sign up SIGN UP

Nggak Gampang Tergoda, Ini 5 Cara Aman dan Alami Menahan Rasa Lapar Saat Diet

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 24 Mar 2022 11:45 WIB
Nggak Gampang Tergoda, Ini 5 Cara Aman dan Alami Menahan Rasa Lapar Saat Diet
caption
Jakarta -

Buat kamu yang baru saja menjalankan program diet alias pemula, menahan rasa lapar mungkin menjadi tantangan tersendiri. Ketika diet, kamu tentu akan lebih mengontrol asupan dan kebiasaan makan. Kamu pun tak bisa makan sebebas seperti sebelum diet.

Untuk menahan rasa lapar, tak jarang orang yang sedang diet pun memilih untuk mengonsumsi suplemen penahan lapar yang berisiko menyebabkan masalah kesehatan. Padahal, ada cara aman dan alami untuk menahan rasa lapar saat diet, lho!

Melansir dari Medical News Today, berikut 5 cara aman dan alami menahan rasa lapar saat diet. Yuk, simak!

Konsumsi Protein dan Lemak Sehat

Makanan tinggi proteinMakanan tinggi protein/Foto: Pixabay.com/stevepb

Tidak semua makanan dapat memberikan rasa kenyang yang sama. Dibandingkan karbohidrat, protein dan lemak tertentu lebih efektif untuk memuaskan rasa lapar dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, berikut adalah daftar makanan tinggi protein yang wajib ada dalam menu diet:

  • daging tanpa lemak
  • telur
  • kacang dan kacang polong
  • makanan berbahan utama kedelai
  • Greek yoghurt

Pedoman tersebut juga merekomendasikan agar kamu mengonsumsi lemak sehat dari sumber alami seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun.

Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum Air Putih dan Tetap TerhidrasiIlustrasi air putih/Foto: Pexels.com/Lisa Fotios

Minum segelas air sebelum makan ternyata ada manfaatnya, lho, Beauties! Minum sebelum makan akan membuat kamu merasa lebih kenyang dan puas setelah makan. Ini akan mencegah makan berlebih saat diet.

Sebuah studi mengamati nafsu makan pada 50 perempuan yang mengalami kelebihan berat badan. Peserta minum 1,5 liter air setiap hari dalam 8 minggu, dan hasilnya menunjukkan mereka mengalami penurunan nafsu makan serta berat badan dan lemak.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Hal ini agar merasa lebih kenyang sebelum mengonsumsi hidangan lain.Ilustrasi makan sayur/Foto: Freepik

Cara menahan rasa lapar saat diet lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat menjadi penekan nafsu makan yang efektif. Sebab, serat dapat memberi efek kenyang lebih lama karena prosesnya yang lambat dalam pencernaan.

Makanan berserat tinggi yang sehat meliputi:

  • biji-bijian utuh
  • kacang-kacangan
  • apel dan alpukat
  • kacang almond
  • biji chia
  • sayuran

Olahraga Sebelum Makan

Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah/Foto: Freepik.com/BenzoixIlustrasi olahraga/Foto: Freepik.com/Benzoix/ Foto: Octavia Tunggal Dewi

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu akan lebih banyak makan usai berolahraga karena menguras energi. Namun sebenarnya, olahraga adalah penekan nafsu makan yang sehat dan alami, lho!

Berdasarkan hasil penelitian, hormon yang berkaitan dengan nafsu makan, yakni ghrelin, dapat ditekan usai berolahraga, terutama latihan intensitas tinggi. Ketika hormon ghrelin ditekan, hormon kenyang meningkat sehingga menunda rasa lapar.

Kelola Stres

5 Kebiasaan Sederhana untuk Mengatur Stres di Setiap Harinya/Foto:Freepik.com/LifeforstockIlustrasi bersantai/Foto: Freepik.com/Lifeforstock

Bagi kebanyakan orang, salah satu cara untuk melampiaskan stres adalah dengan makan berlebih. Biasanya, makanan yang dikonsumsi adalah makanan manis, pedas, atau asin yang kurang sehat dan tidak bergizi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menerapkan praktik mindfulness atau mindful eating untuk mengurangi makan berlebih kala stres melanda. Tidur teratur dan berkualitas, meluangkan waktu untuk rehat dan bersantai juga bisa menjadi cara untuk membantu mengatasi stres.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id