sign up SIGN UP

Benarkah Cuma dengan Window Shopping Bisa Menurunkan Stres? Berikut Ini Jawabannya!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 07:45 WIB
Benarkah Cuma dengan Window Shopping Bisa Menurunkan Stres? Berikut Ini Jawabannya!
caption

Selama ini mungkin kamu tahu bahwa berbelanja bisa membuatmu bahagia dan menurunkan stres. Menghabiskan uang untuk barang kesukaan tentu membuatmu lebih good mood.

Namun terkadang isi dompet menghalangimu untuk bisa berbelanja sesuka hati. Sebagai gantinya, kamu hanya bisa berjalan-jalan di mall dan melihat-lihat barang-barang yang dipajang tanpa berniat untuk membelinya. 

Istilah yang cukup familier untuk menggambarkan aktivitas cuci mata tersebut adalah window shopping. Meski hanya window shopping, nyatanya bisa membantumu melepas stres lho, Beauties. Wah, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Berikut ini penjelasannya.

Window Shopping Memicu Hormon Dopamin

Window shopping
Window shopping/ Foto: freepik.com/pressfoto

Window shopping alias kegiatan cuci mata di mall atau toko-toko bisa berdampak positif terhadap suasana hati. Psikolog bernama Scott Bea mengatakan kepada Cleveland Clinic, bahwa beberapa orang berpikir bahwa dopamin dilepaskan ketika kamu benar-benar mendapatkan hadiah atau membeli suatu barang, tetapi pelepasan dopamin dimulai bahkan sebelum kamu melakukan pembelian karena kamu menikmati semua kemungkinan.

Termasuk ketika kamu hanya melihat barang tanpa berniat membelinya, alias window shopping.

Dopamin sendiri dikenal sebagai hormon 'kebahagiaan'. Ketika tubuh melepaskan dopamin, maka perasaanmu akan lebih baik dan merasa lebih senang, sehingga tak heran jika level stresmu akan menurun.

Apakah Berlaku untuk Sekadar Cuci Mata di Online Shop?

Belanja online
Memilih belanjaan secara online/ Foto: freepik.com/tirachardz

Saat ini kamu mungkin lebih nyaman untuk berbelanja secara online. Efisien waktu dan tenaga menjadi beberapa alasannya. Melihat-lihat barang yang dipajang secara online, memasukkannya ke dalam keranjang, tanpa tahu kapan akan checkout juga termasuk bagian dari window shopping.

Lalu apakah cuci mata di online shop juga memiliki efek yang sama dalam menurunkan stres? Masih melansir dari laman Cleveland Clinic, jawabannya 'ya', Beauties. Meski hanya browsing atau scrolling barang belanjaan secara online juga membantu membuat perasaanmu lebih baik.

Dan jika kamu menginginkan window shopping yang tidak hanya mengurangi stres namun juga menyehatkan, maka kamu bisa cuci mata di mall atau toko-toko offline yang banyak bertebaran. Sebab window shopping dengan berjalan kaki tanpa sadar telah membakar banyak kalori sehingga lebih menyehatkan bagi tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id