sign up SIGN UP

Bantu Tingkatkan Metabolisme hingga Konsentrasi, Ini 7 Manfaat Zinc untuk Kesehatan Perempuan

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Minggu, 11 Sep 2022 12:00 WIB
Bantu Tingkatkan Metabolisme hingga Konsentrasi, Ini 7 Manfaat Zinc untuk Kesehatan Perempuan
caption

Bicara soal nutrisi, kebanyakan orang mungkin jarang mendengar nama zinc dalam daftar mineral yang penting untuk tubuh. Bukan tanpa alasan, nutrisi ini dibutuhkan tubuh hanya dalam kadar kecil sehingga banyak orang memilih mengabaikannya.

Dilansir dari laman Women’s Health, perempuan berusia di atas 19 tahun membutuhkan hanya 8 miligram zinc setiap harinya. Sedangkan ibu hamil dan menyusui masing-masing membutuhkan 11 miligram dan 12 miligram per hari.

Kekurangan zinc umumnya memang tidak memberikan dampak yang terlalu besar. Meski demikian, jika kamu mengonsumsi dalam kadar yang cukup, akan ada sejumlah manfaat menanti, lho! Apa saja? Berikut beberapa di antaranya, yuk simak!

1. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat Zinc untuk Perempuan/Unsplash.com/Sarah Cervantes
Manfaat Zinc untuk Perempuan/Unsplash.com/Sarah Cervantes

Amy Goring, pendiri lembaga Amy Gorin Nutrition di New York City, mengungkapkan bahwa zinc mampu menangkal racun dan radikal bebas yang menyerang tubuh. Mineral ini juga berperan penting dalam pembentukan T-cell yang berperan menghalau sel yang terinfeksi virus atau telah berubah menjadi kanker.

2. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Manfaat Zinc untuk Perempuan/Pixabay.com/Daniele Liberatori
Manfaat Zinc untuk Perempuan/Pixabay.com/Daniele Liberatori

Zinc adalah mineral yang bertanggung jawab melakukan sintesis, menyimpan, dan mengeluarkan insulin di dalam pancreas. Sebagaimana diketahui, insulin adalah hormon yang berfungsi menjaga kestabilan gula darah dan mencegah berbagai penyakit, termasuk diabetes.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mineral zinc dapat berinteraksi dengan sel darah dan mencegah penggumpalan. Konsumsi zinc dalam jumlah yang cukup akan membantu mempercepat pemulihan dan penyembuhan luka. Meski demikian, hasilnya mungkin akan berbeda pada masing-masing orang.

4. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat Zinc untuk Perempuan/Unsplash.com/Eugene Chystiakov
Manfaat Zinc untuk Perempuan/Unsplash.com/Eugene Chystiakov

Mineral ini dapat bekerja sama dengan banyak protein dalam organ, dan membantu berbagai proses dalam tubuh manusia. Salah satu manfaatnya adalah mendukung proses pencernaan makanan, menyerap nutrisi, dan lain-lain. Karenanya, makanan yang mengandung zinc kerap menjadi bagian dalam menu diet.

5. Mempertajam Indra Perasa

Manfaat Zinc untuk Perempuan/Unsplash.com/Jarritos Mexican Soda
Manfaat Zinc untuk Perempuan/Unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Jika kamu tidak mampu membau atau merasakan rasa makanan, ada kemungkinan tubuhmu sedang kekurangan zinc. Menurut Woman’s Health, zinc berperan penting untuk memaksimalkan fungsi indra perasa. Kamu bisa menjadikannya alternatif pengobatan saat mengalami flu atau anosmia.

6. Meningkatkan Daya Pikir dan Konsentrasi

Manfaat Zinc untuk Perempuan/Pexels.com/Andrea Piacquadio
Manfaat Zinc untuk Perempuan/Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ahli gizi Amanda Bontempo, M.S., R.D, dilansir dari Women's Health, mengungkapkan bahwa zinc mungkin bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya pikir dan konsentrasi. Walaupun belum ada bukti akurat tentangnya, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa responden yang mendapat asupan zinc umumnya dapat duduk tenang lebih lama dan berkonsentrasi penuh.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bontempo juga mengungkapkan bahwa zinc dapat membantu meningkatkan metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Hal ini akan membantumu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Bagaimana Mencukupinya?

Ilustrasi perempuan makan makanan sehatIlustrasi perempuan makan makanan sehat/ Foto: Freepik

Zinc banyak terkandung dalam bahan makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, daging, kerang, susu, telur, dan gandum utuh. Kamu juga bisa mendapatkannya dari sayur, buah, yogurt, dan dark chocolate. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya dari suplemen yang tersedia di apotek dan toko obat.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa kamu harus tetap menjaga agar tidak berlebihan mengonsumsinya. Karena dibutuhkan hanya dalam komposisi kecil, asupan yang berlebihan akan membuatmu mudah mengalami efek samping overdosis. Untuk lebih amannya, jangan lupa konsultasi dengan dokter, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id