mengatur asupan cairan setiap harinya. Lalu, teh apa yang sebenarnya baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes maupun yang ingin mengontrol gula darah? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau/Freepik/ededchechine
Ilustrasi Teh Hijau/Freepik/ededchechine

Teh hijau menawarkan banyak manfaat kesehatan, salah satunya bagi penderita diabetes. Mengonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan mengoptimalkan atau mengontrol gula darah. Beberapa senyawa yang terkandung dalam teh ini, salah satunya epigallocatechin gallate telah terbukti merangsang penyerapan glukosa ke dalam sel otot, sehingga mampu mengurangi kadar gula darah.

Teh Hitam

Ilustrasi Teh Hitam/Pexels/Hasan Albari
Ilustrasi Teh Hitam/Pexels/Hasan Albari

Teh hitam mengandung senyawa tanaman yang kuat, seperti theaflavin dan thearubigins yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, serta penurun gula darah. Melansir dari Eat This, Not That sebuah studi dari universitas di Thailand menunjukkan bahwa teh hitam adalah agen antidiabetes yang 'menjanjikan' kontrol glikemik, hal itu berarti mampu membantu menurunkan gula darah.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id