sign up SIGN UP

8 Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Dalam Rumah, Bantu Cegah Banyak Penyakit!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 07:15 WIB
8 Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Dalam Rumah, Bantu Cegah Banyak Penyakit!
caption

Polusi udara menjadi masalah yang tidak bisa diremehkan karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari gangguan pernapasan hingga kanker. Sebagai antisipasi, bahkan sebelum pandemi Covid-19 pun sebagian besar orang mengenakan masker saat keluar rumah untuk meminimalisir risiko gangguan kesehatan Namun tahukah kamu bahwa polutan masih bisa mengancam walaupun kamu berada di dalam ruangan?

Menurut Environmental Protection Agency (EPA), dilansir dari Healtline, ancaman polutan di dalam rumah bisa 100 kali lebih tinggi dibanding ruang terbuka. Parahnya, banyak orang tidak menyadari hal ini dan menganggap hunian mereka aman dari masalah udara.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki kualitas udara di dalam rumah? Simak kiatnya berikut ini!

1. Uji Kualitas Udara

Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Sarah Richter
Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Sarah Richter

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi udara di dalam rumah. Selain menggunakan jasa professional, kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan paket tes kualitas udara yang banyak dijual di pasaran.

2. Meminimalisir Polutan

Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Mariakray
Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Mariakray

Uji kualitas udara akan membantumu memeriksa apakah ada kandungan zat berbahaya di dalam ruangan. Beberapa polutan yang harus dihindari antara lain adalah radon (umumnya dari bahan bangunan), residu asap rokok, formaldehid (biasanya pada lem kayu dan furniture), serta berbagai bahan berbahaya pada produk pembersih. Untuk menghindari masalah kesehatan, usahakan menggunakan bahan-bahan yang berlabel bebas zat berbahaya.

3. Kontrol Alergen

Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/StockSnap
Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/StockSnap

Selain polutan, alergen seperti debu, jamur, bulu hewan peliharaan, dan kutu, juga bisa menjadi sumber berbagai macam gangguan kesehatan. Karenanya, jangan lupa untuk membersihkan secara rutin agar rumah selalu bersih.

4. Gunakan Air Purifier

Manfaat air purifier/ Foto: Freepik/opatsuviIlustrasi air purifier/ Foto: Freepik/opatsuvi

Seiring semakin tingginya polusi udara, penggunaan air purifier (pembersih udara) sudah sewajarnya menjadi gaya hidup masyarakat modern. Produk ini telah banyak tersedia di pasaran dan menawarkan pemurnian udara yang cukup efektif karena mampu menghilangkan hingga 99 persen partikel berbahaya di udara.

5. Perbaiki Sistem Ventilasi

Ventilasi yang baik juga menjadi aspek penting agar sirkulasi udara tetap lancar dan mencegah bibit penyakit terjebak di dalam rumah. Selain memberikan ventilasi dengan jumlah cukup, kamu juga harus membersihkan filter secara teratur dan mencegah debu mengendap di permukaannya.

6. Mengurangi Kelembapan

Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Nilanjan Ghosh
Cahaya Matahari/Foto: Pixabay.com/Nilanjan Ghosh

Kondisi ruangan yang lembap bisa menyebabkan tumbuhnya jamur, sehingga ruangan menjadi apek. Selain itu kelembapan tinggi juga bisa menjadi ‘racun’ untuk sistem pernapasan penghuni rumah. Karenanya, pastikan kondisi ruangan tetap ideal, salah satunya dengan memastikan cahaya matahari masuk ke dalam rumah dengan cukup, ventilasi terjaga, dan gunakan dehumidifier untuk ruangan yang tertutup.

7. Periksa Sistem Pemanas

Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Noordbizz
Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Noordbizz

Proses pemanasan, baik penghangat ruangan, pemanasan air, dan lain-lain akan menghasilkan karbon monoksida dalam proses pembakaran. Jika masuk ke dalam paru-paru, zat ini bisa sangat berbahaya hingga menimbulkan kematian. Karenanya, usahakan agar ruangan dengan pemanas memiliki ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara tetap terjaga.

8. Gunakan Tanaman Indoor

Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Pexels
Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah/Foto: Pixabay.com/Pexels

Selain sebagai dekorasi, menempatkan tanaman dalam ruangan juga bisa membantu memurnikan udara di dalam rumah. Meski demikian, jangan menempatkannya terlalu banyak karena mereka bisa saja jadi sumber jamur dan alergen lainnya.

Demikianlah beberapa tips menjaga kualitas udara di dalam rumah. Jadi bukan, hanya melindungi diri dari polusi di luar, kamu juga harus memastikan kondisi di dalam hunian tetap sehat sehingga mencegah timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id