STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Apa Sih Bedanya Teh Hijau dan Matcha? Cari Tahu Yuk!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Sabtu, 27 Mar 2021 14:00 WIB
Apa Sih Bedanya Teh Hijau dan Matcha? Cari Tahu Yuk!

Ladies, apa yang terbayang di benak kamu saat mendengar kata green tea dan matcha? Mungkin saja sebagian dari Ladies masih menganggap dua bahan ini sama. Meskipun sama-sama memiliki warna hijau, ternyata green tea dan matcha itu berbeda lho.

Keduanya dibedakan dari banyak aspek sehingga perlu diketahui dengan jelas supaya ke depannya bisa membedakan antara green tea dan matcha. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Warna

Perbedaan warna matcha dan green tea/freepik.com
Perbedaan warna/freepik.com

Perbedaan teh hijau dan matcha yang pertama bisa dilihat dari warnanya. Meskipun disebut dengan green tea, hijau yang ditampilkan tidak sepekat matcha. Bubuk matcha sendiri memiliki warna hijau yang lebih pekat dibandingkan dengan green tea.

Sementara itu, warna green tea lebih kepada warna hijau kekuningan yang terlihat lebih bening sebagaimana teh pada umumnya. Hal ini bisa terlihat saat kedua jenis teh ini diseduh. Warna matcha akan terlihat lebih mencolok dikarenakan jumlah klorofil yang lebih banyak.

2. Tekstur

Perbedaan tekstur matcha dan green tea/freepik.com
Perbedaan tekstur/freepik.com

Selanjutnya adalah perbedaan dari segi tekstur. Perbedaan yang satu ini bisa dibilang cukup mencolok karena matcha memiliki tekstur halus layaknya powder sementara green tea memiliki tekstur kasar berupa daun yang sudah mengering dengan warna kecoklatan.

Dari perbedaan teksturnya inilah kemudian banyak orang yang menyeduhnya dengan cara berbeda. Biasanya, green tea dimasukkan ke dalam kantung teh sementara bubuk matcha langsung diseduh.

3. Cara Pengolahan

Cara pengolahan teh jenis green tea dan matcha berbeda/freepik.com
Cara pengolahan teh/freepik.com

Perbedaan yang satu ini bisa dikatakan cukup mendasar karena berkaitan dengan perbedaan-perbedaan lain yang muncul setelahnya. Perlu diketahui bahwa green tea dan matcha berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinensis namun diproses dengan cara berbeda.

Green tea dipanen di bawah sinar matahari dan dikeringkan sehingga hasil akhirnya berbentuk potongan daun berukuran kecil yang sudah berubah warna. Sedangkan matcha diproses dengan cara yang lebih panjang karena harus menutup daun teh selama 20 hingga 30 hari sebelum tiba waktu panen.

Tujuannya untuk meningkatkan klorofil daun dan asam amino. Proses pengeringan matcha juga lebih singkat guna menjaga warna hijaunya supaya tetap awet. Tidak sampai disitu, usai panen, petani akan memisahkan bagian urat daun batang lalu menumbuknya menjadi halus.

4. Rasa

Perbedaan rasa matcha dan green tea/freepik.com
Perbedaan rasa/freepik.com

Matcha dan teh hijau juga berbeda di bagian rasa. Green tea memiliki rasa yang terbilang lebih segar sebagaimana saat menikmati teh pada umumnya. Sementara itu, matcha memiliki rasa yang lebih creamy dan kental bahkan bisa terasa sedikit pahit di lidah.

Hal ini memang sejalan dengan tampilan fisik dari kedua jenis teh ini, dimana matcha tampak lebih kental, sementara green tea lebih bening.

5. Kandungan

Perbedaan kandungan matcha dan green tea/freepik.com
Perbedaan kandungan/freepik.com

Aspek yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kandungan matcha dan juga green tea. Pertama dari segi kafein yang terkandung di dalamnya. Ternyata, kafein yang terkandung dalam green tea lebih sedikit dibandingkan matcha.

Adapun kadar kafein di dalam green tea berkisar di angka 20 hingga 45 miligram per gelas nya sementara matcha bisa mencapai kafein dengan kadar 280 miligram. Namun jika dibandingkan dari aspek kandungan berupa antioksidan, matcha memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan green tea.

Dalam satu gelas matcha ditaksir mengandung antioksidan 137 kali lebih banyak dibandingkan green tea. Oleh sebab itulah, kemampuan matcha dalam menangkal radikal bebas dinilai lebih baik.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE