sign up SIGN UP

Bekerja di Depan Komputer Sepanjang Hari? Coba Lakukan 4 Peregangan Ini Agar Nggak Pegal, yuk!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Kamis, 08 Sep 2022 18:15 WIB
Bekerja di Depan Komputer Sepanjang Hari? Coba Lakukan 4 Peregangan Ini Agar Nggak Pegal, yuk!
caption

Beauties, kini bekerja di depan layar komputer atau laptop nampaknya sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi setelah dua tahun terakhir dunia dilanda COVID-19, bekerja dan belajar pun sempat dilakukan dari rumah.

Bekerja di depan layar komputer bisa berpengaruh pada postur tubuh yang buruk karena duduk dalam jangka waktu yang lama. Kamu mungkin juga mengeluhkan soal merasa kaku di sekitar bagian leher dan punggung.

Dilansir dari She Knows, ternyata ada beberapa peregangan yang bisa membantu meringankan rasa sakit dan meluruskan postur tubuh. Apa saja itu? Berikut ini ulasan lengkapnya!

Peregangan Punggung Atas

Peregangan/freepik.com/diana.grytsku
Peregangan/freepik.com/diana.grytsku

Peregangan punggung atas ini ditargetkan untuk semua otot antara tulang belikat dan bahu. Cara melakukannya cukup mudah, pertama jalin jari-jari Beauties menjadi satu. Kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala, dan pegang bagian belakang kepala.

Selanjutnya, tekan telapak tangan dengan kuat ke bagian belakang kepala saat kamu menekan kedua siku belakang. Rasakan otot-otot punggung dan tulang belikat turun ke bawah punggung. Tahan kurang lebih selama 5 tarikan napas dalam-dalam. Ulangi peregangan sesuai kebutuhan Beauties, ya.

Peregangan Dada

Peregangan/freepik.com/DCstudio
Peregangan/freepik.com/DCstudio

Peregangan dada ini dikhususkan untuk area dada, bahu dan tulang belikat. Tujuan dari peregangan dada yakni untuk meningkatkan fleksibilitas dan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan postur tubuh.

Cara melakukannya, ambil posisi berdiri. Kemudian jalin jari-jari dari kedua tangan di belakang punggung. Setelah itu kamu bisa memposisikan tangan ke belakang punggung secara lurus. Tahan selama 5 tarikan napas, ulangi sebanyak 3 kali, atau sesuai kebutuhan. Rasakan regangan di bagian dada.

Putaran Tulang Belakang

Peregangan/freepik.com/stefamerpik
Peregangan/freepik.com/stefamerpik

Peregangan memutar tulang belakang ini bisa membantu meringankan sakit punggung dan memperkuat otot punggung serta meningkatkan fleksibilitas, lho, Beauties. Caranya yaitu dengan posisi duduk dengan kaki rata di lantai. Kemudian putar badan dengan lembut ke arah kanan. Beauties bisa menggunakan tangan untuk jadi sandaran agar membantu memperdalam peregangan. Tahan kurang lebih selama 5 tarikan napas, dan jangan lupa lakukan juga untuk sisi bagian kirinya.

Peregangan Leher

Peregangan/freepik.com/DCstudio
Peregangan/freepik.com/DCstudio

Beauties, peregangan yang satu ini bisa dilakukan sambil duduk. Pertama duduk dengan tangan di samping Beauties. Miringkan kepala ke satu sisi, dan tempelkan telinga ke arah bahu. Lalu gunakan tangan dan letakkan dengan lembut di atas kepala. Kamu tidak menariknya secara langsung ke bawah, biarkan beban tangan yang dengan lembut meningkatkan regangannya sendiri. Tahan kurang lebih selama 30 detik, dan ulangi pada sisinya yang lain. Peregangan leher ini bisa dilakukan setiap hari.

Nah, itu dia Beauties beberapa peregangan yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan bekerja di depan layar komputer. Semoga bermanfaat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id