STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tak Selalu Mengurangi Konsumsi Lemak, Tips Diet Ini Bisa Kamu Coba untuk Empas Perut Buncit

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Sabtu, 19 Mar 2022 15:30 WIB
Tak Selalu Mengurangi Konsumsi Lemak, Tips Diet Ini Bisa Kamu Coba untuk Empas Perut Buncit

Memiliki badan yang ideal adalah impian semua orang. Dimulai dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, hingga melakukan treatment-treatment khusus diet.

Tak jarang, anggapan sehat selalu tentang tubuh langsing semampai. Padahal, semua itu bisa didapatkan dari kebiasaan sehari-hari. Dimulai dari konsumsi makanan sehat.

Sampai sekarang sudah beragam tips diet yang pernah kamu dengar. Ada yang metode sederhana hingga menyiksa. Namun, nyatanya tidak semua cara ini berhasil dilakukan.

Bisa jadi karena terlalu fokus mengurangi lemak hingga lupa bahwa masih banyak faktor lain yang menyebabkan berat badan sulit turun. Nah, untuk itu, di bawah ini sudah dirangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. 

Mengukur Volume Makanan

Ilustrasi Timbangan
Ilustrasi timbangan/Foto: freepik.com/jcomp

Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar bisa menyebabkan perut cepat kenyang walaupun jumlah kalori yang dikonsumsi sedikit. Artinya, sebelum kamu melakukan diet disarankan untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan.

Tips diet ini juga berdasarkan pendapat Barbara Rolls, Ph.D., pada Byride.com, diet harus berfokus pada makan dengan jumlah besar tapi memiliki energi kecil dan jumlah makanan kecil dengan energi tinggi.

Semua ini disebabkan oleh kepadatan energi yang berhubungan dengan jumlah kalori untuk makanan tertentu. Cara ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena ketika makanan kamu jumlahnya besar, maka bisa memicu perut buncit yang menyebabkan kekenyangan walaupun konsumsi kalori kamu sedikit.

Bagi Makanan Menjadi 4 kategori

Ilustrasi Makanan
Ilustrasi lagi makan/Foto: freepik.com/jcomp

Tujuan membagi makanan menjadi 4 kategori supaya kamu mudah menentukan makanan mana yang harus dimakan terlebih dahulu. Caranya seperti berikut in:

Kategori pertama

Makanan dengan jumlah air yang banyak seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan berkuah. 

Kategori kedua

Makanan yang banyak serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan protein.

Kategori ketiga

Makanan dengan lemak sedang seperti daging dan roti.

Kategori keempat

Makanan yang boleh dimakan dalam porsi kecil seperti kue kering, permen, dan makanan yang dipanggang.

Batasi Kalori Makanan

Ilustrasi
Ilustrasi alat makan/Foto: freepik.com/jcomp

Secara umum, kalori yang dibutuhkan perempuan dewasa adalah 2000 kalori. Sedangkan kalori yang dikonsumsi orang diet sekitar 1500 kalori per-hari. Artinya kamu harus bisa mengurangi hingga 500 kalori setiap harinya. 

Tujuan dari membatasi kalori makanan ialah supaya jumlah kalori yang kamu makan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa membuat kamu merasa kelaparan. Tentunya berdasarkan dengan kebutuhan tubuh setiap individu ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE