sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Kamis, 24 Mar 2022 07:15 WIB
5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!
caption
Jakarta -

Beauties, mungkin kamu pernah mendengar kalimat melakukan hal kecil lebih baik daripada tidak sama sekali”. Yup, hal itu benar adanya, lho! Melakukan beberapa kegiatan atau upaya kecil jauh lebih baik daripada tidak melakukan apapun sama sekali.

Well, prinsip ini juga berlaku saat kamu hendak menurunkan berat badan, nih, Beauties! Kebanyakan orang yang hendak menurunkan berat badan langsung melakukan perubahan yang besar dan drastis namun seringnya berujung pada kegagalan.

Oleh karena itu, ada baiknya melakukan usaha kecil namun konsisten dan berdampak. Apa saja kebiasaan-kebiasaan kecil di pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan? Yuk, cari tahu!

Sarapan dengan Makanan Berprotein Tinggi

5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!
Sarapan/Foto: pexels.com/Denys Gromov

Sarapan dengan makanan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebih sehingga membantu penurunan berat badan. Dilansir dari Healthline, penelitian mengungkapkan bahwa sarapan berprotein tinggi mengurangi keinginan makan dan ngemil daripada sarapan berprotein normal.

Studi kecil lainnya menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit penambahan lemak dan juga sedikit menimbulkan rasa lapar, dibandingkan dengan sarapan berprotein normal. 

Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk membantu memulai hari dengan baik, pertimbangkan sumber protein seperti telur, yogurt,keju, kacang-kacangan, dan biji chia.

Minum Banyak Air

5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!
Minum Air Mineral/Foto: pexels.com/ Adrienn

Memulai pagi dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Dalam satu penelitian kecil yang dikutip dari Healthline, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air menyebabkan peningkatan rata-rata 30% metabolisme tubuh.

Studi lain menemukan bahwa perempuan kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air mereka menjadi lebih dari 34 ons (satu liter) per hari akan kehilangan 4,4 pon (2 kg) selama satu tahun, tanpa membuat perubahan lain dalam diet atau olahraga rutin mereka.

Berjemur

5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!
Berjemur/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Tahukah kamu bahwa paparan cahaya matahari tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat memiliki pengaruh pada berat badan? Selain itu, paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Beberapa penelitian yang dikutip dari Healthline menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan.

Jumlah paparan sinar matahari yang dibutuhkan dapat bervariasi berdasarkan jenis kulit, musim, dan lokasi. Namun, berjemur di bawah sinar matahari atau duduk di luar ruangan selama 10-15 menit setiap pagi memiliki efek yang baik pada penurunan berat badan.

Olahraga Ringan

5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!
Olahraga Ringan/Foto: pexels.com/Deniel Reche

Berolahraga di pagi hari dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Gula darah rendah dapat menyebabkan banyak gejala negatif, termasuk rasa lapar yang berlebihan. Tidak perlu berlama-lama, kamu hanya perlu menyisihkan waktu setidaknya 10 menit setiap pagi untuk melakukan olahraga dan pemanasan ringan.

Latihan Mindfulness

5 Kebiasaan Kecil di Pagi Hari ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Yuk Mulai dari Sekarang!
Mindfulness/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Mindfulness adalah praktek yang melibatkan fokus penuh pada kondisi saat ini dan membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Praktik ini telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan memotivasi kebiasaan makan yang sehat.

Untuk memulai, cobalah menghabiskan lima menit setiap pagi untuk duduk dengan nyaman di tempat yang tenang untuk melatih praktik ini.

Membuat beberapa perubahan kecil pada kebiasaan pagi bisa menjadi cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan penurunan berat badan. Mempraktikkan kebiasaan sehat di pagi hari juga dapat meningkatkan mood untuk memulai hari.

Untuk hasil terbaik, pastikan kamu menggabungkan kebiasaan pagi ini dengan diet menyeluruh dan gaya hidup sehat serta konsisten dalam melakukannya. Semangat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id