sign up SIGN UP

7 Bumbu Dapur yang Haram Dikonsumsi Umat Muslim, Awas Jangan Asal Pakai!

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 15:30 WIB
7 Bumbu Dapur yang Haram Dikonsumsi Umat Muslim, Awas Jangan Asal Pakai!
caption
Jakarta -

Makanan tanpa adanya bumbu tentu rasanya tak akan lengkap. Karena hal ini, di setiap masakan biasanya akan ditambahkan bumbu-bumbu khusus untuk membuatnya kian lezat. 

Namun tak semua aman, untuk seorang Muslim ada beberapa bumbu dapur yang tak boleh sampai dipakai. Tak lain karena alasan halal-haramnya. 

Kamu perlu lebih selektif lagi dalam memasak dengan bumbu khusus atau membeli makanan di luar. Nah berikut ini, simak yuk bumbu dapur apa saja yang dinilai haram untuk dikonsumsi. Simak selengkapnya di sini ya!

1. Mirin dan Sake

MUI Sebut Sake dan Mirin Tetap Haram Meski Hanya Digunakan SedikitMirin dan Sake/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

Mirin dan sake menjadi bumbu dapur yang kerap kali ada di masakan Jepang. Perbedaannya, mirin adalah sejenis alkohol khas Jepang dengan kandungan yang lebih rendah sekitar 14% dari seake. 

Dilansir dari detikFood, bumbu mirin biasa digunakan untuk membuat saus teriyaki dan berbagai makanan khas Jepang lainnya. Mirin terbuat dari beras yang difermentasi sehingga mengandung alkohol dengan cita rasa yang lebih dominan ke manis. 

Kamu yang ingin menikmati makanan khas Jepang perlu lebih berhati-hati. Apakah tempat yang ingin kamu kunjungi menggunakan mirin dan sake? Jika ya, maka makanan tersebut haram karena ada kandungan alkoholnya.

2. Angciu

Jika tadi pada makanan Jepang, angciu lebih populer pada masakan Chinese. Penambahan angciu pada masakan, akan membuatnya lebih lezat dan beraroma. 

Seperti mirin, angciu pun terbuat dari beras yang melewati fermentasi sehingga mengandung alkohol. Bentuk cairannya adalah berwarna merah. 

Tak jarang, beberapa penjual nasi goreng menambahkan angciu untuk masakannya. Mengatasi supaya bumbu dapur haram ini tak kamu nikmati, jangan segan menanyakannya di awal. 

Sebagai alternatif untuk masakan yang pakai angciu, kamu bisa menggantinya dengan kecap asin yang dicampur dengan air jeruk limau dan air jahe.

3. Wine

Wine halalWine/ Foto: iStock

Tak hanya diminum, wine pun sering kali ditambahkan pada sebuah masakan. Wine yang terbuat dari fermentasi anggur merah ini jelas haram karena mengandung alkohol.

Sebagai alternatif untuk masakan, kamu bisa menggantinya dengan jus buah seperti jus anggur, cranberry, apel, atau tomat yang tak kalah enak menciptakan rasa. 

4. Arak Putih

Selain angciu, arak putih pun tak jarang dipakai dalam masakan China. Biasanya ini ditambahkan ke dalam sup, tumisan, atau ikan kukus. 

Arah putih ini memiliki cita rasa yang asin dan gurih. Tentu saja kedua rasa tersebut bisa menciptakan kelezatan tersendiri bukan? Namun, karena mengandung alkohol, tentu saja ini haram untuk dikonsumsi umat Muslim.

5. Gelatin yang Terbuat dari Daging Haram

Apakah Gelatin Halal atau Haram?Gelatin/ Foto: DW (News)

Gelatin tak jarang ditambahkan pada suatu makanan, bahkan obat-obatan, produk kesehatan dan kecantikan. Sempat jadi perdebatan, apakah gelatin ini halal atau haram ya?

Mengutip detikFood, halal-haramnya gelatin ternyata tergantung dari bahan yang dibuat. Yang mana, jika terbuat dari daging yang jelas haramnya seperti babi, maka akan haram. Namun, jika terbuat dari daging yang halal, seperti sapi, unta, domba, dan lainnya maka akan halal.

6. Brandy

Brandy menjadi salah satu bumbu dapur yang haram untuk dikonsumsi. Biasanya, Brandy ditambahkan pada kue atau dessert untuk menambah cita rasa dan aroma. 

Namun, untuk umat Muslim, brandy haram dikonsumsi karena mengandung kadar alkohol sekitar 35% sampai 60%. Sebagai alternatif, karena brandy terbuat dari sari buah, kamu bisa menggantinya dengan jus atau selai buah asli, seperti anggur, cherry, atau esens buah lainnya yang halal.

7. Saus Charsiu

Saus charsiu haram untuk ditambahkan pada suatu masakan. Sebab, saus yang satu ini umumnya terbuat dari daging babi.

Meski demikian, ada juga yang terbuat dari daging ayam, kamu perlu lebih selektif saat membelinya. Jangan lupa periksa komposisi dan cari logo halalnya!

Beauties, itu dia deretan bumbu dapur yang haram untuk umat Muslim. Lebih berhati-hati lagi ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id