sign up SIGN UP

Benarkah Minum Air Setelah Makan Bisa Ganggu Pencernaan? Cek di Sini Penjelasannya, Beauties!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 07:45 WIB
Benarkah Minum Air Setelah Makan Bisa Ganggu Pencernaan? Cek di Sini Penjelasannya, Beauties!
caption

Kamu mungkin menjadi salah satu yang meyakini bahwa minum setelah makan bisa mengganggu proses pencernaan. Karenanya, beberapa orang mengulur waktu untuk minum selepas makan bahkan mungkin sudah menjadi kebiasaan yang sering kamu lakukan. Sebagai gantinya kamu mungkin minum banyak air putih sesaat sebelum makan agar tidak haus nantinya. 

Nah, untuk kamu yang memiliki kebiasaan tersebut mungkin perlu tahu penjelasan berikut ini.

Minum Air Putih Setelah Makan Tidak Mengganggu Pencernaan

Baik untuk pencernaan
Baik untuk pencernaan/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Faktanya, minum air putih setelah makan ternyata tidak mengganggu pencernaan lho, Beauties. Hal tersebut diungkapkan oleh laman Mayo Clinic, yang menjelaskan bahwa tidak ada kekhawatiran bahwa air akan mengencerkan cairan pencernaan atau mengganggu pencernaan. Minum air selama atau setelah makan sebenarnya membantu pencernaan.

Mengapa demikian? Perlu kamu tahu Beauties, air sangat penting bagi kesehatan tubuh termasuk pencernaan. Air dan cairan lain bisa membantu memecah makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan baik. Air juga membantu melunakkan tinja, sehingga membantu mencegah sembelit.

Dampak Kurang Minum Air Putih Terhadap Pencernaan

Perbanyak minum air putih
Perbanyak minum air putih/ Foto: freepik.com/Azerbaijan_stockers

Melihat betapa pentingnya minum air putih terhadap pencernaan, maka kamu perlu memperbanyak minum air putih termasuk setelah makan. Dampak buruk bisa saja terjadi pada pencernaan jika kamu kurang minum air putih.

Melansir dari laman Digestive Health, dampak buruk yang dimaksud antara lain memicu sakit maag dan refluks asam, memicu sembelit, kembung dan mual, hingga bau mulut. Wah, bahaya juga ya, Beauties?

Selain itu, minum air putih memang ampuh menghidrasi tubuh, namun ada juga beberapa cara lain yang bisa membuatmu tetap terhidrasi. Cara tersebut antara lain mengkonsumsi bahan makanan sarat air seperti beberapa jenis sayur dan buah, atau kamu juga bisa mengkonsumsi minuman segar yang bisa kamu kreasikan seperti infused water atau jus buah.

Satu lagi Beauties, sebisa mungkin kamu hindari alkohol dan kafein yang bisa memicu dehidrasi ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id