sign up SIGN UP

8 Menu Makan Malam Enak dan Rendah Kalori untuk Kamu yang Lagi Diet

Galih Konain Tata | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 15:30 WIB
8 Menu Makan Malam Enak dan Rendah Kalori untuk Kamu yang Lagi Diet
Ini Menu Makan Malam Enak dan Rendah Kalori/Foto: Freepik.com

Siapa bilang diet menghalangi kamu untuk bisa makan malam? Beauties tetap bisa kok having dinner meskipun sedang menjalani program penurunan berat badan.

Namun ingat ya, perhatikan menu dan jumlah kalorinya. Meski diperbolehkan untuk makan malam, tetaplah memilih menu yang bergizi tinggi dan minim risiko penambahan lemak. Yuk simak 8 menu makan malam enak dan rendah kalori untuk kamu yang lagi diet! 

1. Sup Sehat

Sup sehat/ Foto: Pexels.com/ Navada Ra
Sup sehat/ Foto: Pexels.com/ Navada Ra

Meskipun sup sering dianggap sebagai makanan yang ringan dan sederhana, tapi makanan ini bagus untuk diet. Melansir laman Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup mungkin lebih mengenyangkan daripada makanan padat, bahkan jika kedua makanan tersebut memiliki bahan yang sama.

Namun yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi cream soup, mengingat jumlah kalorinya yang tinggi. Beauties bisa memasak sup dengan kaldu untuk meminimalkan kalori dan memaksimalkan rasa kenyang. 

2. Telur Rebus

Telur rebus/ Foto: Pexels.com/ Antoni Shkraba
Telur rebus/ Foto: Pexels.com/ Antoni Shkraba

Telur menjadi primadona di antara mereka yang sedang menjalani program diet. Kenapa? Karena telur sangat padat nutrisi, rendah kalori, tetapi kaya akan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

Dalam satu butir telur rebus, terkandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein, dan beragam vitamin dan mineral penting. Dengan mengonsumsi telur untuk makan malam, akan membuat Beauties merasa kenyang. 

Selain baik untuk menu makan malam Beauties, telur rebus juga bisa kamu konsumsi untuk sarapan agar bisa mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain itu, makan telur saat sarapan juga akan memperlambat pengosongan perut, dan mengurangi kadar ghrelin - hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar. 

3. Ikan 

Ikan/ Foto: Pexels.com/ Anneke
Ikan/ Foto: Pexels.com/ Anneke

Ikan dikenal akan protein dan lemak yang menyehatkan jantung. Dalam 3 ons ikan, terkandung lebih dari 15 gram protein dan kurang dari 70 kalori. 

Menurut Healthline, penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan kadar ghrelin. Terlebih lagi, protein ikan mungkin sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat rasa lapar dan nafsu makan.

Untuk mengurangi konsumsi kalori lebih banyak, Beauties bisa memilih ikan tanpa lemak, seperti ikan cod, halibut, atau dengan kandungan kalori lebih tinggi seperti salmon, sarden, arau mackerel. 

4. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak/ Foto: Pexels.com/ Pixabay
Daging tanpa lemak/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Daging tanpa lemak bisa secara efisien mengurangi rasa lapar dan nafsu makan di antara waktu makan. Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, dan potongan daging merah rendah lemak, punya kandungan rendah kalori tetapi sarat dengan protein. Misalnya, 4 ons (112 gram) dada ayam yang dimasak mengandung sekitar 185 kalori dan 35 gram protein.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan/ Foto: Pexels.com/ Valeria Boltneva
Kacang-kacangan/ Foto: Pexels.com/ Valeria Boltneva

Karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi, kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong adalah makanan rendah kalori yang enak dan bisa sangat mengenyangkan. Kacang-kacangan memiliki efek yang kuat pada rasa lapar dan nafsu makan.  

Menurut penelitian, orang merasa 31% lebih kenyang setelah makan kacang-kacangan, dibandingkan dengan pasta dan roti berkarbohidrat tinggi. 

6. Pasta dan Sayuran

Pasta dan sayuran/ Foto: Pexels.com/ Victor Jung
Pasta dan sayuran/ Foto: Pexels.com/ Victor Jung

Beauties  tetap bisa memakan pasta ketika sedang diet lho. Tapi, pilihlah pasta yang terbuat dari bahan gandum dan dimasak dengan sayuran. 

Seperti makanan gandum utuh lainnya, pasta yang terbuat dari gandum utuh, spelt, beras merah atau biji-bijian lainnya menyediakan serat, protein, dan vitamin B dalam jumlah yang banyak. Jangan lupa menambah sayuran agar porsi menjadi lebih banyak namun juga tinggi serat dan tidak menambah kalori. 

7. Kentang Rebus

Kentang rebus/ Foto: Pexels.com/ Karolina Grabowska
Kentang rebus/ Foto: Pexels.com/ Karolina Grabowska

Berbicara soal diet, tentu Beauties nggak bisa melupakan kentang rebus untuk asupan sehari-hari. Kalau kamu nggak sempat untuk mengolah makanan untuk makan malam, kentang rebus bisa kamu jadikan pilihan yang tepat. 

Kentang punya kandungan gizi yang lengkap dan karbohidrat yang baik dikonsumsi selama program penurunan berat badan sehingga membuat perut Beauties merasa kenyang lebih lama. Ada baiknya untuk mengonsumsi kentang rebus dalam keadaan dingin agar pembentukan serat yang dikenal pati tahan cerna membuat Beauties kenyang lebih lama dan proses penurunan berat badan lebih cepat. 

8. Capcay

Capcay/ Foto: Pexels.com/ Polina Tankilevitch
Capcay/ Foto: Pexels.com/ Polina Tankilevitch

Siapa sih yang nggak pernah makan capcay? Menu chinese food favorit banyak orang ini juga bisa dijadikan pilihan makan malam rendah kalori yang baik untuk diet. Kamu bisa memilih capcay dengan atau tanpa kuah, alias sesuai selera. Adanya kombinasi berbagai jenis sayuran, daging ayam dan telur pada capcay mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Nah, Beauties yang saat ini sedang menjalani diet, para pakar kesehatan umumnya menyarankan untuk makan malam antara pukul 5 sore sampai dengan 7 malam. Dalam kisaran waktu ini, dianggap cukup efektif agar ketika mau tidur, tubuh Beauties sudah selesai mencerna makanan sebelumnya dengan sempurna. 

Saat ini, diet memang sudah menjadi gaya hidup banyak orang dan tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja. Alias butuh konsistensi untuk menjalankannya seumur hidup untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id