sign up SIGN UP

Banyak yang Sehat dan Panjang Umur, Ini 4 Aturan Makan Sehat ala Masyarakat Jepang

Nur Izzati | Beautynesia
Kamis, 31 Mar 2022 09:00 WIB
Banyak yang Sehat dan Panjang Umur, Ini 4 Aturan Makan Sehat ala Masyarakat Jepang
caption
Jakarta -

Selain kemajuan teknologi dan inovasi yang pesat, masyarakat Jepang juga terkenal dengan pola makan yang sehat. Tak heran, jika banyak orang Jepang memiliki badan langsing, wajah awet muda, dan berumur panjang. Melansir dari The Mainichi, rata-rata usia penduduk Jepang mencapai 88 tahun untuk perempuan dan 81 tahun untuk pria, bahkan bisa lebih dari umur tersebut.

Lantas, apa saja, sih, aturan makan ala orang Jepang yang membuat mereka sehat dan panjang umur? Dirangkum dari Savvy Tokyo, yuk simak!

Menerapkan Pola Makan 'Hara Hachi Bu'

Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: pinterest.com/BAILA
Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: pinterest.com/BAILA

Hara Hachi Bu merupakan filosofi makan yang berasal dari Okinawa, Jepang. Hara Hachi Bu berarti makan sampai 80 persen kenyang dan sisakan 20 persen area kosong pada perut. Melansir dari Boldsky, ruang kosong yang ada di perut akan memudahkan proses pencampuran makanan dengan asam lambung.

Manfaat Hara Hachi Bu dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan stroke. Jenis makanan yang dianjurkan yaitu mengandung rendah kalori dan dapat dikunyah secara lumat. Dengan pola makan ini, tak heran jika Okinawa terkenal dengan penduduk yang berumur panjang hingga 100 tahun.

Hindari Makanan Cepat Saji

Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: freepik.com/benzoix
Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: freepik.com/benzoix

Selepas beraktivitas atau pulang kerja di malam hari, energi tubuh menjadi terforsir dan membutuhkan asupan makanan. Sebelum menyantapnya, pertimbangkan dulu apakah makanan tersebut baik dikonsumsi saat malam hari. Hindari konsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak, gula dan pengawet.

Melansir dari Medical News Today, makanan cepat saji berdampak pada gula darah, tekanan darah dan peradangan dalam jangka pendek. Sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pencernaan, jantung, obesitas dan lain-lain. Sebisa mungkin memasak sendiri atau menyediakan makanan yang bernutrisi sebelum berangkat kerja atau beraktivitas.

Variasi Makanan adalah Kunci

Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: pinterest.com/Asian Inspirations
Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: pinterest.com/Asian Inspirations

Makanan tradisional Jepang biasanya dibuat dengan prinsip ichijyu sansai atau satu sup dengan tiga hidangan berupa sayuran, nasi, dan ikan. Hal tersebut guna menyeimbangkan pola makan yang baik serta menjadi salah satu kunci diet Jepang yang sehat.

Melansir dari All About Japan, makanan fermentasi seperti miso dan kecap, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masakan Jepang. Kedunya baik untuk membantu menjaga sistem pencernaan. Selain itu, dashi (kaldu sup) yang kaya rasa juga berguna untuk menjaga kadar garam semaksimal mungkin.

Makan Makanan Bergizi Seimbang

Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: freepik.com/lifeforstock
Ilustrasi aturan makan ala jepang/Foto: freepik.com/lifeforstock

Informasi makanan untuk diet sangat mudah dijumpai di berbagai platform. Di Jepang pun layaknya pisang, natto, umeboshi (acar plum), tahu, teh hijau dan makanan lainnya juga dipercaya dapat memberikan hasil diet secara instan.

Hanya mengonsumsi makanan tersebut, sangatlah kecil efeknya jika tidak diikuti dengan makanan bergizi seimbang, pola mindset positif, dan olahraga. Melansir dari Healthline, olahraga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mempertahankan massa tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Tertarik mencoba aturan makan ala orang Jepang, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id