sign up SIGN UP

4 Cara Minum Kopi Sehat dan Ramah Buat yang Lagi Diet

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Sabtu, 17 Sep 2022 08:00 WIB
4 Cara Minum Kopi Sehat dan Ramah Buat yang Lagi Diet
caption

Kopi menjadi minuman favorit yang dicintai banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, sebagian orang menjadikan kopi sebagai teman mereka beraktivitas, seperti teman mengerjakan tugas, teman bekerja, teman me time, dan lain sebagainya.

Namun, bagi para sebagian orang yang sedang menjalankan pola hidup sehat dan diet masih ragu-ragu untuk minum kopi, dikhawatirkan dapat menggagalkan program diet mereka. Lalu, bagaimana cara sehat mengonsumsi kopi yang ramah bagi para pejuang diet?

Dilansir dari detikFood, ini dia deretan cara minum kopi sehat bagi kamu pejuang diet. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Menggunakan Kopi Bubuk Alami

Menggunakan Kopi Bubuk Alami
Menggunakan Kopi Bubuk Alami/Foto: Freepik.com/Freepik

Cara sehat minum kopi yang pertama yaitu memakai kopi alami, bukan kopi sachet. Sesuatu yang alami tentunya lebih sehat, begitu pun dengan kopi. dr. Zaidul Akbar seorang dokter, pendakwah Islam, konsultan, & praktisi pengobatan sunah Indonesia menyarankan untuk memakai kopi alami yang ditumbuk sendiri.

Namun, bila diminum secara berlebihan juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti kanker, obesitas, dan kolesterol.

2. Menggunakan Gula Singkong

Singkong
Singkong/Foto: Freepik.com/Freepik

Mungkin kamu senang menggunakan kopi tanpa gula lantaran cita rasanya yang pahit. Apabila ingin menambahkan rasa manis, hindari memakai gula pasir atau pemanis buatan lainnya.

dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk memakai gula pengganti seperti gula singkong. Jenis gula yang terbuat dari tapioka singkong ini baik buat kesehatan karena rendah kalori.

3. Minum Kopi dengan Susu Rendah Lemak

Minum Kopi dengan Susu Rendah Lemak
Minum Kopi dengan Susu Rendah Lemak/Foto: Freepik.com/User18526052

Dilansir dari Eat This Not That, dari Menurut Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, anggota panel ahli medis dan penulis The Sports Nutrition Playbook, kebiasaan minum kopi terbaik untuk menurunkan berat badan adalah susu skim dan bahan-bahan alami herbal.

Susu mengandung 1 gram protein per ons, dan protein membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Ini cara yang bagus untuk memulai hari kamu terutama bagi kamu para pejuang diet!

4. Hindari Kopi Manis dan Bebas Serat

Hindari Kopi Manis dan Bebas Serat
Hindari Kopi Manis dan Bebas Serat/Foto: Freepik.com/Jcomp

Ketika mencoba menurunkan berat badan hindari terlalu sering menggunakan sirup gula atau bentuk pemanis lain dengan tambahan gula. Batas harian yang disarankan untuk tambahan gula sekitar 12 sendok teh.

Minum kalori manis tanpa serat dapat memiliki efek kesehatan yang negatif karena serat makanan dapat memperlambat penyerapan karbohidrat yang dicerna ke dalam tubuh. Oleh karena itu, meminum minuman kopi manis tanpa kandungan serat sama sekali dapat meningkatkan kadar gula darah.

Nah Beauties, itu dia 4 cara mengonsumsi kopi sehat dan ramah bagi kamu yang sedang melakukan proses diet. Diet tidak menghalangi kamu untuk dapat tetap menikmati secangkir kopi. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id