sign up SIGN UP

Agar Diet Sukses, Kenali 5 Tipe Menurunkan Berat Badan, Adakah Tipemu?

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Jumat, 01 Apr 2022 23:30 WIB
Agar Diet Sukses, Kenali 5 Tipe Menurunkan Berat Badan, Adakah Tipemu?
caption
Jakarta -

Beauties, menurunkan berat badan tidak hanya sebatas menjalankan diet saja. Kamu juga harus menggunakan pendekatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Kunci kemampuan untuk mencapai berat badan yang sehat salah satunya adalah dengan memperhatikan metabolisme tubuh. Kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat program penurunan berat badan adalah tidak mengoptimalkan diet, hormon, olahraga dan pola pikir.

Nah, untuk kamu yang ingin mulai menurunkan berat badan, ada baiknya kamu memahami beberapa tipe menurunkan berat badan yang dilansir dari Mind Body Green. Check this out!

Pejuang

Tipe pejuang/Foto: Freepik.com/user8526052
Tipe pejuang/Foto: Freepik.com/user8526052

Tipe pejuang cenderung menyimpan rasa tegang sehingga menyebabkan masalah peradangan dan pencernaan pada usus. Tak hanya itu, tipe pejuang juga harus fokus pada kesehatan hati, karena organ ini bisa menjadi salah satu kelemahan utama kamu.

Untuk mencegahnya, strategi yang bisa kamu coba adalah dengan menghilangkan protein yang berpotensi menimbulkan peradangan seperti gluten dan produk susu. Prioritaskan lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta kelapa.

Lakukan olahraga yang bersifat lebih menenangkan, mengutamakan keselarasan pikiran dan tubuh seperti yoga atau tai chi. Kamu juga bisa melakukan olahraga lainnya yang kamu minati untuk memperkuat otot dan membakar lemak jahat.

Pelindung

Tipe pelindung/Foto: Freepik.com/Freepik
Tipe pelindung/Foto: Freepik.com/Freepik

Tipe pelindung memiliki kemungkinan mengalami candidiasis atau lebih dikenal dengan infeksi jamur dan bakteri. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh lemah dan asupan makan yang buruk, terutama asupan gula yang tinggi, sehingga menyebabkan jamur tumbuh berlebih di dalam tubuh.

Seseorang yang memiliki tipe pelindung akan memulai penurunan berat badan dengan membatasi gula, karbohidrat olahan, dan alkohol untung mengurangi risiko munculnya jamur. Membatasi gula juga akan meningkatkan kadar insulin sehat sebagai kunci berat badan yang sehat.

Jangkar

Tipe jangkar/Foto: Freepik.com/Freepik
Tipe jangkar/Foto: Freepik.com/Freepik

Tipe jangkar sering menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi. Hal ini sering menciptakan lebih banyak stres, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi berat badan.

Kamu harus memerhatikan gejala ketidakseimbangan hormon seperti bangun jam 3 pagi, menahan lemak di sekitar perut dan payudara, atau rambut rontok. Tipe ini berjuang untuk menurunkan berat badan jika kortisol, estrogen, dan insulin tidak dalam kisaran yang sehat.

Hal-hal yang disarankan untuk tipe jangkar adalah mengelola mental, melakukan intermittent fasting, lebih banyak protein, dan mengonsumsi lemak sehat. Atur pola makan rendah karbohidrat, seperti mencoba diet keto dan olahraga bersepeda.

Kreatif

Tipe kreatif/Foto: Freepik.com/pressfoto
Tipe kreatif/Foto: Freepik.com/pressfoto

Tipe kreatif membutuhkan pola makan terstruktur dan protein yang konsisten sepanjang hari. Tipe ini juga rentan terhadap kecemasan dan kesulitan fokus sehingga berisiko mengalami banyak kenaikan dan penurunan gula darah sepanjang hari, yang akan memengaruhi suasana hati secara keseluruhan.

Strategi yang perlu dicoba untuk tipe ini adalah memprioritaskan zat besi untuk menyehatkan kelenjar adrenal dan mendukung suasana hati yang stabil. Gaya makan yang cenderung mengikuti diet paleo dengan karbohidrat kompleks dari ubi jalar, quinoa, atau biji-bijian bebas gluten berprotein tinggi lainnya.

Olahraga yang disarankan untuk tipe kreatifitas seperti yoga, pilates, berjalan, atau berenang.

Perintis

Tipe perintis/Foto: Freepik.com/Jcomp
Tipe perintis/Foto: Freepik.com/Jcomp

Tipe penurunan berat badan yang paling dinamis adalah perpaduan antara pejuang dan kreatif, yaitu tipe perintis. Inovatif dan berorientasi pada tujuan, menjadikan proses terstruktur dan rutinitas menjalani penurunan badan sebagai kunci.

Yang disarankan untuk tipe perintis adalah smoothies hijau yang bermanfaat untuk mendukung fungsi hati dengan campuran lemak sehat. Selain itu, diet paleo, campuran protein, dan makanan nabati, juga disarankan untuk kamu jika cocok.

Nah, itulah 5 tipe menurunkan berat badan. Adakah tipe yang sesuai dengan kamu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id