sign up SIGN UP

Buah Cranberry Kaya Akan Manfaat, dari Merawat Miss V sampai Mencegah Kanker!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 17:30 WIB
Buah Cranberry Kaya Akan Manfaat, dari Merawat Miss V sampai Mencegah Kanker!
caption

Buah berwarna merah asal Amerika Utara ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama pada perempuan lho, Beauties! Sempat ramai dibicarakan karena memiliki khasiat dapat merawat daerah kewanitaan dengan meminum jus cranberry.

Hal tersebut benar adanya, cranberry memiliki kandungan antioksidan dan senyawa asam yang mampu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada Miss V. Mengonsumsi cranberry dapat mencegah penyakit pada saluran kemih yang kerap dialami oleh perempuan.

Namun, tak hanya bermanfaat untuk merawat daerah kewanitaan. Cranberry memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan, lho Beauties. Mengutip dari laman Cleveland Clinic, berikut manfaat cranberry untuk kesehatan. Simak yuk!

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Buah cranberry dapat mencegah terkena penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Mencampurkan cranberry pada makanan maupun meminum jus cranberry akan bermanfaat untuk tubuh, terutama pada perempuan. Namun, cranberry hanya dapat mencegah dan bukan mengobati ya.

2. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat diatasi dengan mengonsumsi buah cranberry
Ilustrasi Gigi Berlubang/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Mengandung senyawa asam di dalamnya, cranberry dapat membantu mencegah gigi berlubang, penyakit pada gusi, kerusakan gigi, dan kanker mulut. Kandungan proanthocyanidins tipe-a dalam buah yang dapat mencegah pembentukkan bakteri di dalam mulut.

3. Mengurangi Peradangan

Memiliki efek anti-inflamasi karena jumlah antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam cranberry terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kronis tertentu karena membantu menurunkan peradangan pada tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi cranberry dalam jumlah yang cukup agar tubuh dapat menggunakan kandungan antioksidan tersebut.

4. Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dengan mengonsumsi buah cranberry
Ilustrasi Kesehatan Pencernaan/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Kandungan proanthocyanidins tipe-a dalam cranberry dapat membantu pemberian bakteri baik pada sistem pencernaan, dan membantu mengurangi mikroba jahat yang ada dalam usus besar. Selain itu, disebutkan bahwa cranberry memungkinkan untuk membantu mencegah kanker usus besar dan gastrointestinal.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung dengan buah cranberry
Ilustrasi Kesehatan Jantung/ Foto: Freepik.com/freepik

Selain membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, cranberry dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Memiliki jumlah kalori yang rendah, buah satu ini sangat baik untuk dikonsumsi.

6. Mencegah Kanker

Mengandung proanthocyanidins tipe-a yang merupakan antioksidan kuat dalam buah, memungkin cranberry dapat mencegah risiko terkena kanker.

Cranberry lebih disarankan untuk dikonsumsi langsung, dicampur dalam salad atau jus yang diolah sendiri. Apabila mengonsumsi dalam bentuk kemasan seperti jus kemas atau yang dikeringkan, maka akan ada tambahan gula dan bahan-bahan lain yang ada di dalamnya. Maka, tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang.

Jadi, seperti itu ya Beauties! Selain baik untuk daerah kewanitaan, buah cranberry punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Harus dicoba nih agar tubuh dan Miss V tetap sehat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id