sign up SIGN UP

Kebiasaan Duduk Lama di Depan Laptop Sering Akibatkan Nyeri Punggung Bawah, Ini Cara Atasinya!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 20:00 WIB
Kebiasaan Duduk Lama di Depan Laptop Sering Akibatkan Nyeri Punggung Bawah, Ini Cara Atasinya!
caption

Penyakit nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) merupakan penyakit yang kerap terjadi pada orang-orang yang memiliki aktivitas duduk terlalu lama, dan banyak terjadi pada pekerja di Negara Asia.

Penyakit tersebut menyerang bagian bawah punggung dengan rasa sakit yang dapat mengganggu produktivitas orang yang mengalaminya. Kurangnya aktivitas setelah duduk berjam-jam di depan layar komputer atau laptop dapat menjadi penyebab terkena nyeri punggung bagian bawah.

Untuk itu, ada cara yang dapat Beauties lakukan untuk mengatasi nyeri punggung bawah dengan latihan core muscle. Menurut pemaparan dr. Tirta, seorang dokter dan pengusaha di laman Twitternya, ada beberapa langkah untuk melakukan latihan core muscle yang tepat. Simak yuk!

1. Stretching

Stretching membantu meregangkan otot tubuh
Stretching/ Foto: Freepik.com/author/user18526052

Mempelajari gerakan stretching yang benar. Stretching yang tepat akan membuat ligamen menjadi maksimal, serta mengurangi potensi mengalami cidera, nyeri leher, dan low back pain.

Kesalahan dalam stretching dapat menyebabkan diskolasi sendi atau mengalami sprain. Untuk itu, pertama-tama Beauties dapat mempelajari stretching yang benar dahulu sebelum melakukan latihan core muscle lainnya.

2. Olahraga Cardio

Berlari membuat semua otot tubuh bergerak
Berlari/ Foto: Freepik.com/author/tirachardz

Olahraga cardio yang disarankan adalah lari, karena saat berlari semua otot terpakai. Berbagai manfaat lari dapat dirasakan tubuh dan mengatasi masalah low back pain, seperti memperkuat otot dan tulang, serta mencegah penyakit kronis. Untuk itu, mempelajari postur saat lari perlu diperhatikan, karena salah postur dapat menyebabkan cidera otot maupun robek ligamen.

3. Mountain Climbers

Mountain climbers membantu melatih otot
Mountain Climbers/ Foto: Freepik.com/author/tonodiaz

Melakukan latihan mountain climbers berguna untuk melatih sendi dan otot secara bersamaan, dari leher hingga kaki. Manfaat gerakan latihan ini adalah untuk memperkuat otot inti, yang secara khusus menargetkan otot perut, punggung, serta bokong. Beauties dapat melakukannya di rumah dengan melihat cara yang benar.

4. Up and Down Plank

Up and down plank membantu menjaga keseimbangan tubuh
Up and Down Plank/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Gerakan plank ini hampir sama dengan push up, tetapi menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Up and down plank memberikan manfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh yang dapat melatih otot perut. Beauties dapat melakukan plank secara teratur untuk mendapatkan kekuatan otot inti yang maksimal.

5. Push Up

Push up membantu melatih otot dada
Push Up/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Push up tak hanya melatih core muscle, namun juga melatih otot dada dan triceps. Berbagai manfaat didapatkan dari push up seperti, memperkuat otot dan menambah kekuatan massa otot.

Melakukan gerakan push up pun harus benar, kalau tidak dapat menyebabkan cidera sendi humerus. Push up sendiri memiliki banyak variasi, tergantung dengan fokus otot yang ingin dilatih.

6. Pull up

Pull up membantu melatih otot punggung dan postur tubuh
Pull Up/ Foto: Freepik.com/author/artphotostudio

Pull up dapat melatih otot punggung dan postur. Salah satunya dengan gerakan dead hang yang dapat membantu kekuatan otot dan meregangkan tulang belakang. Gerakan ini bagus dilakukan untuk melatih core muscle untuk menghindari low back pain.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id