sign up SIGN UP

5 Langkah Perkuat Perlindungan Diri dari Varian Baru Virus Corona Omicron

Novianty Aulia | Sabtu, 15 Jan 2022 13:30 WIB
5 Langkah Perkuat Perlindungan Diri dari Varian Baru Virus Corona Omicron
Panduan pakai masker buat bantu mencegah penyebaran varian covid omicron/freepik/tirachardz

Masuknya varian baru Omicron tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam mempertahankan ketahanan tubuh. Omicron sendiri pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan diketahui varian baru tersebut memiliki resiko penularan yang lebih tinggi dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Sebelum rasa panik melanda, cobalah untuk memfokuskan diri terhadap langkah apa yang bisa dilakukan untuk memerangi virus tersebut. Agar tidak mudah tertular, berikut Beautynesia merangkum 5 langkah perkuat perlindungan diri dari varian baru Omicron:

Memperhatikan Peta Penyebaran Virus di Setiap Tempat

Sebelum berpergian untuk beraktivitas, lakukan pengecekan berkala terhadap peta penyebaran virus di lokasi yang ingin kamu tuju.
Rutin mengecek peta penyebaran virus/Foto:Freepik.com/Mego-studio


Terikat rutinitas keseharian yang tidak bisa ditunda memaksa kamu harus selalu berpindah dan bertemu dengan orang banyak di tempat-tempat tertentu. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk rutin melalukan pengecekan terhadap peta penyebaran virus di tempat yang akan kamu datangi.

Ya, berbeda tempat, berbeda pula tingkat penyebaran virus di lokasi tersebut. Semakin tinggi tingkat penyebaran maka semakin besar pula resiko penularan yang dapat mengancam kesehatanmu.

Dengan mengetahui peta penyebaran virus, kamu dapat menyesuaikan bentuk perlindungan yang sesuai dengan tinggi dan rendahnya tingkat penularan di tempat tertentu.

Selektif dalam Memilih Jenis Makser

Menggunakan jenis masker sesuai dengan anjuran.
Perhatikan jenis bahan pada masker yang digunakan/Foto:Freepik.com/Pvproductions


Berkembangnya virus baru diikuti pula oleh resiko penularan yang lebih tinggi dari virus sebelumnya. Mengutip dari laman Centers for Disiase Control and Prevention, virus baru Omicron diketahui lebih mudah menular dibandingkan dengan varian Delta dan oleh karena itu dibutuhkan jenis masker yang lebih khusus untuk perlindungan diri.

Dari sekian banyak masker yang semakin mudah untuk ditemukan, ada baiknya kamu memilih masker dengan jenis KN 95 sebagai bentuk perlindungan kuat dalam menyaring partikel virus yang bisa masuk ke dalam hidung dan mulut, seperti yang dilansir dari laman USA Today.

Penelitian dari Duke University juga menemukan hasil bahwa masker bedah sekali pakai menawarkan proteksi yang sama besarnya terhadap varian baru Omicron.

Menjalankan Protokol Kesehatan dengan Tepat

Selalu menjalankan segala kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar.
Patuh terhadap protokol kesehatan/Foto:Freepik.com/Freepik


Melonggarnya peraturan pada aktivitas fisik di luar ruangan kerap kali menjadi alasan kamu lalai dan mengabaikan protokol kesehatan yang seharusnya dipatuhi dengan taat.

Beauties, ketentuan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak harus selalu dilakukan di manapun dan kapanpun sebagai bentuk pencegahan dari diri sendiri.

Ikuti pula program vaksin dengan dosis yang sesuai sebagai dukungan dari usaha pemerintah dalam menghadang virus untuk membentuk kekebalan tubuh di setiap individu.

Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Selalu penuhi kebutuhan air dalam tubuh agar sistem imun meningkat sehingga tidak mudah sakit
Jaga daya tahan tubuh dengan pemenuhan kebutuhan air/Foto:Freepik.com/Azerbaijan_stockers


Meskipun tidak secara langsung melawan virus, air tetap memegang peranan penting yang wajib untuk dipenuhi tubuh. Sebuah studi di University of California menyebut, sistem kekebalan tubuh bergantung dari pemenuhan kebutuhan air yang membawa nutrisi ke dalam darah.

Fungsi organ-organ dalam juga ikut terpengaruhi karena sebagian besar kandungan tubuh ialah air. Berkaca dari kondisi pandemi di mana penyebaran virus dapat mudah menular maka penting bagi kamu untuk menguatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari ancaman penyakit.

Selain peningkatan kekebalan, konsumsi lebih banyak air dapat mendukung gerak tubuh sehingga tetap produktif dan terjaga di tengah pandemi.

Tingkatan Kualitas Tubuh serta Mental dengan Rutin Berolahraga

Memanfaatkan waktu luang untuk berolahraga.
Rutin berolahraga di kala senggang/Foto:Freepik.com/Benzoic


Tidak cukup hanya berfokus pada kesehatan tubuh, kondisi kesejahteraan mental juga amat penting untuk diperhatikan. Kesehatan mental yang terbengkalai dapat melahirkan perasaan cemas yang justru mengganggu sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah terjangkit virus yang menular.

Beauties, olahraga menjadi kunci sederhana yang bisa lakukan guna menjaga kesehatan tubuh serta mental sekaligus. Mengutip laman Medical News Today, orang-orang yang terbiasa berolahraga menunjukkan kualitas mental serta tubuh yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang kurang aktif bergerak.

Oleh karenanya, manfaatkanlah waktu senggang untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti bersepeda, berjalan kaki atau sekedar meditasi di dalam rumah. Kesejahteraan mental serta tingkat kebugaran pun terjaga sehingga terbentuk perlindungan yang kuat untuk melawan virus.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id