sign up SIGN UP

Supaya Cepat Sembuh, Hindari 4 Jenis Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Sakit

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 09:45 WIB
Supaya Cepat Sembuh, Hindari 4 Jenis Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Sakit
Foto : Makanan dan Minuman yang Harus dihindari saat Sakit/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cuaca yang berubah-ubah seperti saat ini membuat imunitas tubuh kita menjadi melemah yang pada akhirnya membuat kita mudah terjangkit penyakit. Selain mengkonsumsi obat-obatan tertentu, beberapa makanan seperti sup ayam atau minuman jahe dapat membuat kita merasa lebih baik. 

Bukan hanya makanan yang harus dikonsumsi ketika sakit, ada juga makanan atau minuman yang sebaiknya kita hindari saat sakit supaya lebih cepat sembuh dan obat yang kita konsumsi dapat bekerja dengan optimal. 

Melansir dari beberapa sumber, berikut makanan atau minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama sakit: 

1. Kopi

Minuman Kopi
Minuman Kopi/Foto : pexels.com/Doğan Buruk

Mengutip dari laman Callahan Clinic, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat membuat tubuh dehidrasi dan berdampak pada kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri atau virus. 

Daripada kopi, kamu bisa konsumsi jahe atau teh hijau untuk meringankan beberapa gejala penyakit, seperti sakit tenggorokan atau pilek karena mengandung antioksidan yang tinggi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

2. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda
Minuman Bersoda/Foto : pexels.com/Artem Beliaikin

Sama seperti kopi, minuman bersoda juga dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan kandungan gula pada minuman bersoda juga dapat mengganggu sistem pencernaan yang menyebabkan kembung, diare, atau kram perut. Demikian yang dilansir dari laman Women's Health.

Dengan kata lain, ketika sedang mengalami gangguan pencernaan dan mengkonsumsi minuman bersoda dapat memperparah gejala yang tengah kamu alami. Sebaliknya, mengkonsumsi air putih hangat bisa menjadi opsi terbaik untuk meredakan gejala sakit perut. 

3. Makanan Manis 

Makanan Manis
Makanan Manis/Foto : pexels.com/Kristina Paukshtite

Makanan manis dapat meningkatkan peradangan pada tubuh dan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk bekerja dengan optimal untuk melawan bakteri atau virus penyebab penyakit, demikian seperti yang dilansir dari laman Insider. 

Makanan manis yang mengandung gula juga cenderung membuat sistem pencernaan terganggu dan menyebabkan diare. Hal ini disebabkan gula akan mengurangi cairan keluar dari sistem pencernaan. 

4. Makanan Berminyak 

Makanan Berminyak
Makanan Berminyak/Foto : pexels.com/Jonathan Borba

Melansir dari laman Eat This, makanan berminyak atau gorengan mengandung lemak yang tinggi dan dapat meningkatkan peradangan yang sudah terjadi. Selain itu, makanan berminyak akan lebih lama dicerna oleh tubuh. 

Hal ini dapat membuat tubuh bekerja lebih keras dan menyebabkan asam lambung atau muntah. 

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id