sign up SIGN UP

Benarkah Hepatitis Akut Bisa Menular? Cek Jawabannya di Sini, Beauties!

Tim Redaksi detikHealth | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 17:00 WIB
Benarkah Hepatitis Akut Bisa Menular? Cek Jawabannya di Sini, Beauties!
/freepik/rawpixel.com
Jakarta -

Hepatitis akut tengah melanda sejumlah negara, Beauties. Perlu kamu ketahui, kasus ini ditemukan terjadi pada usia anak hingga berusia 16 tahun. Sehingga hal ini memberi kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua.

Menurut Menteri Kesehatan, di Indonesia dilaporkan terdapat 15 kasus dengan 5 di antaranya meninggal.

Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun kemungkinan besar, penyakit ini disebabkan adenovirus 41 yang menyerang saluran pencernaan.

"Sekarang penelitian sudah dilakukan bersama-sama oleh Indonesia bekerja sama dengan WHO dan bekerja sama dengan Amerika dan Inggris untuk mendeteksi secara cepat penyebab penyakit ini," imbuh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5).

"Kemungkinan besar adalah adenovirus strain 41. Tapi ada juga banyak kasus yang tidak ada adenovirus strain 41 ini. Jadi kita masih melakukan penelitian ini bersama-sama dengan Inggris dan Amerika Serikat untuk memastikan penyebabnya," lanjutnya.

Apakah Hepatitis Akut Menular?

Menkes Budi Gunadi SadikinMenkes Budi Gunadi Sadikin/ Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Jawabnya adalah bisa menular, Beauties. Karenanya, kita semua terlebih orangtua dengan anak-anaknya yang masih berusia kecil, perlu menerapkanĀ aneka bentuk pencegahan demi terhindar dari penyakit ini.

Apa dan bagaimana caranya? Lanjutkan membaca di sini ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id