sign up SIGN UP

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Pemakaian Lensa Kontak Jadi Berbahaya Bagi Mata

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 06 Sep 2022 20:30 WIB
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Pemakaian Lensa Kontak Jadi Berbahaya Bagi Mata
caption

Lensa kontak merupakan alternatif bagi pengguna kacamata yang tidak ingin menggunakannya pada momen tertentu. Dikarenakan mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat sensitif, kita perlu memperhatikan beberapa hal saat menggunakan lensa kontak. 

Dalam beberapa kasus, banyak yang mengalami iritasi atau gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh pemakaian lensa kontak. Tidak hanya membantu penglihatan, ternyata lensa kontak juga dapat menganggu pengelihatan jika tidak menjaga kebersihan atau pemakaiannya.

Berikut kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari dapat membuat pemakaian lensa kontak menjadi berbahaya dan dapat merusak kesehatan mata: 

1. Menggosok Mata terlalu Kasar 

Menggosok Mata terlalu Kasar
Menggosok mata terlalu kasar/Foto: freepik.com/user18526052

Saat menggunakan lensa kontak, sering kali kita merasa gatal atau merasa kurang nyaman. Hal ini disebabkan karena kondisi mata yang kering sehingga menyebabkan rasa gatal. Menggosok mata saat menggunakan lensa kontak dapat memicu iritasi dan melukai kornea mata, seperti yang dilansir dari laman Eyecare Plus.

Untuk mengatasinya, sebaiknya copot lensa kontak untuk beberapa saat atau menggunakan tetes mata yang khusus untuk pemakaian lensa kontak. 

2. Tidur Menggunakan Lensa Kontak 

Tidur Menggunakan Lensa Kontak
Tidur Menggunakan Lensa Kontak/Foto: freepik.com/jcomp

Melansir dari laman Bausch Lomb, tidur sambil menggunakan lensa kontak dapat memicu iritasi pada mata yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi nyeri, panas, dan penglihatan menjadi kabur. 

Tidur dengan memakai lensa kontak, juga membuat suplai oksigen ke mata menjadi berkurang, yang menyebabkan ketika bangun tidur, mata kamu menjadi perih dan gatal. 

3. Pemakaian Lensa Kontak Terlalu Lama 

Pemakaian Lensa Kontak terlalu Lama
Pemakaian Lensa Kontak terlalu Lama/Foto: pexels.com/rawpixel.com

Dikarenakan pemakaian lensa kontak dapat mengurangi suplai oksigen ke mata, oleh sebab itu pemakaian lensa kontak tidak boleh terlalu lama. Disarankan 10 - 12 jam merupakan waktu paling lama saat memakai lensa kontak. Terlalu lama memakai lensa kontak juga dapat menumpuk kotoran pada area mata. 

4. Tidak Menjaga Kebersihan Lensa Kontak

Tidak Menjaga Kebersihan Lensa Kontak
Tidak Menjaga Kebersihan Lensa Kontak/Foto: freepik.com/rawpixel.com

Kebersihan saat memakai dan merawat lensa kontak merupakan hal yang penting. Melansir dari laman Cascadiaeye, tempat penyimpanan lensa kontak setidaknya dibuang setiap 3 bulan sekali untuk mencegah bakteri akan tumbuh. 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengganti air lensa kontak selama 2 - 3 hari sekali dan membersihkan lensa kontak, sehabis digunakan dan sebelum kembali diletakkan pada tempatnya.

Kamu bisa menggosok lembut permukaan lensa kontak dengan jari untuk membersihkan sisa kotoran atau debu yang menempel. 

5. Menggunakan Lensa Kontak Saat Mata Iritasi

Menggunakan Lensa Kontak saat Mata Iritasi
Menggunakan Lensa Kontak saat Mata Iritasi/Foto: freepik.com/rawpixel.com

Ketika mata dalam kondisi yang kurang baik, lebih baik untuk tidak menggunakan lensa kontak terlebih dahulu dan gunakanlah kacamata. Menggunakan lensa kontak saat mata iritasi atau kemerahan dapat memperburuk kondisi mata. 

6. Berenang Menggunakan Lensa Kontak

Berenang dengan Menggunakan Lensa Kontak
Berenang dengan Menggunakan Lensa Kontak/Foto: pexels.com/andreas

Air kolam renang mengandung kaporit, mikroorganisme, dan kotoran yang dapat menyebabkan infeksi mata. Oleh sebab itu pemakaian lensa kontak saat berenang atau bermain air tidak disarankan. 

Selain itu, sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak, pastikan keadaan tangan selalu bersih. Hal ini disebabkan tangan kita menjadi sarang bakteri atau kotoran. Demikian yang dilansir dari laman Valley Eyecare

-------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id