STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Camilan Sehat Ini Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes, Nggak Bikin Gula Darah Naik!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 23 Aug 2022 07:30 WIB
7 Camilan Sehat Ini Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes, Nggak Bikin Gula Darah Naik!

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula (glukosa) dalam darah di atas batas normal. Penyakit ini mengharuskan penderitanya untuk lebih selektif dalam memilih makanan termasuk dengan camilan. 

Camilan menjadi makanan ringan yang disukai oleh semua orang. Namun bagi penderita diabetes, memilih camilan tidak boleh asal. Penderita diabetes masih tetap bisa makan camilan, asalkan camilan tersebut adalah camilan sehat yang tidak memicu gula darah naik.

Merangkum dari Healthline, berikut 7 camilan sehat yang tidak memicu gula darah naik dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Yuk, simak!

Almond

Ilustrasi almond
Ilustrasi almond/Foto: Freepik/Jcomp

Almond mengandung serat, protein, dan lemak sehat yang dapat membantu menstabilkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan. Dengan mengonsumsi almond, kamu dapat mencegah dan mengobati diabetes tipe 2.

Sebuah riset menunjukkan ada 58 orang yang mengonsumsi almond setiap hari. Hasilnya selama 24 minggu, kadar gula darah jangka panjang mereka mengalami penurunan sebesar 3 persen.

Alpukat

Ilustrasi aplukat
Ilustrasi alpukat/Foto: Pexels/Foodie Factor

Beauties, tahukah kamu? Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tinggi akan serat. Mengonsumsi alpukat dapat membantu mengelola kadar gula darah sehingga buah ini aman dijadikan camilan untuk penderita diabetes. Mengingat alpukat cukup tinggi kalori maka ukuran yang tepat dalam mengonsumsinya adalah seperempat hingga setengah alpukat.

Yogurt dengan Buah Beri

Ilustrasi yogurt dan buah beri
Ilustrasi yogurt dan buah beri/Foto: Pexels/Any Lane

Buah beri mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel pankreas, yang mana merupakan organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan hormon dalam menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, buah beri adalah sumber serat yang bagus. Serat dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan dan memperlambat pencernaan sehingga rasa kenyang akan tahan lebih lama. Adapun yogurt dikenal karena kemampuannya dalam mengelola dan menurunkan kadar gula darah. Ini terjadi karena yogurt kaya akan protein dan mengandung probiotik.

Telur Rebus

Ilustrasi telur rebus
Ilustrasi telur rebus/Foto: Freepik/Jcomp

Satu telur rebus besar menyediakan 6,3 gram protein yang berguna untuk penderita diabetes karena dapat mencegah gula darah naik setelah makan. Sebuah studi menunjukkan, 65 orang dengan diabetes tipe 2 makan dua telur setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya mereka mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan.

Irisan Apel dengan Selai Kacang

Ilustrasi buah apel
Ilustrasi buah apel/Foto: Pexels/Mali Maeder

Apel mengandung vitamin B, vitamin C dan potasium, sedangkan selai kacang mengandung vitamin E dan magnesium, yang semuanya dikenal dapat mengelola diabetes. Baik apel dan selai kacang juga tinggi akan serat. Satu apel sedang dikombinasikan dengan 2 sendok makan selai kacang dapat berguna untuk mengelola gula darah.

Buncis

Ilustrasi buncis
Ilustrasi buncis/Foto: dok. Wikipedia

Buncis mengandung protein dan serat, yang mana dapat mengurangi risiko diabetes. Dalam sebuah penelitian, ditemukan 19 orang yang mengonsumsi makanan buncis setiap hari selama enam minggu. Hasilnya mereka memiliki kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah.

Salad Tuna

Ilustrasi salad tuna
Ilustrasi salad tuna/Foto: Freepik/Azerbaijan_Stockers

Tuna mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti dapat mengelola diabetes dan mengontrol gula darah. Salad tuna dibuat dengan menggabungkan tuna dan mayones, serta ditambahkan dengan seledri atau bawang.

Nah, Beauties itulah tadi 7 camilan sehat yang tidak memicu gula darah naik dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE