sign up SIGN UP

7 Manfaat Konsumsi 2 Butir Telur Setiap Hari, Bisa Mencegah Kanker

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 24 May 2021 15:00 WIB
7 Manfaat Konsumsi 2 Butir Telur Setiap Hari, Bisa Mencegah Kanker
caption

Telur merupakan salah satu sumber protein dari hewan yang baik untuk memenuhi asupan protein harian untuk tubuh kita, tidak hanya kandungan protein tapi telur juga memiliki kandungan lain seperti vitamin D, vitamin B, yang baik untuk memenuhi nutrisi harian yang diperlukan untuk tubuh kita. 

Telur juga menjadi salah satu lauk yang sangat mudah untuk diolah dan cocok untuk sarapan di pagi hari. Ternyata, telur tidak hanya memenuhi asupan protein pada tubuh kita, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi dua butir telur setiap hari.

Dilansir dari DetikHealth, rekomendasi untuk mengkonsumsi telur adalah tiga telur per hari, tapi jika terlalu banyak bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi dua butir telur setiap hari juga bisa meningkatkan kolesterol baik yang tentunya bagus untuk kesehatan tubuh kita. 

1. Mempertajam Ingatan 

Mempertajam Ingatan
Mempertajam Ingatan/Foto : freepik.com

Kamu yang sering lupa atau mau mempertajam ingatan kamu, biasakan konsumsi telur setiap hari karena dalam telur terdapat kandungan zat kolin yang bagus untuk otak kamu sehingga daya ingat kamu menjadi lebih tajam dan tidak mudah lupa. Jika kita kekurangan zat kolin, maka daya ingat kita akan menurun. 

2. Mengontrol Berat Badan

Mengontrol Berat Badan
Mengontrol Berat Badan/Foto : freepik.com

Konsumsi telur setiap hari dipadukan dengan salad, kentang, umbi-umbian, untuk menu diet ternyata bisa mengontrol berat badan kamu. Telur juga memiliki kandungan protein dan lemak yang baik untuk tubuh, jadi tidak masalah jika kamu mengkonsumi telur selama kamu sedang diet. 

3. Mencegah Risiko Kanker

Mencegah Risiko Kanker
Mencegah Risiko Kanker/Foto : freepik.com

Tidak hanya baik untuk kesehatan otak dan mempertajam ingatan, zat kolin ternyata juga bisa mengurangi risiko terjadinya kanker. Kandungan dalam telur juga bisa membantu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh kita dan menjaga kesehatan jantung untuk meminimalisir risiko penyakit jantung. 

4. Merawat Mata Lebih Sehat

Merawat Mata Lebih Sehat
Merawat Mata Lebih Sehat/Foto : freepik.com

Telur juga memiliki kandungan antioksidan salah satunya dari zat yang bernama Lutein yang ternyata zat ini bisa merawat mata kamu lebih sehat dan pengelihatan juga menjadi lebih jelas. Jadi, untuk kamu yang pengelihatannya masih sehat, bisa mengkonsumsi telur setiap hari untuk menjaga kesehatan mata kamu.  

5. Memperkuat Rambut, Kuku, dan Imun Tubuh

Memperkuat Rambut, Kuku, dan Imun Tubuh
Memperkuat Rambut, Kuku, dan Imun Tubuh/Foto : freepik.com

Telur memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin B, B12, B5, biotin, yang bagus untuk memperkuat rambut, kuku, dan kandungan selenium membantu meningkatkan imunitas tubuh kita, terutama dimasa pandemi seperti ini. kalau rambut kamu mudah rontok dan kuku mudah patah, tidak ada salahnya mencoba konsumsi telur setiap hari. 

6. Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan
Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan/Foto : freepik.com

Kamu yang mau awet muda, memiliki kulit yang kencang, dan mencegah penuaan dini, tidak ada salahnya dari sekarang kamu mengkonsumsi telur setiap hari. Kamu bisa mengkonsumsi telur dibarengi dengan sayuran yang dikukus untuk mengurangi minyak, seperti wortel, brokoli, kacang panjang, kentang. 

7. Membantu Penyerapan Kalsium di dalam Tubuh

Membantu Penyerapan Kalsium di dalam Tubuh
Membantu Penyerapan Kalsium di dalam Tubuh/Foto : freepik.com

Kalsium sangat baik untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang kita. Nah, ternyata telur juga memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk tubuh kita dan membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh, jadi tulang kita menjadi lebih sehat dan lebih kuat. 

Tapi, perlu diperhatikan juga sebelum kalian mengkonsumsi 2 telur setiap hari, terutama kamu yang memiliki alergi, riwayat kolestrol, dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Walaupun mengkonsumsi telur memiliki banyak manfaat, tapi untuk sebagian orang lebih baik dikonsultasikan dulu dengan dokter, semoga membantu Ladies! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id