sign up SIGN UP

Mengenal Soy Meat yang Booming di Jepang, Daging Vegan yang Sehat dan Ramah Lingkungan

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Jumat, 25 Mar 2022 23:30 WIB
Mengenal Soy Meat yang Booming di Jepang, Daging Vegan yang Sehat dan Ramah Lingkungan
caption
Jakarta -

Konsumsi makanan masih sering menjadi masalah bagi para vegan dan vegetarian. Keputusan untuk tidak mengonsumsi daging beserta olahannya membuat mereka kerap kesulitan menentukan menu yang sehat, tidak monoton, namun memenuhi standar gizi harian. Untungnya, sebuah inovasi baru muncul dan masyarakat mulai bisa mengonsumsi soy meat.

Soy meat cukup populer di Jepang karena bentuk dan rasanya yang hampir tak bisa dibedakan dengan daging asli. Bukan sekadar makanan instan, namun masakan yang berbahan kedelai ini juga sudah memenuhi nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Penasaran seperti apa soy meat dan manfaatnya untuk tubuh? Simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Soy Meat?

Soy Meat/Foto: Pexels.com/cottonbro
Soy Meat/Foto: Pexels.com/cottonbro

Berdasarkan laporan Japan Tourism Agency pada tahun 2021, sekitar 630 juta orang di dunia telah memilih untuk tidak memakan daging beserta olahannya. Jumlah ini terus bertambah seiring meningkatnya pemahaman untuk menghindari animal cruelty (kekejaman pada hewan) di seluruh dunia.

Namun masalahnya, terus-terusan “makan sayur” bisa membuat vegan dan vegetarian bosan. Selain itu, banyak orang yang khawatir bahwa nilai gizi harian tidak terpenuhi dengan baik. Berpijak pada permasalahan tersebut, maka para ahli nutrisi mulai mengembangkan soy meat.

Dilansir dari My Green Growers, soy meat adalah makanan olahan yang dibuat dari 100 persen tanaman. Seperti namanya, bahan baku utamanya adalah kedelai, yang telah melalui berbagai proses sehingga menghasilkan produk yang hampir tak bisa dibedakan dengan daging asli.

Cara pembuatan soy meat ini adalah dengan mengekstrak minyak dari kedelai, kemudian mengeringkannya dengan proses tertentu. Dalam prosesnya, produk ini diolah menjadi beragam bentuk, mulai dari karaage, dumpling, pasta, dan lain sebagainya. Produk ini sudah cukup populer, dan banyak digunakan oleh restoran vegan dan vegetarian di berbagai negara.

Manfaat Soy Meat untuk Tubuh

Soy Meat/Foto: Pexels.com/cottonbro
Soy Meat/Foto: Pexels.com/cottonbro

Karena dibuat dari 100 persen tumbuhan, pastinya soy meat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Food Diversity, di dalamnya terdapat berbagai manfaat kedelai, misalnya asam amino, kalsium, serat, zat besi dan vitamin B6 dan B1, asam folat, dan lain-lain. Kini, para vegan dan vegetarian bisa menyantap berbagai makanan, mulai dari hamburger, pasta, dan lain-lain tanpa khawatir.

Makanan ini dijamin halal karena tidak menggunakan bahan hewan sama sekali. Konsumen juga tak perlu khawatir mengalami kenaikan berat badan karena di dalamnya tidak terdapat lemak hewan maupun bahan pemicu kolesterol. Kandungannya yang rendah kalori juga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Soy Meat Lebih Ramah Lingkungan

Soy Meat/Foto: Pexels.com/RODNAE Productions
Soy Meat/Foto: Pexels.com/RODNAE Productions

Konsumsi soy meat ternyata bukan hanya sehat untuk tubuh, namun juga ramah lingkungan, lho, Beauties! Alasan pertama adalah produk ini dikemas dalam bentuk makanan kering dan memiliki masa simpan yang cukup panjang sehingga akan mengurangi food loss (sampah makanan dari bahan yang belum sempat dimasak, sehingga busuk, rusak, kadaluarsa, dan dibuang begitu saja).

Selain itu, penggunaan bahan baku yang tak melibatkan daging hewan juga memberikan dampak besar untuk lingkungan. Menurut data PBB, 14 persen gas penyebab efek rumah kaca berasal dari ternak. Pasalnya, kotoran ternak mengandung gas metana yang mampu menyebabkan pemanasan global.

Efek metana 28 kali lebih kuat daripada karbon dioksida sehingga menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Selain itu, itu pemeliharaan ternak juga akan berimbas pada penggunaan air bersih serta meningkatkan jumlah limbah yang pada akhirnya juga mencemari lingkungan.

Sedangkan, jika kita lebih banyak membudidayakan tumbuhan, tanaman akan membantu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Di sisi lain, produksi metana juga akan berkurang demi meminimalisir penyebab pemanasan global.

So, tertarik beralih ke soy meat, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id