sign up SIGN UP

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 5 Kombinasi Makanan yang Harus Kamu Hindari Menurut Para Ahli

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 07 Jul 2022 09:00 WIB
Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 5 Kombinasi Makanan yang Harus Kamu Hindari Menurut Para Ahli
caption

Beauties, apakah saat ini kamu sedang merencanakan program untuk menurunkan berat badan? Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang mudah. Selain diperlukan niat, kamu juga harus memperhatikan setiap asupan yang akan dikonsumsi.

Lauren Manaker, MS, RDN, LD, CLEC, seorang ahli diet terdaftar, mengatakan kepada Eat This, Not That! bahwa usaha terbaik dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Meskipun sebetulnya tidak ada makanan yang benar-benar bisa langsung menurunkan berat badan, namun setidaknya kamu dapat menghindari kombinasi makanan yang sama sekali tidak membantumu dalam menurunkan berat badan.

Berdasarkan ilmu penyembuhan holistik kuno dari India, Ayurveda, sebagaimana yang dilansir dari Eat This, Not That!, kombinasi makanan tertentu harus dihindari karena dapat menyebabkan pencernaan yang tidak konsisten dan kemungkinan adanya penambahan berat badan.

Nah, kira-kira kombinasi makanan seperti apa saja ya yang harus dihindari? Berikut 5 kombinasi makanan yang harus dihindari ketika sedang menurunkan berat badan. Yuk, simak!

Roti Panggang dengan Selai

Ilustrasi roti panggang dengan selai
Ilustrasi roti panggang dengan selai/Foto: Pexels/Felicity Tai

Beauties, apakah kamu suka sarapan roti panggang dengan selai? Meskipun kelihatannya ringan untuk disantap sebagai menu sarapan, ternyata kombinasi makanan satu ini harus dihindari orang yang sedang menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan adanya penggabungan dua makanan yang merupakan bagian dari kelompok karbohidrat.

"Roti panggang dengan selai adalah karbohidrat di atas karbohidrat. Kamu lebih baik menambahkan beberapa mentega kacang untuk membantu menyediakan beberapa protein dan lemak sehat," kata Manaker. Konsumsi berlebihan dari olahan seperti karbohidrat padat kalori dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Oatmeal dan Buah Kering

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal/Foto: Freepik/Kamran Aydinov

Nampaknya oatmeal sudah menjadi menu sarapan populer yang dikonsumsi oleh banyak orang ketika sedang menurunkan berat badan. Namun, tahukah kamu, Beauties? Penelitian cenderung mendukung oatmeal sebagai pesaing utama dalam penurunan berat badan.

Lisa Moskovitz, RD, CDN, seorang ahli diet terdaftar sekaligus CEO NY Nutrition Group dan penulis The Core 3 Healthy Eating Plan, mengatakan, "Kombinasi oatmeal dan buah kering akan menawarkan beberapa serat, tetapi sangat sedikit protein dan lemak. Kombinasi ini juga dapat meningkatkan gula darah dan meningkatkan insulin, hormon yang berpotensi menyimpan lemak. Sebaliknya, tambahkan protein dan lemak tanpa lemak, seperti Greek yogurt, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk menyeimbangkannya dan menjaga gula darah tetap stabil."

Pisang dan Susu

Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang/Foto: Freepik/Lifeforstock

Pisang dan susu menjadi salah satu kombinasi makanan yang harus kamu hindari juga, ya, Beauties! Kenapa? Karena kombinasi pisang dan susu dapat menyebabkan hasil yang buruk untuk kesehatan seperti terjadinya lapisan perut yang rusak dan penambahan berat badan.

Menurut The Ayurveda Institute, meskipun kedua makanan ini memiliki rasa manis dan energi pendinginan, namun efek pasca-pencernaannya sangat berbeda. Para peneliti dari institut tersebut menjelaskan bahwa kombinasi ini dapat menyebabkan kebingungan pada sistem pencernaan yang dapat menyebabkan keracunan, alergi, dan ketidakseimbangan lain di dalam tubuh.

Keju Panggang dan Sup Tomat

Ilustrasi sup tomat
Ilustrasi sup tomat/Foto: Freepik/Azerbaijan_Stockers

Menu sarapan yang juga biasa dikonsumsi satu ini ternyata harus dihindari karena menjadi kombinasi makanan yang buruk untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. 

Jennifer Christman, seorang ahli diet terdaftar di Medifast, mengatakan, "Kebanyakan sup tomat kalengan sangat tinggi gula karena adanya tambahan dari sirup jagung fruktosa tinggi. Ketika dikombinasikan dengan keju panggang tinggi lemak dan karbohidrat hanya akan menawarkan sedikit protein."

Selain itu, menurut laporan dari Harvard Health, kombinasi antara keju panggang dan sup tomat mengandung kadar natrium yang tinggi. Makanan tinggi natrium cenderung menyebabkan masalah kesehatan lain selain penambahan berat badan termasuk tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Keripik dengan Saus

Ilustrasi keripik dan saus
Ilustrasi keripik dan saus/Foto: Freepik/Tatiana Goskova

Keripik dengan saus memang menjadi camilan yang lezat, namun sayangnya kombinasi makanan satu ini harus dihindari jika kamu sedang dalam masa menurunkan berat badan.

"Saya menyarankan untuk tidak makan makanan yang tidak memiliki keseimbangan nutrisi inti yang disebutkan di atas (serat, lemak, dan protein)," kata Moskovitz.

Kombinasi antara keripik dan saus tidak hanya memiliki kandungan garam yang tinggi, tetapi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal itu terjadi karena kurangnya lemak atau protein sehat dalam membantu menumbuhkan rasa kenyang pada tubuh.

Nah, Beauties, itulah tadi 5 kombinasi makanan yang harus dihindari ketika sedang menurunkan berat badan. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id