sign up SIGN UP

5 Manfaat Rebung Si Bambu Muda yang Sering Dibuang Percuma, Beneran Cocok untuk Diet?

Cynthia Claudia | Beautynesia
Minggu, 12 Jun 2022 14:00 WIB
5 Manfaat Rebung Si Bambu Muda yang Sering Dibuang Percuma, Beneran Cocok untuk Diet?
caption

Rebung merupakan sayuran yang mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia, termasuk di Indonesia.

Mengutip CNN Indonesia, rebung merupakan tunas bambu muda yang berasal dari hutan tradisional di China, yang tumbuh selama lebih dari 2,500 tahun lalu. 

Rebung dijadikan sebagai salah satu makanan kesehatan karena mengandung nutrisi yang berlimpah. Berikut adalah manfaat rebung yang jarang diketahui, yang telah diangkum dari berbagai sumber. 

1. Menurunkan Kolesterol

manfaat rebung
manfaat rebung/ Foto: Pexels.com/ Polina T.

Menurut sebuah jurnal Nutrition yang dilansir dari detikFood, manfaat rebung yang pertama adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Orang yang mengonsumsi rebung selama 6 hari berturut-turut, kadar kolestrolnya menurun hingga angka 16.1mg/dl. 

Rebung membantu menurunkan kolesterol karena mengandung asam lemak yang baik. Setiap 120 g rebung mengandung asam lemak omega 3 sebesar 18jg dan asam lemak omega 6 sebesar 99.6 mg. 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

manfaat rebung
manfaat rebung/ Foto: Pexels.com/ Ketut S.

Manfaat mengonsumsi rebung yang kedua adalah membantu melancarkan sistem pencernaan, karena mengandung serat yang berlimpah. Sehingga, terhindar dari kesulitan buang air besar. Tiap 120 g rebung ternyata mengandung serat sekitar 1.2 g. 

3. Mengandung Nutrisi yang Berlimpah 

manfaat rebung
manfaat rebung/ Foto: cnnindonesia.com

Rebung mengandung nutrisi yang berlimpah, sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan diet. Mengutip detikFood, rebung mengandung serat, kalium, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, dan zat besi. 

120 g rebung mengandung sekitar 24 mg fosfor, 640mg potassium, dan 288 mg sodium. Rebung juga menjadi makanan yang cocok dikonsumsi orang yang memiliki gaya hidup atau pola makan tidak teratur.

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat rebung/ Foto: Pexels.com/ Polina T.
manfaat rebung/ Foto: Pexels.com/ Polina T.

Selain menurunkan kolesterol jahat, rutin mengonsumsi rebung juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta melancarkan peredaran darah. Ini karena rebung mengandung tingkat potassium yang tinggi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat rebung
manfaat rebung/ Foto: Pexels.com/ Ketut S.

Melansir CNN Indonesia, 100 g rebung juga mengandung kadar gula yang rendah, sekitar 2.5% lebih rendah dibandingkan sayuran lainnya. Selain itu, kandungan air dalam 100 g rebung juga kurang lebih mencapai 90%. Sedangkan untuk kalorinya, 100 g rebung hanya terkandung 27 kalori saja. Rendah banget kan kalorinya?

Ini menunjukkan bahwa rebung juga bermanfaat dalam proses penurunan beran badan. Kandungan kalori, gula, karbohidrat, dan lemak dalam rebung pasalnya sangatlah kecil.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id