sign up SIGN UP

Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 22 Kg, Ini Rahasia Diet Sehat ala Gracia Indri

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Rabu, 02 Mar 2022 09:00 WIB
Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 22 Kg, Ini Rahasia Diet Sehat ala Gracia Indri
caption
Jakarta -

Gracia Indri adalah salah satu artis Tanah Air yang berhasil menjalani program diet. Total berat badan yang berhasil ia turunkan dalam waktu satu tahun mencapai 22 kilogram (kg) dan termasuk bukan diet instan. Artis sekaligus presenter ini menyatakan bahwa berat badan sebelumnya 78 kg, dan kini menjadi 56 kg.

Dalam wawancara di salah satu stasiun televisi, Gracia menjelaskan diet yang ia lakukan ini belum tentu cocok untuk semua orang. Menurutnya, setiap diet memiliki tingkat kecocokan yang berbeda.

Untuk menjawab rasa penasaran warganet, Gracia juga membagikan rahasia diet sehat ala dirinya yang bisa kamu coba jika cocok, Beauties. Let's check this out!

Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Oatmeal/Foto: Pexels/Keegan Evans
Oatmeal/Foto: Pexels/Keegan Evans

Agar berhenti mengonsumsi nasi dan mie, Gracia memutuskan untuk mengurangi frekuensi konsumsi dua sumber karbohidrat tersebut dan menggantinya dengan karbohidrat kompleks. Melansir dari Healthline, karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi dan tinggi serat sehingga perut akan terasa lebih kenyang dan menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol berat badan.

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks contohnya seperti gandum, kacang polong, sayuran, buah-buahan, sereal, jagung dan sebagainya. Gracia lebih memilih untuk mengonsumsi gandum atau oatmeal sebagai sumber karbohidrat kompleksnya.

Menghindari Konsumsi Daging Merah

Daging merah/Foto: Pexels/Eiliv Aceron
Daging merah/Foto: Pexels/Eiliv Aceron

Daging merah seperti daging sapi dan kambing menjadi makanan yang paling dihindari Gracia. Daging merah memiliki tingkat kolesterol dan lemak jenuh lebih tinggi, sehingga ketika dikonsumsi secara sering dan berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes, stroke, serta kanker.

Sarapan Sayuran dan Buah

Salad sayuran dan buah/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch
Salad sayuran dan buah/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah sarapan. Sayuran dan buah menjadi pilihan terbaik sebagai sarapan karena terdapat sumber energi, kaya akan kandungan air, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kamu bisa sarapan dengan salad sayuran atau salad buah. Sebagai contoh, hari ini kamu membuat salad menggunakan wortel, seledri, dan zaitun. Keesokan harinya, kamu bisa mengganti menu salad dengan alpukat, tomat, dan kubis. 

Agar cita rasa dari salad semakin bertambah, kamu bisa memilih dressing yang sesuai, seperti mayonnaise, caesar, ranch, atau saus teriyaki.

Olahraga RPM dan Body Combat

Gracia Indri sedang bersiap untuk berolahraga/Foto: Instagram/graciaz14
Gracia Indri sedang bersiap untuk berolahraga/Foto: Instagram/graciaz14

Gracia lebih memilih melakukan olahraga RPM dan body combat untuk membantunya membakar lemak dan kalori. Ia tidak bisa melakukan olahraga angkat beban karena pernah mengidap skoliosis, yaitu pembengkokan tulang belakang.

RPM (Rapid Power Motion) adalah olahraga mengayuh sepeda statis yang praktis, aman, dan mudah dilakukan di pusat kebugaran atau di dalam rumah. Untuk pemula, kamu bisa menargetkan durasi 10 menit per hari dan jika sudah terbiasa, cobalah sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 45-60 menit.

Sedangkan body combat adalah salah satu jenis latihan kebugaran kardio berbentuk seni bela diri untuk memperkuat otot dan membakar kalori secara maksimal. Gerakannya terdiri dari perpaduan berbagai teknik bela diri, seperti tinju, karate, taekwondo, kungfu, dan Muay Thai. Namun, olahraga ini tidak berhadapan dengan lawan sehingga kamu hanya melakukan serangkaian teknik bela diri sambil diiringi musik.

Nah, itulah serangkaian cara diet sehat ala Gracia Indri. Baginya, yang lebih sulit dari menurunkan berat badan adalah mempertahankannya. Oleh karena itu,  walaupun telah berhasil menurunkan berat badan, Gracia tetap menerapkan cara diet ini sebagai motivasi agar tubuh selalu sehat dan tetap ideal.

So, untuk kamu yang sedang berjuang menjalani diet, tetap semangat ya, Beauties!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id