sign up SIGN UP

7 Manfaat Rutin Olahraga Kardio, Termasuk Lari Pagi! Beneran Bikin Sukses Diet sampai Perbaiki Mood?

Aqillah Diaz | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 06:15 WIB
7 Manfaat Rutin Olahraga Kardio, Termasuk Lari Pagi! Beneran Bikin Sukses Diet sampai Perbaiki Mood?
Manfaat Rutin Olaharaga Kardio, Bikin Sukses Diet sampai Perbaiki Mood/ Foto: Freepik.com/scphotograph
Jakarta -

Olahraga menjadi salah satu hal yang penting dilakukan, mengingat menjaga tubuh adalah sebuah keharusan agar imun tubuh tetap stabil. Olahraga yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membakar lemak dan menurunkan berat badan adalah olahraga kardio.

Olahraga ini mudah untuk dilakukan karena gerakannya bisa dilakukan secara berulang-ulang. Ada banyak macam bentuk olahraga kardio yang bisa kamu lakukan di rumah maupun di luar rumah, meliputi lari pagi, lompat tali, berenang, bersepeda, aerobik, jumping jacks, mountain climbers, dan lain-lain.

Sayang, banyak orang yang masih malas untuk berolahraga. Meski demikian, kamu harus mengetahui beberapa alasan untuk mulai berolahraga. Dilansir dari Top Fitness, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu melakukan olahraga kardio. Simak yuk!

1. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Resep Camilan Diet Rendah Kalori Mudah Dibuat/ Foto: Freepik.com/author/jcompBaik untuk Menurunkan Berat Badan/Foto: Freepik.com/jcomp

Salah satu alasan mengapa kamu harus melakukan olahraga kardio adalah karena dapat membantumu menurunkan berat badan. Olahraga kardio sangat bagus bagi kamu yang ingin membakar lemak, sekaligus membakar kalori. Dengan diimbangi dengan diet atau pola makan yang sehat, berat badanmu akan lebih cepat untuk berkurang.

Melansir dari detikHealth, salah satu olahraga kardio seperti aerobik dapat membakar kalori sekitar 100-200 selama 20 menit dan juga kamu jogging atau bersepeda selama 30 menit dan bisa membakar kalori sekitar 200-400 kalori.

2. Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Banyak orang yang berpikir bahwa olahraga kardio membuatmu lebih mudah sesak napas. Namun, pernapasan berat yang sering dialami sebenarnya dapat memperbaiki paru-paru.

Olahraga kardio dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan dapat membantu tubuh menggunakan oksigen secara efisien. Salah satu olahraga kardio yang bisa meningkatkan kapasitas paru-paru adalah berenang atau aerobik. Olahraga ini juga dapat membantumu mengurangi kelelahan, serta juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan lemak darah.

3. Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Hati

Fisik yang selalu sehat merupakan sebuah kekayaan yang sulit digantikan dengan uang.Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Hati/ Foto: Freepik.com

Manfaat lain dari melakukan olahraga kardio adalah dapat mengurangi risiko terkena penyakit, seperti penyakit serangan jantung dan stroke, serta diabetes dan kanker. Olahraga kardio dapat memperkuat jantung dan membantu memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien.

Serta, olahraga ini juga bisa membantumu untuk terhindar dari penyakit tersebut. Kardiovaskular juga berhubungan dengan jantung dan sel darah, sehingga ketika kamu melakukan olahraga kardio ini juga dapat membuat jantung semakin kuat.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nah, manfaat yang satu ini nih pastinya nggak boleh terlewati. Mengingat negara di seluruh dunia pernah terdampak Covid-19. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan melakukan olahraga kardio.

Dengan kamu melakukan olahraga secara rutin maka kamu juga akan terlihat lebih sehat dan daya tahan tubuh akan lebih bagus. Hal ini juga dibuktikan bahwa jika kamu lebih rajin olahraga maka kamu akan terlihat lebih awet muda.

5. Baik Untuk Kesehatan Mental dan Meningkatkan Suasana Hati

Kebiasaan Sehari-hari yang Bantu Menenangkan Hati dan PikiranBaik Untuk Kesehatan Mental dan Meningkatkan Suasana Hati/Foto: Freepik/benzoix

Nggak hanya bermanfaat bagi tubuh, nyatanya olahraga kardio juga bermanfaat untuk kesehatan mental, karena ketika berolahraga, hormon endorfin dalam tubuh akan terlepas dan dapat membuatmu lebih baik setelahnya.

Olahraga ini adalah olahraga yang baik dilakukan untuk memerangi masalah kesehatan mental, seperti depresi, stres, dan cemas. Melakukannya secara rutin dapat membuatmu merasa lebih baik dengan diri sendiri dan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, serta dapat meningkatkan suasana hati.

6. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu memperbaiki kualitas tidur agar lebih nyenyak. Apabila kamu mengalami susah tidur, cobalah untuk melakukan olahraga kardio karena dengan olahraga ini sebagian tubuh pasti akan merasakan lelah ketika menjelang malam, sehingga dapat membuatmu lebih mudah untuk segera beristirahat.

7. Meningkatkan Energi Secara Alami

Cara mudah mengembalikan semangat kerja/Unsplash/Mateus Campos FelipeMeningkatkan Energi Secara Alami/Foto: Unsplash/Mateus Campos Felipe

Pasti diantara kamu banyak yang mengonsumsi minuman energi ataupun kopi? Nah, kamu harus lebih waspada karena hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan, jika berlebihan. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan energi secara alami adalah dengan olahraga kardio sehingga kamu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Itulah 7 manfaat melakukan olahraga kardio. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya, Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id