sign up SIGN UP

Ada Varian Baru Covid-19, Berikut 4 Fakta Seputar Varian XE yang Ditemukan di Inggris!

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 09 Apr 2022 07:32 WIB
Ada Varian Baru Covid-19, Berikut 4 Fakta Seputar Varian XE yang Ditemukan di Inggris!
caption

Pandemi Covid-19 memang berangsur membaik. Namun beberapa waktu lalu, WHO kembali mengumumkan bahwa adanya temuan varian baru yakni varian XE.

Jenis baru ini disebut-sebut merupakan varian turunan Omicron yang merupakan rekombinasi omicron BA.1 dan BA.2. Pertama kali terdeteksi di Inggris, gejala varian XE diyakini mirip gejala Omicron tapi varian ini 10 persen lebih menular dibandingkan BA.2.

Ini Tanggapan Satgas Covid-19 dan Fakta Varian XE

Fakta mengejutkan adanya penemuan varian baru Covid-19 membuat banyak masyarakat khawatir akan terjadi kembali lonjakan kasus. Satgas Covid-19 kemudian angkat bicara soal gegernya temuan varian XE ini.

Menegaskan hal tersebut, Satgas Covid-19 juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang meski harus tetap waspada karena beberapa alasan. Beauties, berikut beberapa fakta mengenai varian XE yang harus kamu tahu agar tidak panik.

1. Rekombinasi Varian Virus Bukan Hal Baru

Sudah sering terjadi, rekombinasi varian virus dianggap wajar dalam dunia medis/Foto: pexels.com/Edward Jenner
(Sudah sering terjadi, rekombinasi varian virus dianggap wajar dalam dunia medis/Foto: pexels.com/Edward Jenner)

Satgas Covid-19 menegaskan bahwa rekombinasi virus bukanlah hal yang baru sehingga masyarakat tidak perlu terlalu cemas. Prof Wiku Adisasmito selaku juru bicara Satgas Covis-19 mengatakan, jika kemampuan penularan Omicron XE sekitar 10 persen lebih tinggi dari Omicron BA.2.

"Berdasarkan data awal didapati bahwa kemampuan penularan Omicron XE sekitar 10 persen lebih tinggi dari Omicron BA.2. Namun, WHO menekankan perlunya penelitian lebih lanjut terkait temuan awal ini," ujar Prof Wiku Adisasmito, Selasa (5/4).

2. Belum Masuk ke Indonesia

Waspada boleh tapi jangan terlalu panik, varian XE dipastikan belum masuk Indonesia/Foto: pexels.com/Markus Spiske
(Waspada boleh tapi jangan terlalu panik, varian XE dipastikan belum masuk Indonesia/Foto: pexels.com/Markus Spiske)

Varian XE diketahui telah masuk ke beberapa negara khususnya Eropa. Meski tetap harus waspada, tapi masyarakat dihimbau untuk tidak terlalu panik.

Prof Wiku menjelaskan jika varian ini belum ditemukan di Indonesia. 

“Sejauh ini menurut Kementerian Kesehatan varian yang pertama kali ditemukan di Inggris ini belum ditemukan di Indonesia.” katanya.

3. Meski Daya Tular Disinyalir Tinggi, Gejala Varian XE Tergolong Ringan

Turunan omicron, gejala varian XE mirip flu dan tergolong ringan/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Turunan omicron, gejala varian XE mirip flu dan tergolong ringan/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Varian XE diketahui merupakan varian turunan Omicron, sehingga diyakini memiliki gejala yang hampir mirip. Mengutip dari detikHealth, sejak varian XE ditemukan, hingga kini tidak ada gejala baru pada varian XE yang berbeda dari gejala Omicron sebelumnya.

Sejauh ini, gejala varian Omicron yang dikeluhkan antara lain pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin dan sakit tenggorokan. Dengan begitu, meski disinyalir memiliki daya tular 10 persen lebih tinggi, tapi varian XE tidak memicu gejala dan efek terinfeksi yang berat.

4. Pemerintah Siap Tanggap Menyesuaikan Kebijakan

Kemenkes pastikan pemerintah selalu memonitor data update varian baru dan siap terapkan kebijakan yang tepat/Foto: pexels.com/Gustavo Fring
(Kemenkes pastikan pemerintah selalu memonitor data update varian baru dan siap terapkan kebijakan yang tepat/Foto: pexels.com/Gustavo Fring)

Menanggapi gegernya penemuan varian baru, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, pada suatu kesempatan turut menanggapi terkait isu yang tengah terjadi.

"Pemerintah tetap berhati-hati karena pemerintah menyadari bahwa lonjakan kasus yang tinggi selalu terjadi dengan adanya varian baru. Sehingga kami selalu memonitor varian baru yang ada," kata Menkes Budi Gunadi, Senin (4/4).

Prof Wiku selaku juru bicara Satgas Covid-19 juga meminta masyarakat untuk tidak terlalu panik karena pemerintah sudah melakukan prediksi dan antisipasi terkait varian baru ini.

“Untuk itu pemerintah selalu memantau dan menggunakan data terkini dengan tetap mengedepankan kehati-hatian dalam berbagai penyesuaian kebijakan," jelasnya.

Melansir dari detikNews, itulah beberapa fakta dan tanggapan para ahli terkait munculnya varian baru Covid-19 XE. Beauties, tetap aman dan jaga protokol kesehatan selalu ya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id