STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Manfaat Rutin Konsumsi Oatmeal yang Jarang Orang Tahu, dari Menjaga Kolestrol hingga untuk Diet!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Selasa, 18 Oct 2022 15:30 WIB
5 Manfaat Rutin Konsumsi Oatmeal yang Jarang Orang Tahu, dari Menjaga Kolestrol hingga untuk Diet!

Menjaga pola asupan makanan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memulai hidup sehat. Oatmeal menjadi salah satu makanan sehat yang bebas gluten, memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Oatmeal dapat dikonsumsi di pagi hari ketika sarapan. Makanan ini juga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Dilansir dari Healthline, kira-kira manfaat apa aja sih mengonsumsi oatmeal? Berikut penjelasannya!

1. Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah / foto : pexels.com/Photomixcompany
Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah / foto : pexels.com/Photomixcompany

Mengonsumsi oatmeal dapat membantu menurunkan kadar gula darah terutama bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan penderita diabetes tipe 2. Kandungan serat beta-glucan dalam oatmeal dapat menunda penyerapan gula ke dalam darah, serta dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa, pola makan dengan mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik dapat menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dapat Menurunkan Berat Badan / foto : pexels.com/SHVETSproduction
Dapat Menurunkan Berat Badan / foto : pexels.com/SHVETSproduction

Oatmeal merupakan makanan yang dapat disajikan dengan tambahan makanan lainnya dan tentunya oatmeal juga sangat mengenyangkan. Mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dapat membantumu makan lebih sedikit dan hal ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan beta-glutan dalam oatmeal dapat mengontrol tingkat rasa lapar dan meningkatkan produksi hormon kenyang. Kandungan karbohidrat sehat dalam oatmeal dapat menyuplai energi yang cukup sehingga kamu tidak akan merasa lelah ketika sedang diet dan hanya mengonsumsi oatmeal di pagi hari. 

3. Dapat Membantu Merawat Kulit

Dapat Membantu Merawat Kulit / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Dapat Membantu Merawat Kulit / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Dalam sejarah, sebelum oatmeal kini banyak digunakan dibeberapa skincare oatmeal digunakan sebagai pengobatan gatal dan iritasi pada berbagai kondisi kulit. Tak hanya itu, oatmeal juga dapat memperbaiki gejala eksim yang membuat kulit menjadi tidak nyaman.

Manfaat perawatan kulit ini digunakan dengan cara dioleskan ya, bukan dikonsumsi. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian kamu bisa menggunakannya sebagai masker atau lulur di bagian tubuh yang terdapat masalah kulit. 

4. Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol / foto : pexels.com/Pixabay
Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol / foto : pexels.com/Pixabay

Oatmeal memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol karena oatmeal memiliki kandungan kaya serat larut. Serat larut ini dapat menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Mengonsumsi oatmeal juga dapat menyerap kolesterol yang terdapat pada usus. Dilansir dari detikFood, kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral dalam oatmeal dapat menyerap kolesterol dalam usus dan membawa keluar melalui saluran pencernaan.

Tenang saja, dengan mengonsumsi oatmeal kolesterol baik tidak akan terpengaruh ketika kolesterol buruk diserap. Oatmeal hanya menyerap kolesterol buruk dan kadar kolesterol baik tidak akan menurun dan meningkat. 

5. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Asma pada Anak-anak

Dapat Membantu Mengurangi Risiko Asma pada Anak-anak / foto : pexels.com/GustavoFring
Dapat Membantu Mengurangi Risiko Asma pada Anak-anak / foto : pexels.com/GustavoFring

Asma merupakan penyakit kronis yang umum terjadi pada anak-anak. Penyakit ini merupakan penyakit gangguan inflamasi pada saluran udara, yang mana dengan mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi risiko penyakit asma dan rhinitis alergi. Menurut beberapa ahli, disarankan agar memperkenalkan oatmeal kepada anak sejak usia 6 bulan. 

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi oatmeal yang ternyata jarang diketahui. Jika kamu tidak menyukai rasa oatmeal yang hambar, kamu bisa menyajikannya dengan beberapa cara, seperti menambahkan potongan buah atau membuatnya menjadi smoothies atau roti sehat. Tidak hanya mengonsumsi oatmeal saja tubuhmu akan menjadi sehat, tetapi pola hidup sehat lainnya juga perlu diterapkan ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE