STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Catat! Ini 5 Menu Sarapan yang Harus Dihindari Jika Ingin Punya Tubuh Langsing

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 09 Feb 2022 07:15 WIB
Catat! Ini 5 Menu Sarapan yang Harus Dihindari Jika Ingin Punya Tubuh Langsing

Bagi sebagian orang, sarapan adalah waktu makan yang sering kali di-skip alias dilewatkan begitu saja karena berbagai alasan, entah sibuk, tidak lapar, dan sebagainya. Padahal, sarapan adalah salah satu waktu makan terpenting, terutama jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh langsing.

Namun yang harus diperhatikan, pilihlah menu sarapan pagi yang kaya akan serat dan protein. Menurut penelitian, mengonsumsi sekitar 30 gram protein saat sarapan akan membuat kamu merasa lebih kenyang sehingga terhindar dari makan berlebih.

Lantas, menu sarapan apa saja yang harus dihindari saat diet agar tubuh langsing? Merangkum dari Eat This! Not That, yuk cari tahu!

Donat

DonutDonat/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Selain lezat, sarapan dengan hidangan makanan manis seperti donat memang terbilang praktis. Namun, jika kamu sedang menurunkan berat badan, sebaiknya hindari konsumsi donat saat sarapan, ya!

Bukan hanya kandungan kalori yang tinggi yang membuat donat menjadi menu sarapan yang tidak direkomendasikan. Donat mengandung banyak gula tambahan, lemak tidak sehat yang muncul saat proses penggorengan, dan kadar serat yang rendah. Alih-alih donat, pilihlah makanan kaya serat yang membuat kamu merasa lebih kenyang dan membantu mencegah makan berlebihan yang dapat menggagalkan diet.

Yogurt dengan Pemanis

yogurt oat & buahYogurt/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Yogurt menjadi makanan yang sering disarankan untuk dikonsumsi saat diet, termasuk pada saat sarapan. Kini ada begitu banyak jenis yogurt yang bisa kamu dapatkan di pasaran, namun biasanya mengandung gula tambahan dengan jumlah tinggi. Jika tidak ingin diet sia-sia, hindari yogurt dengan pemanis tambahan.

"Ide yang lebih baik adalah membeli yogurt tawar (protein tinggi) dan menambahkan buah segar atau buah kering tanpa pemanis. Jika Anda membutuhkan lebih banyak rasa manis, Anda bisa menaburkan sedikit madu di atasnya, kata Jinan Banna, seorang konsultan nutrisi.

Muffin

Resep muffin beragam rasa/freepik.comMuffin/Foto: Freepik

Sama halnya seperti donat, muffin menjadi menu sarapan andalan bagi sebagian orang karena praktis, lezat, dan dianggap cukup mengenyangkan. Namun sebenarnya, muffin mengandung lebih banyak kalori dan sangat sedikit protein.

Ini akan mendorong kamu untuk ngemil atau makan berlebih sepanjang hari. Akibatnya, upaya menurunkan berat badan pun gagal. Pastikan bahwa komponen penting dari sarapan yang bisa membantu menurunkan berat badan terpenuhi, yaitu keseimbangan antara protein, serat, lemak sehat, dan karbohidrat. 

Roti Panggang dengan Mentega

roti putih mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga ketika kamu memanggangnya, hal ini akan melonjakkan kadar gula darahmu.Roti panggang/Foto: Freepik

Menjadi menu sarapan banyak orang, roti panggang dengan mentega memang sangat lezat disantap pada pagi hari sembari ditemani secangkir teh atau kopi. Namun ternyata, roti panggang rendah protein dan serat, nih, Beauties! 

"Roti panggang sangat bagus untuk dipasangkan dengan makanan sarapan lainnya, tetapi jika hanya roti panggang saja tanpa menu lainnya akan tidak mengenyangkan dan rendah protein dan serat," kata Hannah Byrne, seorang ahli gizi.

Sereal Manis

Sereal enggak baik dikonsumsi saat sarapan sebab makanan ini mengandung gula, rendah serat, dan proteinSereal/Foto: Freepik

Selain roti panggang, sereal juga menjadi menu sarapan yang digemari banyak orang. Namun menurut ahli diet Jeanette Kimszal, kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsi sereal sebagai menu sarapan ketika sedang menurunkan berat badan. Sebab, sereal akan menambah asupan gula namun sedikit protein dan serat pada tubuh. 

Selain itu, menurut Cleveland Clinic, mengonsumsi terlalu banyak olahan gula secara teratur dapat menimbulkan berbagai penyakit. Mulai dari diabetes tipe 2, lonjakan glukosa, dan kelebihan cadangan lemak.

Itulah beberapa menu sarapan yang harus kamu hindari jika sedang menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh langsing. Selain itu, pastikan jangan melewatkan sarapan ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE