sign up SIGN UP

Dear Pecinta Kopi, Menurut Ahli Ini Efek Samping Terlalu Sering Minum Espresso!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 06:15 WIB
Dear Pecinta Kopi, Menurut Ahli Ini Efek Samping Terlalu Sering Minum Espresso!
caption

Beauties, apakah kamu termasuk pecinta kopi? Baik itu minum kopi di rumah atau di coffee shop. Memang, kopi dapat menjadi teman ngobrol yang sangat cocok saat berbincang dengan orang lain.

Apalagi waktu lagi nongki santai di cafe, rasanya nggak pengin berhenti nyeruput kopi, kan? Namun, kamu harus memerhatikan efek samping dari terlalu sering mengonsumsi espresso yang menjadi bagian dari kopi lho!

Dilansir dari detikFood, ini dia deretan efek samping yang mengintai jika kamu terlalu sering mengkonsumsi espresso. Simak yuk!

1. Mengganggu Kualitas Tidur

Mengganggu Kualitas Tidur
Mengganggu Kualitas Tidur/Foto: Freepik.com/Benzoix

Efek samping terlalu sering minum espresso yang pertama yaitu dapat mengganggu kualitas tidur. Kafein kopi juga akan membuat tidur menjadi tidak nyaman dan menimbulkan kegelisahan.

Kafein pada kopi terkenal bisa membuat orang terjaga lebih lama. Maka dari itu, untuk menghindari efek tersebut, seorang ahli diet Lisa R. Young, PhD, RDN menyarankan untuk menghindari kopi di waktu sore.

2. Membuat Gelisah

Membuat Gelisah
Membuat Gelisah/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Efek samping berikutnya dari mengonsumsi kafein adalah dapat menyebabkan kecemasan. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kecemasan dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang menyebabkan kelelahan.

Selain itu, kecemasan ini terjadi ketika asupan kafein cukup tinggi atau kuat. Seseorang dengan gangguan panik serta kecemasan sosial lebih sensitif terhadap efek kafein.

3. Meningkatkan Detak Jantung

Meningkatkan Detak Jantung
Meningkatkan Detak Jantung/Foto: Freepik.com/8photo

Meningkatkan detak jantung juga merupakan salah satu bahaya terlalu sering mengonsumsi espresso. Asupan kafein yang berlebihan dapat meningkatkan detak jantung, bahkan mengubah ritme detak jantung kamu.

Hal ini umumnya dikenal sebagai fibrilasi atrium. Efek ini umumnya terjadi pada anak muda yang mengonsumsi minuman berenergi dengan kandungan kafein dosis sangat tinggi.

4. Risiko GERD

Risiko GERD
Risiko GERD/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Dilansir dari detikFood, sebuah penelitian oleh JAMA Intern Med, menjelaskan bahwa mengonsumsi kopi berlebihan dapat meningkatkan risiko terserang GERD.

Salah satu gejala yang paling umum adalah mulas, atau sensasi terbakar di sekitar dada dan epigastrium. Bahkan dalam kondisi tertentu, penderita GERD mengalami kesulitan menelan makanan hingga mengalami batuk atau sesak napas.

5. Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Foto: Kebiasaan mencegah kolesterol tinggi/5 Perubahan Gaya Hidup untuk Mencegah Kolesterol Tinggi/freepik.comMenyebabkan Kolestrol/Foto: Freepik.com

Dikutip dari laman The Healthy, kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kopi mengandung cafestol dan kahweol, sejenis minyak yang meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Banyak ahli yang menyarankan bahwa kopi yang tidak disaring, bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sebaliknya, kopi yang sudah disaring relatif lebih aman.

Nah Beauties, itu dia deretan efek samping dari terlalu sering mengonsumsi espresso. Maka dari itu, jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan ya terutama bagi kamu pecinta kopi! Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id