STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

7 Makanan Ini Dapat Meredakan Masalah Perut Kembung, Agar Perut Rata Kembali! Bisa Tebak Deretannya?

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Kamis, 26 Jan 2023 06:45 WIB
7 Makanan Ini Dapat Meredakan Masalah Perut Kembung, Agar Perut Rata Kembali! Bisa Tebak Deretannya?
Makanan yang Dapat Meredakan Kembung, Bikin Perut Rata Kembali/ Foto: pexels.com/Olexandr Pidvalnyi

Ada beberapa hal yang menyebabkan perut menjadi kembung, baik itu karena makan terlalu cepat, merokok, berbaring setelah makan hingga jenis makanan yang dikonsumsi. 

Dikutip dari detikhealthmenurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, untuk kebanyakan kasus, perut terasa kembung adalah hasil dari memiliki gas ekstra di sistem pencernaan karena menelan udara atau mengonsumsi makanan tertentu. 

Biasanya, terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak diproses, makanan yang terlalu manis, dan makanan yang kaya lemak jenuh dapat membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman. 

Karena itu, untuk meredakan perut kembung dan sekaligus mengembalikan perut rata, ada beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi. Melansir dari laman Eat This, Not That!, berikut deretan makanan tersebut! 

1. Timun

Timun dapat meredakan perut kembung.
Timun/ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska 

Mentimun sangat tinggi akan kandungan air (96% air). Karena itulah, mentimun sangat menghidrasi, dan cairan tersebut dapat membantu mencegah perut kembung dengan menangkal penyebab kembung seperti garam dan gula. 

Lalu, mentimun juga kaya akan flavonoid dan quercetin yang dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi pembengkakan di seluruh tubuh, termasuk di saluran pencernaan.

2. Pisang

Pisang dapat meredakan perut kembung.
Pisang/ Foto: pexels.com/alleksana 

Pisang mengandung potasium tinggi, sehingga dapat membantu mengimbangi efek kembung yang disebabkan oleh makanan asin, makanan beku, dan keripik kentang. Tak hanya itu, pisang juga merupakan sumber serat prebiotik yang baik, yang dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus, dan memperbaiki pencernaan. 

Para peneliti menemukan bahwa, mengonsumsi pisang sebelum makan dapat meningkatkan bakteri baik dan mengurangi kembung hingga 50%. 

3. Jahe

Jahe dapat meredakan perut kembung.
Jahe/ Foto: pexels.com/Joris Neyt 

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang manjur, sehingga dapat mengurangi peradangan di usus besar, meredakan kembung dan sakit perut. Selain itu, jahe juga mengandung zingibain, yaitu enzim pencernaan yang membantu memecah protein. 

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2015, menemukan bahwa jahe dapat mempercepat pencernaan, membantu perut mengosongkan lebih cepat, dan membantu gas bergerak lebih cepat ke perut. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE