sign up SIGN UP

3 Makanan Tinggi Protein yang Ternyata Baik Dikonsumsi di Usia 40-an

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 18 Sep 2022 10:30 WIB
3 Makanan Tinggi Protein yang Ternyata Baik Dikonsumsi di Usia 40-an
Ini Makanan Tinggi Protein yang Baik Dikonsumsi di Usia 40-an/Foto: Getty Images/aywan88

Mengatur pola makan tak selamanya dilakukan hanya karena menjalani diet. Pola makan teratur nyatanya menjadi salah satu kunci utama kesehatan tubuh. Terutama saat memasuki usia dewasa hingga lansia.

Menjadi waktu paling rentan, menjaga kesehatan di usia 40-an kerap menjadi hal sulit karena pola kebiasaan hidup yang tidak sehat. Untuk itu, kita perlu memerhatikan asupan makanan kita sejak dini.

Bukan tanpa alasan, dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan diet sehat akan membantu kita memenuhi nutrisi tubuh dengan baik. Selain itu, kebiasaan makan yang baik juga akan berdampak pada stabilnya kesehatan kita di usia rentan seperti usia 40-an.

Menyehatkan, Ini 3 Makanan Tinggi Protein yang Baik Dikonsumsi di Usia 40-an

Ilustrasi makan/Foto: Freepik.com/freepikIlustrasi makan/Foto: Freepik.com/freepik

Salah satu nutrisi yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Sangat penting bagi kita untuk memastikan kebutuhan tubuh tercukupi, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein.

Beauties, memasuki usia 40-an tentu kita harus memperketat pola makan kita. Untuk itu, melansir dari Eat This Not That, berikut adalah beberapa makanan tinggi protein yang baik dikonsumsi untuk kesehatan di usia 40-an.

1. Telur

Tinggi protein namun rendah kolesterol, ahli gizi sarankan makan telur satu kali sehari/Foto: pexels.com/TRANG DOAN
(Tinggi protein namun rendah kolesterol, ahli gizi sarankan makan telur satu kali sehari/Foto: pexels.com/TRANG DOAN)

Makanan diet sehat yang tinggi protein pertama adalah telur. Selain tinggi protein, telur juga mengandung vitamin D, kolin, dan zat besi yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Meskipun tinggi protein, telur terbukti tidak meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak ahli gizi dan pangan yang merekomendasikan konsumsi telur paling tidak satu kali dalam sehari.

2. Salmon

Makanan tinggi lemak yang baik dikonsumsi pada usia 40-an. Salah satunya salmon/Foto: pexels.com/Rocio Vasquez
(Makanan tinggi lemak yang baik dikonsumsi pada usia 40-an. Salah satunya salmon/Foto: pexels.com/Rocio Vasquez)

Makanan tinggi lemak selanjutnya yang sangat direkomendasikan bagi pada dewasa memasuki usia 40-an adalah salmon. Bukan tanpa alasan, ikan yang menyehatkan jantung ini kaya akan protein dan lemak omega-3.

Pun salmon sangat sering masuk ke dalam list bahan makanan diet sehat. Sebab selain tinggi protein, salmon juga rendah lemak sehingga sangat aman dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Mengutip dari detikFood, salmon juga sangat baik untuk kekebalan tubuh karena mengandung vitamin D, vitamin B6 dan magnesium.

3. Greek Yoghurt

Rendah lemak dan tinggi protein, Greek yogurt jadi menu diet favorit di usia 40-an/Foto: eatthis.com
(Rendah lemak dan tinggi protein, Greek yogurt jadi menu diet favorit di usia 40-an/Foto: eatthis.com)

Last but not least, makanan tinggi protein yang baik dikonsumsi pada usia 40-an adalah greek yoghurt. Greek yoghurt adalah salah satu varian yoghurt yang mengandung dua kali lipat protein dari yogurt biasa. Tak tanggung-tanggung, Satu cangkir greek yoghurt mengandung 17 gram protein.

Selain rasanya yang gurih meski tawar, greek yoghurt juga menjadi menu diet sehat favorit banyak orang. Yoghurt yang satu ini biasa dipadukan dengan buah-buahan dan kayu manis. Biasanya greek yoghurt banyak menjadi menu sarapan atau camilan sehat favorit, sebab mengkonsumsi yoghurt tinggi protein yang satu ini dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Beauties, itulah beberapa makanan tinggi protein yang paling baik dikonsumsi saat sudah memasuki usia 40-an. Adakah salah satunya maknaan favoritmu?

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id