sign up SIGN UP

5 Waktu Terburuk Minum Kopi yang Sebaiknya Segera Dihindari, Pecinta Kopi Catat Ya!

Zeyra Haya | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 10:00 WIB
5 Waktu Terburuk Minum Kopi yang Sebaiknya Segera Dihindari, Pecinta Kopi Catat Ya!
Waktu Terburuk Minum Kopi yang Sebaiknya Segera Dihindari/Foto: iStock

Untuk menemani bekerja, kopi menjadi minuman yang sangat tepat. Berbagai jenis kopi mulai dari kopi hitam ataupun kopi susu menjadi minuman favorit semua kalangan.

Kebiasaan minum kopi banyak dilakukan karena dipercaya dapat menghalau rasa kantuk. Namun selain itu, kopi juga memiliki banyak manfaat seperti dapat meningkatkan keterampilan kognitif, membantu pencernaan, dan berperan sebagai anti-inflamasi.

Ini Waktu Terburuk untuk Minum Kopi Menurut Ahli Diet

Meskipun minum kopi memiliki banyak manfaat, tapi konsumsi kopi berlebihan justru akan membahayakan kesehatan. Kita perlu mengatur waktu dan takaran kopi yang kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Beauties, tahukah kamu bahwa kita tidak boleh meminum kopi di sembarang waktu? Tidak semua waktu diperbolehkan untuk minum kopi karena justru akan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

Melansir dari Eat This Not That, para ahli diet mengatakan beberapa waktu terburuk minum kopi berikut inilah yang harus kita hindari. Simak yuk!

1. Sore Hari

Waktu yang tidak tepat untuk mengkonsumsi kopi, salah satunya minum kopi di siang hari/Foto: pexels.com/Pixabay
(Waktu yang tidak tepat untuk mengkonsumsi kopi, salah satunya minum kopi di sore hari/Foto: pexels.com/Pixabay)

Kebiasaan minum kopi yang sering kita lakukan adalah di sore hari. Namun ternyata, sore hari merupakan salah satu waktu minum kopi yang patut dihindari.

Meminum kopi di sore hari akan membuat jadwal tidur kamu terganggu. Terlebih kita juga cenderung meminum kopi dingin, yang mana kafeinnya lebih tinggi dan efek kopi akan lebih bertahan lama.

2. Ketika Minum Kopi Lebih dari 2 Gelas

Meski memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi kopi berlebihan juga tidak dianjurkan. Hindari konsumsi kopi lebih dari dua gelas per hari/Foto: pexels.com/Marta Dzedyshko
(Meski memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi kopi berlebihan juga tidak dianjurkan. Hindari konsumsi kopi lebih dari dua gelas per hari/Foto: pexels.com/Marta Dzedyshko)

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein tinggi. Oleh sebab itu, kita boleh minum kopi asal tidak berlebihan. Meminum kopi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh kamu.

Batas minum kopi yang wajar hanya sampai 2 gelas saja. Jika lebih dari itu akan menyebabkan dehidrasi. Maka saat sudah mengonsumsi 2 gelas kopi, sebaiknya hindari meminum kopi di waktu yang berdekatan.

3. Ketika Perut Kosong

Waktu yang paling tidak tepat untuk mengkonsumsi kopi, salah satunya saat belum makan. Bisa membahayakan kesehatan pencernaan/Foto: pexels.com/Rodolfo Quirós
(Waktu yang paling tidak tepat untuk mengkonsumsi kopi, salah satunya saat belum makan. Bisa membahayakan kesehatan pencernaan/Foto: pexels.com/Rodolfo Quirós)

Kebiasaan minum kopi yang sering kita lupakan lagi adalah minum kopi di saat perut kita belum terisi apa-apa. Padahal waktu terburuk minum kopi adalah pada saat perut kosong, karena akan membuat perut tidak nyaman bahkan menimbulkan kembung.

Dengan keasaman kopi, jika perut kosong akan menyebabkan masalah refluks, mulas atau sakit perut. Jadi, sangat penting untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum meminum kopi.

4. Ketika Kadar Kolesterol Tinggi

Jangan minum kopi saat kolesterol tinggi. Karena justru dapat memperburuk kondisi kesehatan/Foto: pexels.com/mentatdgt
(Jangan minum kopi saat kolesterol tinggi. Karena justru dapat memperburuk kondisi kesehatan/Foto: pexels.com/mentatdgt)

Tidak dianjurkan bagi pecinta kopi untuk meminum kopi di kala kadar kolesterol sedang tinggi. Perlu diketahui, kopi yang disaring, kopi tanpa filter, atau frech press dapat meningkatkan kolesterol dan memperparah kondisi kesehatan tubuh.

Sebaiknya, jika kamu punya riwayat kolesterol pertimbangkan dulu untuk meminum kopi. Jika kamu sangat ingin minum kopi tapi memiliki kolesterol tinggi, tunggu sampai kadar kolesterol turun atau rendah terlebih dahulu ya, Beauties.

5. Dikonsumsi Setiap Hari

Hindari konsumsi kopi berlebihan. Para ahli kesehatan melarang konsumsi kopi setiap hari/Foto: pexels.com/Pixabay
(Hindari konsumsi kopi berlebihan. Para ahli kesehatan melarang konsumsi kopi setiap hari/Foto: pexels.com/Pixabay)

Kafein pada kopi memang dapat memicu kecanduan, untuk itu perlu adanya pembatasan dari diri masing-masing. Berlebihan minum kopi apalagi dilakukan setiap hari akan berdampak buruk bagi kesehatan.

"Masalahnya adalah tubuh kita beradaptasi dengan efeknya dan membutuhkan peningkatan dosis untuk mendapatkan efek yang sama, sampai akhirnya menyebabkan kelelahan dan kelelahan," kata Davar, seorang ahli diet.

Davar juga menyarankan untuk minum kopi sebaiknya 4-5 hari dalam seminggu, serta sesekali mengganti minuman dengan matcha atau teh hijau bila memungkinkan.

Sementara mengutip dari detikFood, meminum kopi setiap hari akan menimbulkan berbagai efek samping seperti mengubah hormon, merusak jam tidur dan lain sebagainya.

Beauties, itulah beberapa waktu minum kopi yang sebaiknya kita hindari karena justru dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id